PARENTING ISLAMI
18 Februari 2022

Keutamaan Surat Al Hajj untuk Jodoh dan Doa untuk Memilih Jodoh, Masya Allah!

Surat Al Hajj memang menjadi rahasia untuk mendapatkan rezeki dari Allah SWT, baik itu berupa jodoh maupun kecukupan harta
Keutamaan Surat Al Hajj untuk Jodoh dan Doa untuk Memilih Jodoh, Masya Allah!

Ada banyak hikmah yang terdapat di dalam Alquran, termasuk di dalamnya tentang masalah jodoh. Namun benarkah ada keutamaan surat Al Hajj untuk jodoh?

Selama ini, surat tersebut sering dikaitkan dengan proses ibadah haji. Namun banyak juga yang berpendapat bahwa surat tersebut bisa digunakan sebagai amalan untuk mendapatkan jodoh.

Bernarkah demikian? Simak penjelasannya di sini!

Baca Juga: 9+ Keutamaan Surat Al Qadr, Salah Satunya Masuk Surga tanpa Hisab, Masya Allah!

Keistimewaan Surat Al Hajj

11 Hadits dan Ayat Alquran tentang Cinta, Masya Allah Indah dan Menyejukkan!

Foto: 11 Hadits dan Ayat Alquran tentang Cinta, Masya Allah Indah dan Menyejukkan!

Foto: Orami Photo Stock

Al Hajj sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya ‘haji’. Terdiri atas 78 ayat, surat ini termasuk dalam golongan surat Madaniyyah. Tapi menurut sebagian ulama tafsir termasuk golongan surat Makkiyyah.

Adapun yang mendasari perbedaan karena sebagian ayatnya memang ada yang diturunkan di Makkah dan sebagian lagi ada yang diturunkan di kota Madinah.

Dasar penamaan Surat Al-Hajj ini karena di dalamnya memuat hal-hal yang berkaitan dengan ibadah yang dilakukan saat haji, seperti ihram, thawaf, sai, tahallul dan wukuf di Arafah.

Menurut Al-Gaznawi, Surat Al-Hajj termasuk surat yang ajaib, karena ia diturunkan di waktu siang dan malam, dalam keadaan musafir dan juga mukim.

Ada yang diturunkan di Makkah dan juga Madinah, isinya berkaitan dengan peperangan dan juga perdamaian, serta ada ayat-ayat muhkamat dan juga mutasyabihat.

Baca Juga: 5+ Keutamaan Surat Al Kahfi, Salah Satunya Terhindar dari Fitnah Dajjal

Adapun pokok kandungan atau isi kandungan dari Surat Al-Hajj adalah:

  • Membahas tentang iman kepada hati kebangkitan
  • Menceritakan huru-hara kiamat
  • Kewajiban berhaji bagi kaum Muslimin yang mampu
  • Ibadah haji telah disyariatkan pada masa Nabi Ibrahim
  • Menjelaskan hukum berbicara dusta
  • Larangan menyembah berhala
  • Menjelaskan hukum menghalang-halangi manusia dari jalan Allah SWT dan Masjidil Haram
  • Menjelaskan izin berperang untuk membela diri dari agama
  • Menjelaskan tanda-tanda takwa yang sampai dalam hati
  • Menjelaskan bahwa setiap agama yang dibawa Rasulullah SAW memiliki syariat tertentu dan cara pelaksanaannya
  • Sikap orang kafir apabila mendengar Alquran

Baca Juga: Keutamaan Mati Syahid dan 9 Golongan yang Termasuk ke Dalamnya

Keutamaan Surat Al Hajj untuk Jodoh

pernikahan jarak jauh menurut islam.jpg

Foto: pernikahan jarak jauh menurut islam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bacaan surat Al Hajj ayat 27 yakni:

وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

(Wa ażżin fin-nāsi bil-ḥajji ya`tụka rijālaw wa 'alā kulli ḍāmiriy ya`tīna ming kulli fajjin 'amīq)

Artinya: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (QS Al-Hajj: 27)

Ternyata selain berkaitan dengan haji, salah satu keutamaan surat Hajj untuk jodoh juga diakui oleh masyarakat. Bahkan, ini dapat menjadi doa agar dicintai.

Jika mempunyai keinginan untuk dicintai banyak orang, dapat membaca surat Al Hajj ayat 27. Ayat tersebut dapat dibaca kapan saja, terutama saat salat fardhu.

Surat Al Hajj memang menjadi rahasia untuk mendapatkan rezeki dari Allah SWT, baik itu berupa jodoh maupun kecukupan harta.

Surat Al Hajj ayat 27 merupakan amalan yang halal dan juga disarankan untuk diamalkan secara rutin untuk memudahkan jodoh.

Cara mendapatkan keutamaan surat Al Hajj untuk jodoh adalah dengan dibaca setiap hari sebanyak 70 kali. Bisa juga diamalkan setelah melaksanakan salat fardhu atau ketika sedang luang.

Bisa juga tambahkan salat hajat untuk mendapatkan jodoh yang diinginkan.

Tak hanya itu, khasiat surat Al Hajj ayat 27 juga memiliki keutamaan dan manfaat sebagai berikut:

  • Termasuk Al-Matsani untuk Rasulullah, sebagai pengganti Injil
  • Sebagai wasilah agar dapat melaksanakan Haji di Baitullah. Abi Abdullah telah berkata, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Hajj di setiap tiga hari, maka ia tidak akan meninggalkan (satu) tahunnya, ia dapat pergi ke baitul-haram, dan jika ia meninggal dalam perjalanannya, maka ia masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 137)
  • Memiliki keutamaan dibanding surat yang lain.
  • Salah satu keutamaan Surat Al-Hajj bisa dibandingan dengan surat lainnya, yaitu karena Allah SWT telah menempatkan dua ayat sajadah di dalamnya.

Baca Juga: Keutamaan Meninggal di Hari Jumat Menurut Para Ulama

Doa untuk Memilih Jodoh

5 Doa Minta Jodoh, Yuk Panjatkan, Insya Allah Segera Dikabul

Foto: 5 Doa Minta Jodoh, Yuk Panjatkan, Insya Allah Segera Dikabul

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Islam, jodoh, mati, dan rezeki adalah rahasia dari Allah SWT. Meski begitu, ketiganya akan didapatkan lewat usaha, dan juga doa kepada Allah SWT.

Jodoh adalah pasang hidup manusia di dunia. Setiap manusia memiliki jodohnya masing-masing dan karena Allah SWT yang telah mempersiapkannya.

Untuk mendapatkan jodoh yang baik, seseorang juga harus memantaskan diri agar lebih baik, yang disertai dengan doa dan usaha sebagai ikhtiar untuk mendapatkannya.

Banyak yang mengatakan bahwa jodoh adalah cerminan diri. Penelitian IAIN Purwokerto menunjukkan bahwa terdapat pengertian kafa’ah menurut M. Quraish Shihab yang merupakan keseteraan saat memilih jodoh.

Dan dalam memilih pasangan untuk menikah, M. Quraish Shihab memberikan pemahaman bahwa yang dicari adalah baik dalam hal agama yaitu pada akhlaknya, walaupun semua kriteria dikatakan sangat penting dalam memilih pasangan.

Selain melihat keutamaan surat Al Hajj untuk jodoh, terdapat juga doa-doa lain yang bisa dipanjatkan untuk mendapatkan belahan hati tersebut yang tercantum dalam Alquran dan juga hadis. Beberapa di antaranya yakni:

1. Surat Ali ‘Imran Ayat 3 dan Surat Al-Anfal Ayat 40

Perpaduan dari dua ayat dari kedua surat ini sangat dianjurkan untuk dibaca sesering mungkin, yang berbunyi:

حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ…

(Hasbunallooh wani’mal wakiil ni’mal maula wani’man nashiir)

Artinya: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.“ (QS Ali ‘Imran: 173 dan Al-Anfal: 40)

2. Surat Al-Furqan Ayat 74

Surat Al-Furqan juga sangat dianjurkan untuk dibaca sesering mungkin sebagai doa untuk mendapatkan jodoh, surat ini berbunyi:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

(Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a’yun waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa)

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri2 kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al-Furqan: 74)

3. Surat Al-Qashas Ayat 24

Ini adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa. Ini juga merupakan salah satu doa yang paling terkenal dan sudah banyak diamalkan oleh banyak orang.

رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ…

(Rabbiy Inniy limaa anzalta ilayya min khairin faqir)

Artinya: “Wahai Tuhan, sungguh aku sangat faqir atas pemberian anugerahMu.” (QS Al-Qasas:24)

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah 11 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Bagi Umat Islam

4. Membaca Zikir ‘Subhanallahi wabihamdih’

Zikir juga merupakan salah satu bentuk doa yang bisa dipanjatkan, karena sejatinya segala bentuk ibadah dan amalan saleh yang dilakukan oleh umat Islam adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sehingga Allah SWT akan memperlancar segala urusan di dunia dan di akhirat. Untuk mendapatkan jodoh, membaca zikir ‘Subhanallahi wabihamdih’ ini dapat dilakukan sebanyak 100 kali setiap pagi.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100 X setiap harinya, maka berjatuhan dosa dosanya walau sebanyak buih di lautan.” (HR Bukhari)

Dalam hadis yang lain Rasulullah SAW bersabda: “Kalimat yang paling dicintai Allah adalah Subhanallahi wabihamdih.” (HR Muslim)

5. Membaca Surat Al-Quraisy

Surat Al-Quraisy adalah salah satu surat yang dapat dijadikan sebagai doa untuk mendatangkan jodoh. Dengan rutin membaca surat ini sebanyak 21 kali setiap hari, diharpkan jodoh segera datang beserta semua kebaikan yang dibawanya.

6. Membaca Surat Al-Insyirah

Surat Al-Insyirah menceritakan tentang bagaimana Allah SWT selalu memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi oleh manusia.

Surat ini juga merupakan salah satu surat yang direkomendasikan untuk menjadi doa mendapatkan jodoh, dengan membacanya sebanyak 152 kali setiap melaksanakan puasa, dan malam setelah salat Isya.

Setelah mengetahui keutamaan surat Al Hajj ini, semoga keinginan tersebut segera dikabulkan oleh Allah SWT dan memiliki keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Aamiin.

  • http://www.abusyuja.com/2020/10/surat-al-hajj-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html
  • https://portalsulut.pikiran-rakyat.com/ragam/pr-852580861/khasiat-surat-al-hajj-ayat-27-untuk-jodoh-baca-dan-amalkan
  • https://dalamislam.com/doa-dan-dzikir/doa-mendapatkan-jodoh-dan-rezeki-menurut-al-quran
  • http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6994/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
  • https://worldquran.com/