Kesehatan

18 Juni 2021

4 Penyebab Bisul di Ketiak dan Cara Penyembuhannya

Bisul di ketiak bisa sangat mengganggu. Namun apakah kondisi ini bisa membahayakan?
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Bisul di ketiak sering kali mengganggu. Terlebih hal tersebut bisa membuat kita merasa tidak nyaman.

Bisul di ketiak sendiri adalah benjolan di kulit yang berisi nanah dan kerap membuat kita merasa kesakitan. Namun apakah bisul di ketiak berbahaya?

Dilansir dari National Health Service, tekstur bisul di ketiak sendiri biasanya keras ketika disentuh. Namun, kondisi ini biasanya akan pergi atau sembuh dengan sendirinya.

Bisul atau yang juga dikenal sebagai furunkel disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut atau kelenjar minyak.

Infeksi sendiri biasanya melibatkan bakteri yang bernama staphylococcus aureus yang menumpuk dalam bentuk nanah serta kulit mati.

Area yang dihinggapi bakteri ini akan menjadi merah dan terangkat. Serta perlahan akan tumbuh ketika nanah hadir.

Lalu bagaimana sih gejala yang akan dirasakan ketika kondisi ini terjadi? Yuk simak selengkapnya mengenai gejala, penyebab dan cara penyembuhan bisul di ketiak berikut ini!

Baca Juga: Bisul Pada Anak: Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya Di Sini!

Gejala Bisul di Ketiak

bisul di ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Bisul di ketiak terjadi ketika infeksi bakteri terjadi di folikel rambut. Infeksi tersebut bisa memengaruhi folikel rambut dan jaringan di sekitarnya.

Infeksi bakteri menyebabkan ruang kosong di sekitar folikel yang berisi nanah. Jika area infeksi meningkat di folikel rambut, bisul akan membesar.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Boils and Carbuncles: Overview, bisul biasanya sakit dengan ukuran yang bervariasi. Ukuran bisul sendiri bisa sangat kecil hingga sebesar walnut.

Gejala bisul sendiri meliputi;

  • Kulit jadi memerah atau ada benjolan berwarna pink
  • Rasa sakit di bisul atau area di sekitarnya
  • Terdapat nanah yang ada di sekita bisul
  • Demam
  • Tidak enak badan
  • Terasa gatal dia bisul atau area sekitar benjolan bisul

Nah, kita sudah mengetahui apa itu bisul dan apa saja gejala yang akan hadir ketika kita memiliki bisul di ketiak. Namun apa sih penyebab bisul? Yuk ketahui apa yang menyebabkan bisul di ketiak!

Baca Juga: 3+ Makanan Penyebab Bisul, Cari Tahu Juga Cara Mengatasinya!

Penyebab Bisul di Ketiak

bisul di ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Meski bisul sendiri bisa membuat tidak nyaman dan tak sedap dipandang, namun sebagian besar bisul di ketiak tidak mengancam jiwa. Tak hanya itu, bisul di ketiak pun bisa terbuka dan mengering dengan sendirinya dalam waktu 1 hingga 2 minggu.

Jika bisul di ketiak Moms tidak membaik dalam waktu 2 minggu, Moms sebaiknya menemui dokter untuk berkonsultasi atau mungkin dilakukan penindakan.

Ketika bisul di ketiak tidak juga mengering atau mengempis, mungkin bisul tersebut perlu ditusuk dengan pembedahan.

Lalu apa saja penyebab bisul di ketiak? Ini dia!

1. Mencukur Bulu Ketiak

bisul di ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau kebiasaan mencukur bulu ketiak justru bisa menjadi salah satu penyebab hadirnya bisul di ketiak? Namun tenang saja, bisul hanya bisa datang ketika Moms mencukur ketiak dengan cara yang tak tepat.

Kebiasaan mencukur ketiak yang tidak benar atau saat Moms menggunakan pisau cukur yang kotor membuat potensi terjangkit iritasi dan luka di ketiak menjadi semakin besar.

Nah ketika iritasi dan luka hadir, bakteri bisa menjadi lebih mudah masuk ke bawah permukaan kulit. Kondisi tersebut pun bisa membuat infeksi dan munculnya bisul di ketiak, Moms!

2. Keringat yang Berlebihan

bisul di ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu penyebab hadirnya bisul di ketiak adalah karena keringat yang berlebihan. Hal tersebut bisa dilakukan karena bisul di ketiak bisa dipicu oleh cuaca panas atau aktivitas fisik yang menimbulkan keringat berlebih.

Jadi, ketika Moms tidak membersihkan tubuh dengan benar usai berkeringat, hal tersebut bisa memicu timbulnya bisul di area ketiak. Harap berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan kebersihan ya, Moms!

3. Tidak Menjaga Kebersihan dengan Baik

bisul di ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Healthline, tidak menjaga kebersihan dengan baik juga bisa menjadi salah satu penyebab bisul timbul di area ketiak nih, Moms.

Untuk menghindarinya, Moms bisa membersihkan ketiak secara teratur setiap mandi. Kulit mati bisa berkontribusi besar dalam perkembangan bakteri sehingga bisa menimbulkan bisul dan atau jerawat.

4. Sitem Imun yang Lemah

bisul di ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki sistem imun yang lemah, tubuh Moms mungkin tidak akan terlalu efektif untuk memela diri ketika infeksi bakteri menyerang.

Bisul sendiri sangat umum diderita ketika aseseorang memiliki diabetes mellitus, kanker, eksim dan juga alergi.

Perlu diingat bahwa bisul bisa pergi dengan sendirinya dalam waktu yang relatif singkat, yakni 1-2 minggu tanpa dilakukan pengobatan.

Namun ketika bisul di ketiak sendiri disebabkan kanker, tubuh kita bisa merasakan gejala lain seperti pembengkakan di area kelenjar getah bening, penurunan berat badan tanpa ada alasan yang jelas atau munculnya benjolan di ketiak.

Bisul pun memiliki ukuran yang beraneka ragam. Ketika bisul di ketiak cukup parah, kondisi tersebut bisa meninggalkan bekas luka atau flek hitam.

Tidak betah dengan bisul di ketiak dan ingin segera mengobatinya? Yuk ketahui caranya di sini!

Cara Mengobati Bisul di Ketiak

bisul di ketiak

Foto: Orami Photo Stock

Bisul di ketiak memang jarang sekali memerlukan penanganan medis karena bisa disembuhkan dengan perawatan yang sederhana di rumah.

Beberapa hal yang bias Moms lakukan untuk menyembuhkan bisul di ketiak adalah;

  • Jangan pecahkan bisul karena bisa membuat lebih banyak bakteri yang masuk ke dalam kulit kita
  • Bersihkan dan juga kompres area yang memiliki bisul selama 20 menit. Gunakan air hangat untuk mengompresnya dan kembali ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam 1 hari untuk meredakan rasa sakitnya
  • Ketika bisul pecah dengan sendirihnya, Moms perlu siap siaga untuk membersihkan nanah dengankain kasa yang steril dan juga air hangat
  • Jangan lupa untuk mengoleskan salep antibiotik di area bisul sebanak 2 kali dalam 1 hari hingga bekas luka yang ditinggalkan bisul menjadi kering

Perlu diketahui moms bahwa bisul di ketiak memiliki ukuran yang besar dan keadaannya parah, sebaiknya Moms pergi ke dokter agar bisa ditangani dengan cara yang benar.

Dokter biasnaya akan mengeluarkan nanah dalam bisul dengan melakukan prosedur operasi kecil. Setelahnya Moms akandiberikan obat berupa antibiotik berupa salep atau obat yang bisa diminum.

Meski tergolong tidak membahayakan dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika bisul di ketiak semakin besar dan disertai demam dan tak kunjung sembuh atau mungkin sering timbul, maka Moms perlu langsung memeriksakan ke dokter, ya!

Dokter akan mencari tahu penyebab bisul di ketiak yang tak kunjung sembuh atau sering kembali tersebut dan menghilangkannya. Yuk jaga kesehatan diri kita selalu, Moms!

  • https://www.nhs.uk/conditions/boils/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK513141/
  • healthline.com/health/boils-under-arm#causes
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait