Parenting Islami

26 Oktober 2021

7+ Rekomendasi Komik Islami untuk Si Kecil, Belajar Agama dengan Cara Menyenangkan!

Rekomendasi komik islami ini siap mengisi rak buku di rumah sebagai bacaan yang menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu cara dalam mengajarkan ilmu agama yang mudah dan tidak kaku pada adalah dengan menghadirkan komik Islami.

Memiliki beragam gambar yang menarik apalagi yang berwarna, tentau membuat anak lebih tertarik untuk melihatnya dari pada hanya buku yang berisi teks.

Buktinya, penelitian dari Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Unesa menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis komik pada anak yang memiliki kesulitan belajar memiliki hasil yang positif.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Komik Romantis Korea yang Bikin Senyum-senyum, Seru!

Mengenal Perkembangan Komik Islami

Komik Islami -1.jpg

Foto: Bp-guide.id

Komik dipandang sebagai salah satu bentuk seni. Komik hadir dalam bentuk beragam, ada yang berupa komik strip di koran atau majalah, hingga ada yang berbentuk buku sendiri.

Belakangan ini, komik juga hadir dalam bentuk digital di dalam gadget, sehingga lebih memudahkan para pembaca milenial untuk membacanya.

Komik bisa menjadi media penyampai pesan yang efektif. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan komik sebagai penyampai sesuatu.

Apa saja bisa disampaikan lewat komik, mulai dari kritis sosial, humor, nasehat, sejarah, hingga tuntunan akhlak islami.

Saat ini, sudah bermunculan banyak komik Islami dari banyak komikus yang memiliki karakter tersendiri. Meski begitu, nuansa keislamannya begitu jelas terasa.

Komik bisa menjadi media dakwah yang tepat, bahkan untuk anak. Tidak hanya efekif, namun komik juga bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan.

Baca Juga: Tidak Disangka, Ternyata Ini 4 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak

Dari pengaruh komik barat, Dr. Naif Al-Mutawa, seorang berkebangsaan Kuwait yang berprofesi sebagai seorang psikolog klinis terinspirasi membuat komik islami.

Dia mendirikan Muta wa Teshkeel Comic dan menerbitkan komik superhero Islam. Ada pula Adil Imtiaz dan Kamil Imtiaz yang menerbitkan serial buku komik tokoh pahlawan super Muslim sejak Januari 2011.

Keduanya berniat menyampaikan pesan bahwa Islam adalah agama pembawa kedamaian. Mereka mengganggap komik bisa menyampaikan pesan yang tepat pada masyarakat Amerika dan dunia, bahwa Islam bukan agama yang kaku dan dekat dengan terorisme.

Di Indonesia, komik mulai berjaya mulai tahun 1950 hingga awal 1980-an. Ada banyak genre komik yang hadir mulai dari tokoh pewayangan, percintaan, superhero, hingga agama.

Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam, komik islami berkembang dan banyak diminati. Komik islami yang beredar umumnya bertema sejarah, pesan moral, kisah kepahlawanan, dan syiar agama.

Baca Juga: Enggak Nyangka, 6 Karakter Komik Ini Ternyata Orang Indonesia, Lho!

Rekomendasi Komik Islami

Komik Islami -2.jpg

Foto: Eureka-pedia.com

Melihat perkembangannya saat in, tidak salah bagi Moms untuk mengenalkan komik Islami pada Si Kecil, selain komik mainstream lain yang beredar di pasaran.

Selain mengajarkan keislaman, komik Islami biasanya mengandung banyak pelajaran kehidupan yang berharga. Beberapa rekomendasi komik islami tersebut yakni:

1. Liqomik: Antologi Komik Islam

Buku ini ditulis oleh Squ dan kawan-kawan, dan memiliki 185 halaman. Liqomik berisi kisah yang dihadirkan dari para komikus islami yang tergabung dalam komunitas iQomic.

Tujuan dari buku ini adalah memberikan kontribusi dakwah dan mengingatkan pembacanya agar terbiasa menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Ceritanya juga tak membosankan. Kumpulan komik ini begitu menghibur, mendidik, dan bermanfaat dalam sekali baca.

Kisahnya disampaikan dengan ringan dan mudah, pembaca juga bisa menambah wawasan tanpa merasa sedang digurui. Ada 15 cerita di dalamnya yang akan menarik minat para pembaca.

2. Komik 10 Pahlawan Islam

Komik 10 Pahlawan Islam menjadi rekomendasi komik Islami selanjutnya. Ditulis oleh Izzah Annisa dan Fajar Istiqlal, buku untuk anak ini juga boleh juga dibaca orang dewasa karena isinya yang menghibur tapi bisa menambah pengetahuan.

Komik setebal 116 halaman ini berisi 10 cerita tokoh pahlawan dalam islam. Ada banyak pahlawan muslim yang bisa jadi idola anak-anak hingga dewasa.

Semuanya kuat, tangguh, dan pastinya sangat saleh. Mereka begitu gigih dan berani mengorbankan diri demi berdirinya agama Islam.

Kisahnya tidak monoton, ada juga humor yang diselipkan sehingga membuat pembaca lebih tertarik membacanya tanpa merasa mengantuk.

Baca Juga: Cerita Rakyat Malin Kundang, Cocok untuk Dongeng Malam Si Kecil

3. Komik Wow Subhanallah: Amazing Islam

Komik Wow Subhanallah: Amazing Islam adalah rekomendasi komik Islami selanjutnya. Buku yang ditulis oleh Tehty Ezokanzo ini mengulas aneka fakta tentang Islam yang kadang tidak banyak orang tahu.

Lewat buku ini, pembaca akan menerima banyak pengetahuan seperti nama madrasah Islam pertama, mengenal Imam Ibnu Katsir, kerajaan Islam pertama di Indonesia, dan lain sebagainya.

Ada juga fakta-fakta seputar Alquran, berbagai peristiwa penting di awal perkembangan Islam, hingga masa kejayaan Islam.

4. Komik Mumus And Friends Islam Agama Penyayang

Komik Mumus And Friends Islam Agama Penyayang ini juga dapat menjadi pilihan. Komik Islami ini mengajarkan untuk saling menyayangi sesama tanpa membeda-bedakan.

Kisahnya mengenai Mumus bersama teman-temannya, seperti Babeh, Ucup, Ipul, dan Abay. Ada pula Ncay, Mpok Nay, dan Mas Budi.

Tak hanya bercerita keseharian Mumus, namun juga mengenalkan bagaimana cara Islam mengajarkan kasih sayang.

Pembaca akan diperlihatkan cara menyayangi diri sendiri, menyayangi alam, dan juga menyayangi orang lain. Ada banyak tema mendidik yang dihadirkan dan akan menarik untuk dibaca.

Baca Juga: Manfaat Mendongeng untuk Anak yang Tak Terduga Menurut Pakar

5. KOMIK STRIP ISLAM: TOP SECRET SANTRI GONTOR

Ini adalah komik Islami selanjutnya yang wajib dimiliki. Ini mengisahkan mengenai kehidupan santri di pesantren Gontor, Jawa Timur.

Bagi yang ingin menyekolahkan anak, adik atau saudara, bisa membaca komik ini sebagai pengetahuan. Bagi lulusan pesantren, membaca komik ini dapat menghadirkan memori saat mondok.

Pembaca bahkan bisa menemukan istilah-istilah nyeleneh dalam keseharian hidup santri Gontor. Kisah di dalamnya sangat memotivasi, bahkan bisa mengungkap makna di balik kehidupan santri.

Ditulis oleh Rochman Romadon yang merupakan alumni santri Gontor, buku setebal 168 halaman ini siap menghadirkan cerita yang tidak biasa.

6. Komik Islam Pengen Jadi Baik 3

Komik Islam Pengen Jadi Baik 3 ini ditulis juga oleh Squ. Komik islami setebal 160 halaman ini adalah lanjutan dari edisi 2 yang begitu banyak diminati di pasaran.

Komik islami bergenre humor ini menyenangkan untuk dibaca. Menceritakan kejadian sehari-hari dengan nuansa positif, ada banyak hikmah yang bisa dipetik dalam setiap cerita yang diberikan.

Tidak sekadar menyuguhkan kisah, namun pembaca juga bisa menyontoh beberapa cara yang dilakukan para tokohnya dalam keseharain.

Misalnya cara menasihati orang yang di sekitar dengan cara islami, cara membuat anak tertarik untuk belajar Alquran, dan sebagainya.

Baca Juga: Dongeng Putri Duyung yang Cocok Dibacakan untuk Buah Hati

7. Komik Toti dan Loqi

Toti dan Loqi adalah 2 kucing yang selalu penasaran dengan hal-hal baru. Dua kucing bersaudara beda ayah dan ibu ini, selalu bersama dalam memecahkan masalah.

Mereka kadang dibantu oleh teman-temannya memecahkan sebuah masalah. Tak jarang malah mereka jadi sumber masalah jika berada di rumah.

Bahasa yang digunakan tidak terlalu baku dan diselipi humor di dalamnya. Itulah yang membuat komik ini banyak diminati oleh anak, bahkan anak muda pecinta kucing.

Menariknya lagi, sebagian hasil penjualan akan digunakan untuk membeli makan bagi para kucing jalanan, dan membantu beberapa pihak yang tulus menyelamatkan kucing-kucing liar di jalan.

8. Komik Kevin dan Peleton Terakhir

Kevin dan peleton terakhir merupakan komik fiksi yang menceritakan tentang kisah petualangan Kevin, Duwi, dan Putera di sebuah pulau terpencil.

Mereka terjebak di dalam konflik militer antara dua pasukan bersenjata yang sedang bertikai. Meski bercerita tentang petualangan, komik ini juga mengandung beberapa pesan islami.

Misalnya seperti ketentuan shalat jama' qashar, makanan yang halal, larangan berpakaian ketat untuk perempuan, dan lainnya yang diambil dari hadist yang shahih.

Dicetak berwarna dengan menggunakan kertas art paper yang cukup tebal dan mengkilat, komik Kevin dan Peleton Terakhir bisa menarik perhatian anak dan membuatnya betah untuk membacanya.

Dengan membaca komik islami, diharapkan membuat anak menjadi pribadi yang lebih baik dan menumbuhkan kecintaannya untuk membaca buku.

  • https://core.ac.uk/download/pdf/208581626.pdf
  • https://bp-guide.id/AXNaGxE9
  • https://www.papillonstudios.org/2021/04/8-rekomendasi-buku-komik-anak-islami.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait