Kesehatan

8 April 2021

12 Manfaat Lo Han Kuo, Atasi Diabetes Hingga Kanker

Berbagai manfaat buah lo han kuo bagi kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Intan Aprilia

Buah biksu, atau lo han guo/lo han kuo, merupakan buah berbentuk melon hijau kecil yang berasal dari Tiongkok Selatan.

Buah ini telah terkenal dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM) selama beberapa dekade. Tidak heran ada manfaat buah ini yang patut diketahui.

Ekstrak buah lo han kuo punya rasa manis 150-250 kali lebih manis daripada gula pasir, tetapi punya nol kalori dan karbohidrat, serta tidak meningkatkan kadar glukosa darah.

Mengutip situs Food and Drug Administration, buah ini telah dianggap Generally Recognized as Safe (GRAS) atau secara umum diakui aman untuk dikonsumsi semua orang, termasuk ibu hamil dan anak-anak.

Meski begitu, masih belum ada studi ilmiah tentang efek konsumsi jangka panjang. Ketahui apa saja manfaat buah lo han kuo berikut ini.

Baca Juga: 30 Manfaat Buah Mangga, Bisa Turunkan Risiko Kanker Lho!

Manfaat Lo Han Kuo untuk Kesehatan

Lo han kuo memiliki manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan sampai berat. Mari simak beberapa manfaat lo han kuo untuk kesehatan yang membuat Moms semakin ingin mengonsumsinya.

1. Aman untuk Penderita Diabetes

lo han kuo  untuk Penderita Diabetes.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat buah lo han kuo yang pertama adalah aman untuk penderita diabetes. Rasa manis dari buah lo han kuo berasal dari senyawa alami yang disebut mogrosides.

Umumnya, senyawa ini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena tidak meningkatkan gula darah.

Meski begitu, makanan dan minuman yang dimaniskan dengan buah lo han kuo dapat memiliki tambahan gula dan bahan-bahan lain yang meningkatkan jumlah karbohidrat dan kalori atau memengaruhi sensitivitas insulin.

Jadi, tetap perhatikan kandungan gula dan kalori sebelum mengonsumsi produk dengan pemanis dari buah lo han kuo ya, Moms.

2. Membantu Penurunan Berat Badan

Manfaat buah lo han kuo yang selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Buah lo han kuo tidak ada kalori, karbohidrat, atau lemak, jadi ini mungkin pilihan buah yang bagus jika sedang menurunkan berat badan.

Moms dapat memangkas banyak kalori dan karbohidrat, cukup mengganti gula pasir dengan pemanis buah lo han kuo sepanjang hari.

Sekali lagi, pastikan tidak mengonsumsi produk buah lo han kuo yang termasuk gula tambahan.

Baca Juga: Supaya Berat Badan Cepat Turun, Hindari Konsumsi 8 Buah Ini

3. Punya Sifat Anti-inflamasi

Menurut jurnal American Chemical Society, buah biksu telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad untuk membuat minuman yang meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi dahak.

Manfaat buah lo han kuo untuk kesehatan karena memiliki kandungan anti-inflamasi, dan dapat membantu mencegah kanker dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Mengatasi Alergi

lo han kuo antiinflamasi.jpg

Foto: freepik.com

Mengatasi alergi adalah salah satu manfaat buah lo han kuo lain yang patut Moms ketahui. Ekstrak buah lo han kuo terbukti mencegah aktivitas sel yang memicu alergi, dan menurunkan histamin.

Sehingga, buah ini mampu membantu dan mengatasi alergi. Manfaat kesehatannya juga termasuk dengan penurunan reaksi asma.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Alergi Debu Pada Anak

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jumlah kandungan vitamin C yang ditemukan pada buah lo han kuo, dapat membantu tingkatkan imunitas tubuh. Hal ini menjadi manfaat kesehatan lain dari buah lo han kuo yang hebat.

Pada jurnal Nutrients, disebutkan bahwa vitamin C berkontribusi untuk mendukung berbagai fungsi tubuh sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh bawaan dan adaptif.

Selain itu, manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah ini juga berkaitan dengan pencegahan infeksi virus seperti virus Epstein Barr. Wah, banyak sekali ya Moms manfaat buah lo han kuo untuk kesehatan. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 3 Pertanyaan Seputar Masalah Imunisasi yang Paling Sering Ditanyakan

6. Mencegah Kanker

Lo han kuo mengandung sifat anti karsinogen yang mampu menghambat pertumbuhan tumor kulit dan payudara.

Selain itu, buah biksu ini juga memiliki antioksidan yang dapat menghambat sel kanker, sel leukemia, dan kanker kolorektal.

7. Mencegah Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada buah biksu ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Khasiat anti-inflamasi di dalam buah ini sangat efektif mencegah berbagai penyakit seperti kanker, radang sendi, dan masalah pencernaan Moms.

8. Melawan Infeksi pada Usus

lo han kuo untuk imunitas.jpg

Foto: freepik.com

Infeksi usus merupakan kondisi peradangan yang dapat terjadi pada usus kecil maupun usus besar. Umumnya, Moms akan merasakan sakit perut, diare, dan muntah. Infeksi usus dapat diatasi dengan mengkonsumsi lo han kuo, lho Moms.

Kandungan mikroba alami pada buah ini dapat menghambat bakteri jahat sehingga membantu menjaga keseimbangan bakteri dan infeksi pada usus.

Baca Juga: Waspadai Radang Usus Buntu! Kenali Penyebab dan Gejalanya

9. Mencegah Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi akan memiliki dampak pada kesehatan tubuh. Cara menurunkan kolesterol yang tinggi sangat beragam, salah satunya mengkonsumsi lo han kuo.

Mogroside dalam buah biksu memiliki kemampuan melindungi kolesterol dalam tubuh agar tidak menumpuk. Buah ini juga dapat meningkatkan kolesterol HDL yang baik.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Gula buatan yang berlebih juga mengganggu aliran darah sehingga berdampak pada keseimbangan hormonal.

Penggunaan buah biksu sebagai pemanis alami tentunya akan memastikan hormon tubuh seimbang sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi depresi.

11. Menjaga Kesehatan Paru-paru

lo han kuo dapat cegah radikal bebas.jpg

Foto: freepik.com

Paru-paru merupakan organ penting yang sangat berperan bagi kehidupan manusia. Menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan mudah, yaitu dengan mengkonsumsi lo han kuo.

Buah ini mengandung senyawa anti fibrotik yang berfungsi menyembuhkan peradangan, membantu pengaturan napas dengan baik, dan mengekstrak oksigen dari.

12. Sumber Vitamin dan Mineral

Buah biksu tidak seperti gula yang merusak tubuh dengan menguras vitamin dan mineral di dalam tubuh.

Buah ini memiliki senyawa mogrosides I-V yang membantu mengkontrol diabetes serta peradangan.

Vitamin C dalam buah ini dapat merangsang produksi sel darah putih sehingga meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Berbahaya, Ini 4 Dampak Negatif Anak Kurang Tidur

Wah, banyak sekali ya Moms manfaat buah lo han kuo untuk kesehatan. Tertarik mencobanya?

  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/monk-fruit-health-benefits#allergies
  • https://www.conserve-energy-future.com/monk-fruit-benefits.php
  • https://www.healthbenefitstimes.com/monk-fruit/
  • https://foodinsight.org/everything-you-need-to-know-about-monk-fruit-sweeteners/
  • https://www.fda.gov/food/food-additives-petitions/additional-information-about-high-intensity-sweeteners-permitted-use-food-united-states#Luo_Han_Guo_fruit_extracts
  • https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/jf201207m
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29099763

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait