Kesehatan

KESEHATAN
24 Oktober 2020

23 Manfaat Berbagai Jenis Buah Jambu yang Perlu Moms Ketahui

Tak sekedar beda bentuk dan rasa, ternyata manfaat buah jambu pun bervariasi namun tetap aman dikonsumsi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta


Miliki beragam varietas serta rasanya yang berbeda tergantung jenisnya, buah jambu bisa dimakan secara langsung, disajikan sebagai makanan penutup ataupun jus.

Manfaat buah jambu pun berbeda namun tetap sehat untuk dikonsumsi secara berkala.

Tak hanya itu, banyak penelitian juga mendukung manfaat buah jambu yang luar biasa bahkan hingga menjadi ekstrak, yang dikonsumsi sebagai suplemen makanan.

Kebanyakan orang menggunakan teh daun jambu biji sebagai pengobatan diare di beberapa negara, termasuk India dan China.

Di negara lain, seperti Meksiko, orang secara tradisional menggunakan daging buahnya untuk menyembuhkan luka. Lalu, apa saja manfaat buah jambu biji, jambu air dan jambu monyet?

Manfaat Buah Jambu Biji

Manfaat buah jambu, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Yuk, simak apa saja manfaat jambu biji di sini.

1. Cegah Kenaikan Gula Darah

Teh daun jambu biji dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan memperbaiki gejala pada penderita diabetes tipe 2.

Sebuah tinjauan bukti tahun 2010 keluaran Nutritional and Metabolism, dari uji klinis dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh daun jambu biji dapat membantu meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan kadar gula darah.

Manfaat buah jambu biji ini dapat dihasilkan dari senyawa dalam ekstrak daunnya yang membantu penyerapan glukosa moderat setelah seseorang makan.

2. Kram Menstruasi

Mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi kram menstruasi. Hasil studi Journal of Ethnopharmacology tahun 2007 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen ekstrak daun jambu biji dapat meredakan nyeri haid pada wanita dengan dismenore primer.

Peserta yang mengonsumsi 6 miligram (mg) ekstrak setiap hari mengalami nyeri haid yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengonsumsi ibuprofen atau plasebo.

3. Diare

Manfaat buah jambu biji adalah obat tradisional untuk diare di banyak belahan dunia. Bukti dari penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun berpotensi untuk mengobati diare yang menular.

Sebuah studi Journal of Ayverda and Integrative Medicine 2015 menyelidiki penggunaan ekstrak ini pada tikus dengan diare menular.

Infeksi sembuh lebih cepat pada tikus yang mengonsumsi ekstrak daun jambu biji daripada yang tidak. Para peneliti mencatat bahwa ekstrak daun jambu biji menjanjikan sebagai pengobatan untuk penyakit ini.

Studi lain dari tahun 2015 menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji membantu mengendalikan diare pada ayam dengan infeksi Escherichia coli.

Namun, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini pada manusia.

4. Hindari Flu

Minum teh daun jambu biji dapat membantu orang melawan flu. Dalam sebuah penelitian tabung reaksi tahun 2012, teh daun jambu biji menjanjikan sebagai agen antivirus untuk pengobatan flu.

Para peneliti menemukan bahwa teh menghambat pertumbuhan virus penyebab flu.

Efek antivirus teh mungkin dihasilkan dari flavanol daun, yang merupakan antioksidan alami. Untuk memastikan efeknya pada manusia membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

5. Tekanan Darah

Mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak tersebut memiliki efek antihipertensi pada jaringan tikus, yang berarti berpotensi menurunkan tekanan darah.

Efek ini mungkin disebabkan oleh sifat antioksidan ekstrak daun. Antioksidan dapat menurunkan tekanan darah dengan membantu melebarkan pembuluh darah.

6. Kanker

Ekstrak daun jambu biji pada akhirnya dapat berperan dalam pengobatan kanker. Hasil penelitian hewan tahun 2014 menunjukkan bahwa senyawa dalam ekstrak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Para peneliti percaya bahwa efek tersebut dapat terjadi karena senyawa daun jambu biji bertindak seperti modulator reseptor estrogen selektif (SERMs).

SERM adalah kelas obat yang digunakan dokter untuk mengobati kanker. Mereka bekerja dengan mencegah sel kanker berkembang biak.

Namun, para ilmuwan perlu melakukan uji klinis pada manusia untuk lebih memahami potensi senyawa tersebut untuk memerangi kanker.

7. Bermanfaat untuk Demam Berdarah

Daun jambu biji dianggap sebagai obat alami untuk demam berdarah.

Ini karena ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah dan tidak beracun sama sekali.

Untuk keperluan ini 9 lembar daun jambu biji harus direbus dalam 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas air.

Setelah disaring dan didinginkan, secangkir ramuan ini harus diberikan kepada pasien tiga kali sehari.

8. Obati Radang Gusi

Membilas mulut dengan ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi penyakit gusi pada penderita radang gusi. Tapi sepertinya tidak mengurangi plak.

Manfaat Buah Jambu Air

Manfaat buah jambu

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini adalah manfaat dari buah yang memiliki bahasa Inggris water apple ini.

1. Jantung Sehat

Kombinasi serat dan nutrisi pada manfaat buah jambu air telah menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kadar kolesterol. dalam studi penelitian yang mengarah pada kemungkinan lebih rendah terjadinya aterosklerosis dibandingkan jambu air, sehingga mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Komponen aktif dan stabil dalam jambu air telah dikaitkan dengan efek antimikroba dan anti jamur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa, dapat melindungi kulit dari berbagai infeksi, yang dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit infeksi.

3. Hidrasi Tubuh

Sebagaimana diketahui jambu air ini memang kaya akan air.

Nah, jambu air ini memiliki kadar air sekitar 93 persen, sehingga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi serta menjaga suhu tubuh saat udara panas.

4. Atasi Peradangan

Manfaat buah jambu air yang mengandung senyawa flavonoid ini memiliki dapat mengatasi peradangan.

Adanya kandungan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan yang dihasilkan oleh jambu air ini mengantisipasi peradangan (inflamasi) yang biasanya menjadi cikal bakal penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Mengatasi Gangguan Fungsi Hati

Manfaat buah jambu air seperti daun juga bisa mengatasi gangguan fungsi organ hati.

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Gujarat Ayurveda University menemukan fakta bahwa ekstrak daun jambu air mengandung zat yang dapat melindungi hati dari sejumlah penyakit potensial yang mengancam organ tersebut.

6. Cegah Kram Otot

Sementara itu, kandungan mineral potasium pada jambu merah ini diklaim efektif untuk mencegah maupun mengatasi masalah otot seperti kram otot.

Diketahui bahwasanya otot yang sering mengalami kram merupakan imbas dari kurangnya asupan potasium ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah jambu air agar otot semakin kuat dan juga tidak mudah kram saat melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

7. Tingkatkan Kadar Kolestrol Baik

Mengonsumsi jambu merah ini secara rutin dapat meningkatkan kadar lemak HDL atau kolesterol ‘baik’ yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Khasiat jambu air yang satu ini tak lepas dari adanya kandungan niacin di dalamnya.

Niacin, menurut sejumlah penelitian, efektif untuk meningkatkan kadar lemak HDL dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

8. Cegah Stroke

Adanya kandungan vitamin C pada jambu buah air juga kemungkinan bisa membantu meminimalisir risiko terkena penyakit stroke.

Pasalnya, sebuah studi yang dirilis oleh Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta jika konsentrasi vitamin C pada darah yang cukup tinggi efektif menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 42 persen.

Akan tetapi, apakah fakta tersebut lantas menjadikan buah jambu air juga efektif untuk mencegah stroke belum dapat dipastikan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

Baca Juga: Siapa Sangka! Ini 5 Manfaat Jambu Biji Bagi Tubuh Moms dan Keluarga!

Manfaat Buah Jambu Monyet

Jambu Monyet.jpg

Foto: Orami Photo Stock

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Karena tingkat lutein dan zeaxanthin yang tinggi, buah jambu monyet adalah makanan yang sangat baik untuk mata.

Buah ini sangat efektif dalam mempromosikan kesehatan mata dan juga mencegah mata Anda dari kerusakan akibat radiasi berbahaya sinar matahari dan juga menurunkan kejadian katarak.

2. Mencegah Anemia

Manfaat buah jambu monyet adalah sumber zat besi yang baik yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga membantu memperkuat sistem kekebalan dan fungsi enzim.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti anemia, peningkatan aksesibilitas terhadap infeksi, kelelahan, dan peningkatan risiko sakit.

Makan jambu monyet membantu mencegah gangguan kesehatan karena adanya zat besi di dalamnya.

3. Kesehatan Kulit

Sementara vitamin C diketahui meningkatkan sintesis kolagen dalam tubuh, tembaga adalah mineral yang terlibat dalam pemeliharaan kolagen dan elastin.

Ini penting, karena kekurangan mineral ini dapat menyebabkan kulit kendur secara dini. Pastikan mengonsumsi makanan tinggi vitamin c bersama dengan buah jambu monyet untuk kulit tampak awet muda.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi jambu monyet secara teratur dan teratur dapat membantu menurunkan kolesterol di jantung kita dan penumpukan lemak yang mengarah pada pengelolaan berat badan.

Mereka memiliki jumlah serat makanan yang tinggi dan kepadatan energi yang tinggi yang penting untuk menurunkan berat badan hanya jika dimakan dalam jumlah sedang.

5. Antioksidan

Penelitian telah menunjukkan bahwa cairan kulit jambu monyet yang belum matang merupakan sumber fenol rantai panjang tak jenuh dan berperan penting dalam melindungi DNA dari kerusakan oksidatif.

Manfaat buah jambu monyet yaitu memiliki kandungan antioksidan tertentu yang melindungi tubuh dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh molekul berbahaya.

Ekstrak jambu monyet mengandung asam anarcardic yang merupakan antioksidan dan telah terbukti dapat membatasi efek pigmentasi dari penuaan dan juga membasmi sel kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat buah jambu monyet yang mengandung magnesium bisa membantu menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan dan organ penting lainnya.

Mengkonsumsi buah jambu monyet secara konstan sangat penting untuk perkembangan tulang yang sehat karena adanya fosfor yang berperan baik dalam membuat tulang kita sehat, penyerapan karbohidrat dan lemak yang cukup serta meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan.

7. Nutrisi Kesuburan

Ini bisa menjadi alasan utama mengapa pria harus makan buah jambu monyet karena kaya akan seng.

Mineral ini sangat penting untuk dijaga dalam tubuh jika ingin meningkatkan kesuburan. Ini juga terjadi pada wanita, tidak hanya pria.

Namun, penting untuk dicatat bahwa jus buah jambu monyet sekarang bermunculan dalam formula herbal yang dirancang untuk meningkatkan energi dan fungsi seksual.

Makan buah jambu monyet baik untuk pria tidak hanya karena meningkatkan kesuburan, tetapi juga karena membantu menjaga kehidupan seks yang baik dengan menghasilkan ereksi.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat buah jambu baik jambu biji, jambu air, dan jambu monyet, tidak ada salahnya memasukkan ke dalam menu harian.

Namun, bila ragu jangan lupa untuk dikonsultasikan kepada dokter untuk lebih lengkapnya, Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait