Kesehatan

KESEHATAN
8 Oktober 2020

11 Manfaat Buah Pisang, Moms Sudah Tahu Semua?

Kaya nutrisi, berikut ini manfaat buah pisang untuk kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Pisang adalah salah satu buah dengan cita rasa yang enak dan mengenyangkan. Tidak mengherankan, pisang yang berukuran sedang mengandung 105 kalori. Dilihat dari kandungan nutrisinya, pisang bermanfaat untuk kesehatan.

Pisang juga buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil hingga bayi yang sudah mendapatkan MPASI. Berbagai varian resep makanan juga bisa kamu dapatkan melalui pisang.

Moms mungkin bertanya-tanya, apa saja manfaat tak terduga dari pisang? Nah, berikut ini manfaat buah pisang yang perlu dipahami.

Baca Juga: Resep Smoothie Strawberry dan Pisang

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

kandungan buah pisang

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Human Health Effects of Fruits and Vegetables, secara umum pisang merupakan sumber vitamin K, magnesium, protein, dan mangan yang baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin A dalam pisang memang tidak sebesar buah-buahan lainnya. Meski begitu, ada beberapa kandungan penting dalam buah pisang yang harus Moms pahami, yaitu:

1. Potasium

Pisang sudah dikenal menjadi buah yang kaya kandungan potasiumnya. Potasium adalah elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh, yang mana dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah pisang juga mengandung natrium yang rendah sehingga membantu melindungi sistem kardiovaskular dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Dilansir dari laman Medical News Today, kandungan potasium dalam pisang juga mampu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal seiring bertambahnya usia.

2. Vitamin B6

Manfaat buah pisang juga merupakan salah satu sumber vitamin B6 terbaik yang mudah diserap oleh tubuh.

Vitamin B6 membantu produksi sel darah merah, metabolisme karbohidrat dan lemak jadi energi, metabolisme asam amino, melenyapkan kimia berbahaya dari hati dan ginjal, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

3. Flavonoid

Ada beberapa flavonoid yang bisa didapatkan dari pisang, yaitu quercetin, myricetin, kaempferol, dan cyanidin yang sama-sama memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Sebenarnya, apa sih gunanya flavonoid untuk tubuh?

Nah, flavonoid, baik yang terdapat dalam buah-buahan atau sayuran bertugas sebagai penangkal radikal bebas. Artinya, flavonoid dapat menunjukkan aktivitas antiinflamasi, antialergi, dan antioksidan dalam tubuh.

Hasilnya, manfaat buah pisang dapat menjadikan daya tahan tubuh lebih terjaga dan terhindar dari berbagai infeksi penyakit.

Baca Juga: Diet Tinggi Serat Turunkan Peluang Risiko Terkena Kanker Payudara

4. Serat

Bukan rahasia lagi kalau pisang merupakan buah-buahan yang berserat tinggi. WebMD mengungkapkan, satu buah pisang matang rata-rata memberikan 3 gram kandungan serat, yang mana itu sekitar 10 persen dari jumlah kebutuhan setiap harinya.

Sebagian serat dalam pisang disebut serat larut yang dapat membantu mengendalikan kolesterol dan tekanan darah, melancarkan pencernaan, serta membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Bisa dikatakan, buah-buahan ini berserat tinggi dan dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat tanpa kalori yang ekstra.

Tahukah Moms, kalau pisang hijau mengandung zat yang disebut pati resisten. Artinya, zat ini bertindak seperti serat tidak larut, yang membantu menjaga usus agar bekerja dengan sebaik mungkin. Pati resisten juga dapat menurunkan gula darah dalam tubuh.

Melihat begitu banyak kandungan baik dalam buah pisang, tidak mengherankan kalau buah satu ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak.

Baca Juga: Resep Nagasari, Kue Tradisional Berbahan Pisang

Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Bumil ingin makan pisang? Tentu saja boleh, karena buah ini memiliki banyak nutrisi untuk tubuh.

Namun, hindari makan pisang yang masih mentah, ya, Moms. Pisang yang mentah dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan ibu hamil rentan mengalami gangguan dalam pencernaan.

Mengapa demikian?

“Pisang mentah memiliki indeks glikemik rendah karena memiliki pati resisten yang tidak mudah dicerna. Jadi, jenis pisang ini sebenarnya lebih baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Namun, pisang yang mentah menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan pada seseorang yang memiliki pencernaan yang lemah,” ungkap Dr. Pooja Malhotra, ahli gizi dari New Jersey Health System.

Nah, Moms bisa mengonsumsi pisang yang matang sambil mendapatkan berbagai manfaat buah pisang yang penting untuk perkembangan janin dan kesehatan Moms sendiri, yaitu:

1. Penting untuk Perkembangan Otak Janin

penting untuk perkembangan otak janin

Foto: Orami Photo Stock

Studi yang diungkapkan dalam The Board of Trustees of the University of Illinois, selama kehamilan penting sekali untuk menjaga asam folat melalui makanan, minuman, atau tambahan suplemen.

Nah, manfaat buah pisang merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat. Kandungan ini penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang.

Kekurangan asam folat bisa meningkatkan risiko cacat bawaan dan kelahiran prematur. Untuk itu, sebaiknya Moms mendapatkan asupan asam folat yang cukup, bahkan bisa dimulai sejak memulai program hamil.

2. Meredakan Morning Sickness

meredakan morning sickness

Foto: Orami Photo Stock

Morning sickness biasanya dialami Moms saat trimester awal. Biasanya, Moms akan sulit untuk menerima asupan makanan karena rasa mual dan muntah yang mengganggu.

Namun, asupan nutrisi yang diterima dalam tubuh harus tetap terpenuh. Sebab, trimester pertama kehamilan penting untuk pembentukan organ janin.

Lantas, bagaimana caranya memenuhi asupan nutrisi meskipun mengalami rasa mual saat mengalami morning sickness? Moms bisa mengonsumsi pisang. Manfaat buah pisang ternyata mampu meredakan gejala morning sickness agar tidak semakin parah.

Hal ini karena pisang mengandung vitamin B6 yang baik untuk meredakan gejala morning sickness. Di samping itu, pastikan Moms selalu mencukupi hidrasi tubuh dengan air putih, ya!

3. Mencegah Terjadinya Sembelit

mencegah terjadinya sembelit

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil rentan mengalami sembelit. Menurut American Pregnancy Association, sembelit pada wanita hamil diperkirakan terjadi karena hormon yang mengendurkan otot usus dan tekanan dari rahim yang membesar di usus.

Nah, relaksasi otot usus ini menyebabkan makanan bergerak lebih lambat sehingga terjadinya sembelit.

Salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya sembelit saat hamil adalah mendapatkan asupan serat yang cukup dalam tubuh. Serat dari pisang, bersama dengan potasium, mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan melawan sembelit.

Selain itu, manfaat buah pisang merupakan sumber pektin yang mampu meningkatkan proses pencernaan dalam tubuh.

4. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

mencegah anemia defisiensi besi

Foto: Orami Photo Stock

Anemia yang sering terjadi pada ibu hamil adalah anemia defisiensi besi. Hal ini terjadi karena Moms membutuhkan lebih banyak zat besi dari kebutuhan harian biasanya.

Mayo Clinic menyebutkan, ibu hamil perlu mendapatkan asupan zat besi dua kali lipat daripada ibu yang tidak hamil.

“Selama masa kehamilan, tubuh memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang. Untuk itu, pentingnya asupan zat besi saat hamil,” ungkap dr. Iwinosa Ehigiator, ginekolog di Estate Clinic, Benin.

Moms bisa mengonsumsi buah pisang untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.

Manfaat buah pisang mengandung zat besi setidaknya 3 persen dari total kandungan vitaminnya sehingga mampu membantu untuk menghasilkan hemoglobin dan selanjutnya mencegah anemia saat kehamilan.

5. Kaya Antioksidan

kaya antioksidan

Foto: Orami Photo Stock

Selama kehamilan, penting sekali bagi Moms untuk mendapatkan asupan makanan dan minuman yang kaya antioksidan.

Menurut studi dari North Dakota State University, manfaat buah pisang kaya vitamin C dan merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Lalu, apa sebenarnya gunanya antioksidan untuk ibu hamil? Antioksidan ini membantu melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh dan memberikan perlindungan dari kerusakan sel.

Perlu dipahami, sistem kekebalan tubuh Moms selama hamil bisa melemah, untuk itu diperlukan antioksidan agar menangkal terjadinya berbagai infeksi penyakit.

6. Meredakan Tingkat Stres

meredakan tingkat stres

Foto: Orami Photo Stock

Tidak dapat dipungkiri, banyak ibu hamil yang mengalami stres saat hamil. Pemicunya bisa banyak hal, seperti hormon yang berubah drastis, rasa khawatir terhadap perkembangan janin, takut persalinan, dan sebagainya.

Ada banyak cara untuk mengelola stres, seperti menerapkan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga atau relaksasi. Nah, ternyata stres ini dapat diatasi dan dicegah apabila Moms mengonsumsi buah pisang secara rutin.

Diungkapkan juga melalui studi NC State University, manfaat buah pisang baik untuk menurunkan tingkat kecemasan saat masa kehamilan.

Fenolat dalam pisang dapat berperan penting untuk mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan mampu melindungi sel neuron dari neurotoksisitas yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah keadaan ketika jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas untuk dinetralkan.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Pontianak dengan Kremes Crispy

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Manfaat buah pisang tidak hanya dapat diterima oleh ibu hamil, namun kesehatan tubuh pada siapa saja dan tidak tergantung pada usia. Baik orang dewasa maupun anak-anak, masing-masing bisa mendapatkan manfaat yang beragam dari buah pisang.

Nah, berikut ini manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh, yaitu:

7. Menambah Energi

menambah energi

Foto: Orami Photo Stock

Merasa lapar di siang hari dan belum sempat untuk makan besar? Moms bisa makan buah pisang dulu untuk mengembalikan energi yang hilang.

Pisang memiliki kombinasi karbohidrat kompleks, asam amino, gula alami, dan mineral lain yang mampu meningkatkan energi alami. Maka dari itu, manfaat buah pisang juga cocok untuk dikonsumsi usai Moms berolahraga.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

meningkatkan kualitas tidur

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms punya masalah kesulitan tidur di malam hari? Jangan dibiarkan karena kebiasaan ini bisa menyebabkan insomnia yang dapat merugikan kesehatan tubuh.

Untuk itu, cobalah makan pisang sebelum waktu tidur. Kandungan potasium dan magnesium dalam pisang dapat membantu mengendurkan otot dan meningkatkan kualitas tidur. Ini menjadi manfaat buah pisang lain yang hebat!

9. Baik untuk Kesehatan Kulit

menjaga kesehatan kulit

Foto: Orami Photo Stock

Selain merawat kulit dengan memakai produk perawatan yang tepat, Moms juga perlu memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ternyata, kandungan mangan pada pisang baik untuk kesehatan kulit. Mangan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen dan melindungi kulit serta sel lainnya dari radikal bebas.

Baca Juga: 5 Makanan Yang Lebih Tinggi Potassiumnya dari Pisang

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

membantu menurunkan berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah pisang membantu menurunkan berat badan karena dapat mengontrol nafsu makan dan mengganti gula olahan. Jadi, bukan berarti Moms hanya makan pisang agar berat badannya bisa turun. Tentunya, Moms tetap membutuhkan nutrisi lainnya.

Namun, pisang merupakan buah-buahan yang memiliki nutrisi seimbang dan serat yang tinggi sehingga baik untuk dijadikan cemilan sehat.

Mengonsumsi pisang akan mencegah Moms untuk menikmati cemilan yang tidak sehat seperti makanan manis atau asin.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

menjaga kesehatan jantung

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian dari University of Leeds, Inggris mengungkapkan bahwa konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Selain itu, pisang juga mampu mencegah tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat buah pisang yang bisa didapatkan dari rutin makan pisang.

Selain mengonsumsinya secara utuh, pisang juga sering disajikan bersama oatmeal, roti gandum, atau dijadikan puding agar variasinya lebih menarik. Selamat mencoba, Moms.

Artikel Terkait