Kesehatan

12 Oktober 2020

14 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ternyata kulit jeruk menyimpan banyak manfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Jeruk merupakan salah satu buah yang populer di seluruh dunia. Sebelum memakan buah jeruk, biasanya kita harus mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Namun, sebenarnya ada yang berpendapat bahwa kulit jeruk mengandung nutrisi penting dan sebaiknya dimakan daripada dibuang.

Nutrisi penting ini menjadi manfaat kulit jeruk yang patut diperhatikan.

Mengutip dari Journal of Dietary Supplements, kulit jeruk telah digunakan sejak lama sebagai bahan aktif dalam sebagian besar obat-obatan tradisional.

Mungkin mengejutkan Moms bahwa kulit jeruk ini memiliki manfaat kesehatan empat kali lebih banyak daripada buah jeruk yang kita makan.

Kulit jeruk mengandung flavonoid dan phytochemical lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Senyawa ini juga mengandung jumlah nutrisi tertentu yang lebih tinggi.

Cari tahu apa saja manfaat kulit jeruk lainnya untuk kesehatan berikut ini, Moms.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Menurut Journal of the Saudi Society of Agricultural Sciences, kulit jeruk, merupakan sumber molase, pektin dan limonene yang baik dan biasanya dikeringkan, dicampur dengan pulp kering dan dijual sebagai pakan ternak.

Kulit jeruk dibagi lagi menjadi epicarp atau flavedo (permukaan tepi berwarna) dan mesocarp atau albedo (lapisan tengah lunak berwarna putih).

Meskipun bisa digunakan sebagai pakan ternak, ada sejumlah manfaat kulit jeruk untuk manusia juga lho, Moms.

Apa saja manfaat kulit jeruk bagi kesehatan? Mari kita simak.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat kulit jeruk

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kulit jeruk mengandung hesperidin, senyawa flavonoid yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol.

Flavon polimethoxylated (PMFs) yang ditemukan dalam kulit jeruk juga lebih efektif membantu menurunkan kolesterol daripada obat-obatan yang dikonsumsi.

2. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Berkat kandungan vitamin C-nya yang sangat baik, manfaat kulit jeruk membantu memecah hidung tersumbat dan membersihkan paru-paru.

Vitamin C juga meningkatkan kekebalan, dan ini membantu menangkal dan mencegah infeksi paru-paru.

Kulit jeruk dapat membantu mengeluarkan dahak dengan membersihkan paru-paru. Kekebalan yang ditingkatkan juga mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

3. Mencegah Alergi

manfaat kulit jeruk

Foto: Orami Photo Stock

Histamin adalah bahan kimia yang bertanggung jawab atas timbulnya reaksi alergi. Manfaat kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pelepasan histamin.

4. Membantu Pengobatan Diabetes

Kulit jeruk kaya akan pektin, serat yang dikenal bisa mengatur kadar gula darah. Manfaat kulit jeruk ini bisa membantu penderita diabetes.

Dalam jurnal Natural Product Research, ditunjukkan bagaimana pengobatan dengan ekstrak kulit jeruk dapat membantu mencegah nefropati diabetik.

Selain itu, kandungan glikemik buah hanya 5, dan ini berarti kulit jeruk hanya menyebabkan sedikit peningkatan gula darah.

Baca Juga: Hati-hati! Obat Anti-alergi Antihistamin Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria

5. Mencegah Kanker

manfaat kulit jeruk

Foto: spiceography.com

Manfaat kulit jeruk selanjutnya adalah mencegah kanker. Kulit jeruk membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Faktanya, kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, jenis kanker kulit yang fatal.

Orang-orang yang mengkonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena kanker paru-paru dan kanker kulit daripada mereka yang hanya memakan buah jeruk saja.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Meskipun informasi mengenai hal ini masih sedikit, beberapa sumber mengatakan bahwa senyawa seperti limonene, decanal, dan citral dalam kulit jeruk dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Manfaat kulit jeruk ini bisa dirasakan, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang melawan infeksi dan meningkatkan penglihatan.

7. Bantu Menurunkan Berat Badan

manfaat kulit jeruk

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kulit jeruk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dari tubuh. Banyak ahli medis merekomendasikan kulit jeruk sebagai obat untuk menurunkan berat badan.

8. Pencernaan yang Lebih Baik

Manfaat kulit jeruk juga bisa untuk membantu menyehatkan pencernaan. Kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengobati banyak masalah pencernaan seperti diare, mulas, dan naiknya asam.

Baca Juga: Inilah 5 Tanda Pencernaan Bermasalah yang Harus Moms Waspadai!

9. Menyembuhkan Hangover atau Mabuk

manfaat kulit jeruk

Foto: nationaltoday.com

Manfaat kulit jeruk selanjutnya adalah salah satu bahan terbaik yang dapat membantu menyembuhkan mabuk. Rebus kulitnya sekitar 15-20 menit, lalu minumlah rebusan ini seperti teh untuk menghilangkan mabuk.

10. Membantu Memerangi Peradangan

Satu penelitian di New York dalam jurnal Food Science and Human Wellness, menunjukkan bagaimana kulit jeruk menunjukkan sifat anti-inflamasi yang sangat baik.

Penelitian lebih lanjut memberi tahu bagaimana manfaat kulit jeruk dapat menekan peradangan dengan cara yang mirip dengan indometasin, obat anti-inflamasi.

Selain itu, flavonoid dalam kulit jeruk diketahui dapat menembus membran dan menyembuhkan peradangan.

Baca Juga: Bau Mulut Setelah Makan, Karena Terlalu Cepat Menghabiskan Makanan?

11. Mengatasi Napas Bau

manfaat kulit jeruk

Foto: creekstonedental.com

Manfaat kulit jeruk juga dapat membantu melawan bau akibat gigi berlubang dan menjaga napas kita tetap segar dan harum.

12. Melindungi Kesehatan Gigi

Berkat sifat antibakteri dari kulit jeruk, manfaat kulit jeruk melindungi Moms dari karies gigi.

Selain itu, Moms juga bisa memutihkan gigi dengan menggunakan kulit jeruk. Limonene dalam kulit jeruk juga berfungsi sebagai pewangi dan pelarut alami. Ini membantu memutihkan gigi dengan cara alami.

Baca Juga: Masalah Kulit yang Sering Terjadi Saat Menstruasi

13. Menyembuhkan Masalah Kulit

manfaat kulit jeruk

Foto: creekstonedental.com

Manfaat kulit jeruk selanjutnya dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti komedo, sel-sel kulit mati, jerawat, pori-pori, lingkaran hitam dan kulit kering. Manfaat lainnya dari kulit jeruk adalah membantu mencerahkan kulit kita.

14. Membuat Kulit Tampak Glowing

Manfaat kulit jeruk dianggap berkhasiat bagi kulit karena dapat mengatasi komedo, sel mati, jerawat, dan noda, serta mencerahkan wajah.

Moms juga bisa menambahkan susu atau dadih untuk mendapatkan kilau ekstra pada kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kulit dan Kecantikan

Ide untuk Mengolah Kulit Jeruk

ide pengolahan kulit jeruk

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui apa saja yang menjadi manfaat kulit jeruk. Jika masih merasa bingung bagaimana cara untuk mengonsumsi atau mengolah kulit jeruk, berikut ini beberapa inspirasi yang bisa menjadi pilihan.

1. Dikonsumsi Langsung

Mengutip Time of India, kulit jeruk dapat dikonsumsi langsung dengan mencuci dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil dan tipis.

Untuk menghindari rasa pahit, Moms bisa menambahkan bumbu dari atas atau menaruhnya dengan salad atau sandwich favorit. Bisa juga ditambahkan beberapa potongan kulit jeruk tipis ke dalam smoothie untuk sarapan.

Cara terbaik dan paling umum untuk menambahkan kulit jeruk ke dalam makanan adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk yang sudah dimasak.

Kulit jeruk atau selai jeruk adalah cara yang enak untuk mendapatkan semua manfaat nutrisi dari kulit jeruk.

2. Membuat Teh Kulit Jeruk

Masukkan kulit jeruk segar ke dalam panci berisi air dan didihkan. Kemudian, matikan api dan biarkan kulitnya terendam selama satu jam. Saring airnya, dan teh kulit jeruk sudah siap.

3. Dibuat Menjadi Penyegar Udara

Cukup menambahkan kulit jeruk ke dalam air mendidih dapat menyegarkan udara di sekitar. Bahkan, Moms bisa menghirup udara (uap) untuk menghilangkan sakit kepala.

4. Membuat Permen Kulit Jeruk

Potong kulitnya menjadi ¼ strip dan masukkan ke dalam panci besar. Tutup dengan air dingin dan rebus dengan api besar. Kuras airnya dan ulangi proses ini dua kali.

Di mangkuk kecil lainnya, kocok 1½ cangkir gula dan ¾ cangkir air. Tambahkan campuran ini ke dalam panci dan didihkan dengan api sedang. Biarkan matang sekitar 10 menit.

Sekarang, tambahkan kulitnya ke dalamnya dan biarkan matang selama satu jam. Hindari pengadukan untuk mencegah kristalisasi.

Tiriskan sirup dan sebarkan kulitnya di rak pengering selama sekitar 5 jam. Moms bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara.

5. Dipakai untuk Memoles Permukaan Kayu atau Stainless Steel

Selain bisa dikonsumsi, manfaat kulit jeruk lain bisa untuk memoles permukaan menggunakan kulitnya saja atau dengan cuka. Setetes atau dua tetes cuka pada kulitnya sudah cukup.

Itu dia Moms sederet manfaat kulit jeruk yang bisa kita dapatkan. Jadi sekarang pastikan Moms tidak hanya memakan buahnya saja, tetapi juga kulitnya ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait