Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
6 Desember 2020

Ketahui Lebih Banyak Tentang Suntik Kromosom Di Sini!

Moms yuk kenal lebih banyak tentang suntik kromosom
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti ingin memiliki kulit putih dan juga cerah. Untuk mendapatkan kulit yang putih, Moms dan seluruh wanita di dunia akan melakukan berbagasi jenis perawatan. Baik menggunakan produk perawatan, hingga melakukan tindakan medis seperti suntik kromosom.

Banyak orang berpikir suntik kromosom berasal dari Korea Selatan. Padahal, tindakan medis untuk kecantikan ini pertama kali diperkenalkan di Swiss pada 2005 setelah itu menyebar ke seluruh Asia, termasuk Korea Selatan pada 2014.

Apa Itu Suntik Kromosom?

suntik kromosom

Foto: freepik.com

Suntik kromosom adalah tindakan medis berupa injeksi untuk memutihkan warna kulit. Cairan yang disuntikan dalam tindakan ini bukanlah berasal dari cairan kromosom manusia, tetapi campuran stem cell dan vitamin C.

Beberapa orang percaya bahwa, campuran antara stem cell dan vitamin C dapat mengubah sel melanosit menjadi putih. Karena campuran cairan yang ada di dalam suntik kromosom ini dipercaya dapat menghambat sel SLC24A5, yaitu gen dalam kromoson 15 yag menentukan jumlah melanosit, sehingga membuat kulit gelap menjadi lebih cerah.

Jurnal Advances in Dermatology and Allertology menjelaskan, bahwa melanosit berada di epidermis dan folikel rambut yang ada di kulit manusia. Ciri-ciri dasar sel-sel ini adalah kemampuan untuk memproduksi melanin dan berasal dari sel krista saraf.

Baca Juga: Mengenal Botox, Perawatan untuk Mengurangi Kerutan di Wajah

Manfaat Suntik Kromosom

suntik kromosom

Foto: freepik.com

Manfaat suntik kromosom yang pertama dan sering digunakan adalah memutihkan kulit secara cepat. Selain itu masih ada manfaat lain dari suntik kromosom yang bisa Moms dapatkan.

1. Mengatasi Masalah Pigmentasi Kulit

Suntik kromosom tidak hanya digunakan untuk kecantikan, Moms yang memiliki masalah pigmentasi kulit juga dapat memanfaatkan suntik kromosom untuk pengobatan.

Masalah pigmentasi kulit yang paling sering dialami adalah hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi ketika kulit menghasilkan lebih banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Hal ini bisa membuat bercak atau bercak kulit tampak lebih gelap dari area sekitarnya.

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang umum dan terjadi untuk semua jenis kulit. Beberapa bentuk hiperpigmentasi, termasuk melasma dan bintik matahari, lebih mungkin memengaruhi area kulit yang terkena paparan sinar matahari, termasuk wajah, lengan, dan kaki.

Namun, Moms perlu ingat, saat melakukan pengobatan suntik kromosom pastikan dengan ahlinya agar tidak terjadi infeksi atau komplikasi lain.

2. Memutihkan Kulit Secara Permanen

Sekali Moms melakukan suntik kromosom, dijamin kulit Moms akan terus bersih dan bercahaya. Karena salah satu manfaat suntik kromosom adalah memutihkan kulit secara permanen.

Hal ini dikarenakan cairan stem cell dan vitamin C yang disuntikan ke dalam tubuh dapat menghambat aktivitas gen SLC24A5 yang berfungsi untuk menentukan jumlah melanosit pada tubuh.

Terhambatnya gen SLC24A5 dipercaya dapat membuat kulit lebih putih karena sel melanosit tidak terlalu aktif di dalam tubuh. Sehingga Moms akan semakin percaya diri dengan kulit yang lebih putih dan bersih.

3. Dapat Memutihkan Kulit dalam Waktu Singkat

Moms yang tidak suka perawatan dalam waktu lama, bisa mencoba perawatan suntik kromosom. Karena perawatan ini dapat memeberikan hasil yang cukup singkat setelah melakukan sekitar 18 kali suntikan atau hingga kulit mengalami perubahan.

Suntik kromosom hanya mempengaruhi sel melanosit pada kulit, sehingga tidak akan berdampak pada bagian lain seperti mata atau rambut. Sel melanosit hanya akan mengubah warna kulit karena memang berada di bagian epidermis. Jadi Moms tidak perlu khawatir saat menjalani perawatan ini ya.

4. Mencegah Masalah Rambut

Selain untuk kulit, suntik kromosom juga dipercaya dapat mencegah kerontokan pada rambut. Selain itu, suntik kromosom juga dapat menghambat tumbuhnya uban dan sindrom penuaan pada rambut lainnya.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah protein paling banyak di tubuh yang memiliki berbagai peran penting, termasuk menjaga elastisitas kulit Moms. Menurut jurnal Molecullar Cell Biology ada empat tipe kolagen utama di dalam tubuh yang berfungsi untuk membentuk tulang, kulit otot dan juga jaringan yang penting untuk tubuh.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan berkurang. Akibatnya kulit akan kendu dan keriput. Selain menggunakan skincare dengan kandungan kolagen tinggi, Moms juga dapat mencoba perawatan suntik kromosom. Karena cairan yang terkadung dalam suntik kromosom dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Baca Juga: Kolagen di Tubuh Berkurang Sejak Usia 25 Tahun dan Picu Kerutan, Apa Faktor Penyebabnya?

6. Meningkatkan Daya Ingat

suntik kromosom

Foto: freepik.com

Faktor genetik memiliki peran penting dalam perkembangan ingatan seseorang, terutama dalam kondisi penyakit neurologis yang serius, seperti Alzheimer. Menurut penelitian, makanan juga memiliki dampak besar terhadap ingatan seseorang, sehingga diet seimbang merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat.

Tak hanya itu, daya ingat juga dapat ditingkatkan dengan tindakan medis seperti suntik kolagen. Karena kandungan yangaada di dalam cairan suntik kolagen dipercaya mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Wah, tubuh bisa dapat banyak manfaat dari suntuk kolagen ya.

7. Mempercepat Penyembuhan Bekas Luka

Moms pasti pernah mengalami kulit luka karena gigitan serangga atau bekas jerawat yang membesar. Masalah ini ternyatat dapat diatasi denan suntik kromosom.

Seperti yang diketahui, cairan suntik kromoson mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Salah satu fungsi kolagen adalah menyembuhkan bekas luka di kulit. Moms yang ingin wajahnya kembali mulus seperti porselen bisa mencoba suntik kolagen untuk penyembuhan.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Karena mengandung vitamian C, suntik krosom juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang baik untuk tubuh dan dipercaya dapat melindungi tahan tubuh dari virus dan bakteri.

Baca Juga: Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Infeksi Virus Corona Novel (COVID-19), Berikut Tipsnya

Bahaya Suntik Kromosom

suntik kromosom

Foto: freepik.com

Walaupun banyak manfaatnya, tetapi suntik kromosom juga memiliki dosis aman untuk dilakukan. Jika melebihi dosis tersebut, Moms akan merasakan bahaya suntik kromosom terhadap tubuh. Berikut bahaya suntik kromosom yang perlu Moms tahu.

1. Efek Kecanduan

Hampir sama dengan tindakan medis untuk kecantikan lainnya, suntik kromosom juga dapat memberikan efek candu terhadap orang yang sudah melakukan. Hal ini lebih berhubungan dengan psikologis Moms yang selalu ingin tampil sempurna dan cantik. Moms, tetap harus perhatikan saat melakukan suntik kromosom ya, jangan sampai kecanduan.

2. Gangguan Lambung

Isi cairan yang ada di dalam suntik kromosom adalah vitamin C. Seperti yang diketahui, kadar asam di dalam vitamin C sangat tinggi dan dapat mengganggu lambung Moms. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat maag dan Moms pastikan asam lambung sedang normal saat melakukan suntik kromosom.

3. Gangguan Ginjal

Bahaya suntik kromosom juga dapat menyerang ginjal Moms. Karena saat cairan disuntikan ke dalam tubuh, bisa jadi kandungan obat yang ada di dalamnya menumpuk di ginjal. Untuk menghindari hal tersebut, Moms harus pastikan rajin minum air putih ya Moms agar tidak mengalami gangguan ginjal meskipun melakukan suntik kromosom. Tetap sehat dan juga cantik itu penting ya Moms.

4. Gangguan Hormon

Suntik kromosom sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. Karena dapat menggangu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormone ini dapat meningkatkan berat badan ibu hamil dan membahayakan ibu hamil. Karena saat berat badan ibu hamil naik, risiko penyakit diabetes gestasional dan risiko preelampsia semakin tinggi.

5. Diare

Terlalu sering melakukan suntik kromosom juga dapat memberikan efek negatif terhadap saluran pencernaan. Kandungan yang ada di dalam cairan suntik kromoson jika diberikan berlebihan dapat mengganggu kerja usus menjadi tidak normal dan menyebabkan terlalu banyak cairan di dalam usus besar. Hal ini dapat menyebabkan diare terhadap Moms.

6. Sesak Napas

Suntik kromosom memang aman dilakukan oleh siapa saja, tetapi pastikan Moms tidak memiliki alergi terhadap cairan yang ada di dalam suntik kromosom. Karena jika Moms memliki alergi akan menyebabkan beberapa reaksi, seperti ruam, gatal, bengkak pada kulit atau sesak napas.

Baca Juga : Mengenal Batuk Disertai Sesak Napas (Croup) pada Anak

Harga Suntik Kromosom

suntik kromosom

Foto: freepik.com

Moms yang ingin melakukan suntik kromosom harus merogoh kocek yang cukup dalam. Karena harga suntik kromosom terbilang cukup mahal, mulai dari Rp.10 jutaan untuk sekali perawatan. Harga tersebut tergantung dari klinik dan jumlah cairan yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan suntik kromosom.

Walaupun cairan suntik kromosom banyak dijual di ecommerce, tetapi Moms tetap harus melakukan perawatan ini dengan profesional agar lebih aman dan terhindar dari efek samping perawatan ini.

Artikel Terkait