Kesehatan

26 Agustus 2021

7 Manfaat Bunga Kitolod untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Bunga kitolod bisa mengobati penyakit mata
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Jika mendengar kata gulma, Moms mungkin akan berpikir kalau ini adalah pengganggu yang tumbuh secara liar. Padahal ada jenis gulma yang punya banyak manfaat seperti bunga kitolod.

Tanaman dengan batang lunak ini bisa mencapai ketinggian hingga 60 cm memiliki daun tunggal runcing dengan pangkal yang menyempit. Tepi daun memiliki daun bergerigi dan melekuk dengan panjang 5 hingga 17 cm berwarna hijau.

Bunga kitolod berbentuk tunggal, tegak, bertangkai panjang, keluar dari ketiak daun, mahkotanya berbentuk bintang, dan berwarna putih.

Baca juga: Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Tak Disangka!

Manfaat Bunga Kitolod

manfaat Bunga Kitolod

Foto: instagram.com/maslindu69

Mengutip repository.ipb.ac.id daun dan bunga Kitolod yang memeiliki nama latin Laurentia longiflora (L). Peterm telah digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional untuk mengobati gangguan mata merah.

Selain itu, masih banyak manfaat bunga kitolod lain yang perlu diketahui lho Moms. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengatasi Iritasi Mata

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bunga kitolod dapat mengobati iritasi pada mata. Bahkan, hal ini sudah dilakukan masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun lalu dan menjadi salah bahan untuk pengobatan herbal.

Untuk mendapatkan manfaat bunga kitolod ini cukup mudah. Moms hanya perlu mengambil kuntum bunga hingga ke pangkal tangkainya. Setelah itu, rendam tangkai bunga pada air bersih hingga beberapa menit.

Kemudian ambil beberapa teteskan air campuran tersebut ke mata yang terkena iritasi. Jika bekerja dengan baik, Moms mungkin akan merasa perih di awal. Namun, lama kelamaan akan hilang. Untuk hasil yang efektif, ulangi pengobatan ini sebanyak tiga hari sekali hingga iritasi pada mata hilang.

2. Mengobati Katarak

Mengutip National Center of Biotechnology Information katarak adalah kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh. Hal ini menyebabkan penglihatan memburuk hingga mungkin dapat kehilangan penglihatan. Kondisi ini biasanya dialami oleh Moms yang berusia di atas 50 tahun.

Gangguan mata katarak ternyata bisa diobati dengan bunga kitolod lho Moms. Untuk mendapatkan khasiatnya Moms cukup ambil selembar daun kitolod kemudian haluskan dan peras untuk mengeluarkan airnya.

Selanjutnya, campurkan sari daun kitolod dengan 5 sendok makan air bersih. Oleskan ke mata yang mengalami katarak. Lakukan secara berulang sesuai batasan normal ya Moms.

3. Membantu Pengobatan Kanker

Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada menjelaskan senyawa alkaloid pada tanaman kitolod memililki sifat anti kanker. Tidak heran kalau banyak yang menggunakan tanaman ini sebagai bahan obat herbal untuk pengobatan kanker.

Bagian yang dianggap dapat membanti pengobatan kanker adalah daun bunga kitolod. Caranya, rebus 3 lembar daun kitolod yang masih segar dan menempel pada batang dengan 5 gelas air bersih. Tunggu hingga air berkurang dan menjadi satu gelas.

Minum air rebusan kitolod satu kali sehari. Untuk hasil yang maksimal, Moms harus menghabiskannya ya walaupun rasanya yang tidak enak.

Baca juga: 11+ Manfaat Bunga Telang, Bisa Obati Asma dan Lancarkan Menstruasi!

4. Antibiotik Alami

Saat mengalami luka kecil atau lecet, Moms dapat mengobatinya menggunakan daun bunga kitolod. Karena kandungannya dapat dijadikan antibiotik alami untuk mencegah infeksi pada luka.

Cara mendapatkan manfaatnya, Moms hanya perlu menumbuk daunnya hingga halus kemudian tempelkan ke bagian luka. Namun, ramuan ini tidak disarankan untuk luka yang dalam. Karena jika sisa daun tertinggal akan menyebabkan infeksi yang lebih parah.

5. Mengobati Asma

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran udara. Gejala asma termasuk sesak napas, batuk, dan mengi. Ini biasanya muncul di masa kanak-kanak dan biasanya dikaitkan dengan kondisi seperti eksim dan demam.

Masalah kesehatan ini ternyata dapat diatasi dengan ramuan dari bunga kitolod. Caranya ambil 2–3 lembar daun kitolod lalu rebus dengan air bersih hingga mendidih. Setelah itu saring air rebusan daun kitolod lalu minum 2 kali sehari saat asma sedang kambuh.

6. Menyembuhkan Radang Tenggorkan

Secara tradisional, bunga kitolod juga sering dijadikan obat radang tenggorokan lho Moms. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya Moms sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya efek samping saat mengkonsumsinya.

Untuk mendapatkan manfaat bunga kitolod, Moms hanya perlu merebis tiga lembar daunnya dengan lima gelas air. Kemudian didihkan hingga airnya berkurang sampai tersisa satu gelas.

7. Menyembuhkan Sakit Gigi

Manfaat bunga kitolod lainnya adalah menyembuhkan sakit gigi. Sudah sejak lama daun bunga kitolod dijadikan sebagai obat sakit gigi secara tradisional lho Moms.

Ambil 2 lembar daun kitolod kemudian tumbuk hingga halus, setelah itu masukkan di lubang gigi yang sakit. Cara ini dinilai efektif untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Lakukan pengobatan ini jika Moms mengalami rasa nyeri karena sakit gigi.

Baca juga: 16 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan dan Kesehatan

Efek Samping Bunga Kitolod

efek samping Bunga Kitolod

Foto: instagram.com/riskiislamiyah

Walaupun memiliki banyak manfaat, tetapi ada juga efek samping dari bunga kitolod lho Moms. Berikut penjelasannya.

1. Menyebabkan Kebutaan

Bunga kitolod disebut ampuh untuk mengobati gangguan mata, tetapi juga dapat memberikan efek samping dengan penglihatan. Penggunaan yang berlebihan pada mata dapat menyebabkan iritasi hingga kebutaan.

Apalagi jika hal ini digunakan secara berulang-ulang dalam waktu berdektan atau setelah kondisi mata mulai membaik. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya Moms segera menemui dokter unutk konsultasi ya.

2. Menyebabkan Mata Kering

Efek samping bunga kitolod adalah membuat perih mata setelah menggunakannya. Pada dasarnya, memang bunga kitolod bisa dijadikan obat untuk mengobati sakit mata atau infeksi mata.

Rasa perih di mata tidak dapat terhindarkan saat menggunakan bunga kitolod sebagai obat mata. Hal ini mungkin juga terjadi saat Moms menggunakan obat mata kemasan dengan bahan dasar bunga kitolod.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya Moms segera berkonsultasi ke dokter agar tidak menyebabkan infeksi berlebihan ya.

3. Tidak Digunakan untuk Pengobatan Utama

Mungkin banyak Moms menjadikan bunga kitolod sebagai pengobatan, tetapi tidak disarankan sebagai pengobatan utama ya Moms.

Karena akan ada dampak negatif yang mungkin akan muncul jika ramuan ini terlalu sering. Jadi ramuan kitolod tidak disarankan sebagai pengobatan utama berbagai penyakit termasuk gangguan mata.

Baca juga: 10 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kecantikan dan Kesehatan, Simak!

4. Membuat Mulut Menjadi Kesat

Saat menggunakan bunga kitolod sebagai pengobatan sakit gigi, Moms mungkin akan mengalami mulut menjadi kesat. Hal ini memang biasanya terjadi karena getah yang dihasilkan oleh bunga kitolod memang cukup kuat sehingga membuat mulut menjadi kering.

Kondisi mulut kering seperti ini dapat memicu bakteri berkembang biak, bahkan bisa menimbulkan sariawan. Getah yang kuat dari bunga kitolod bahkan akan terasa bahkan setelah diolah.

5. Tenggorokan Kering

Efek samping dari bunga kitolod lainnya adalah membuat tenggorokan menjadi kering. Jadi saat Moms menggunakan ramuan ini sebagai obat radang tenggorokan akan merasa kering.

Solusi untuk tenggorokan yang kering karena meminum air rebusan bunga kitolod adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan air seperti semangka.

Baca juga: 10 Manfaat Bunga Teratai, dari Kesehatan hingga Kecantikan

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan efek samping bunga kitolod. Semoga bermanfaat ya.

  • https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/
  • https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56297
  • https://www.ugm.ac.id/en/news/16404-kitolod-flower-as-eye-pain-medication
  • https://steemit.com/homesteading/@zuraini/benefits-of-kitolod-flowers-or-jangar-flowers-for-your-eye-health-2017109t233022538z
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait