Kesehatan

KESEHATAN
29 November 2020

Sedang Tren, Ini 7 Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan

Kini menjadi tren, sebenarnya apa manfaat clover honey untuk kesehatan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Sudah sejak lama, madu dikenal bermanfaat untuk kesehatan. Madu juga mampu menjadi pengobatan alami karena memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Madu dapat menjadi sumber fruktosa yang lebih aman daripada karbohidrat olahan lainnya.

Kini, ada bentuk madu lainnya yang menjadi perhatian dan banyak disukai oleh orang, yaitu clover honey.

Clover honey dibuat oleh lebah yang memberi makan terutama pada nektar tanaman semanggi (clover). Clover honey dikenal lebih tahan lama dan tahan terhadap berbagai cuaca.

Baca Juga: Jangan Memberikan Madu pada Bayi, Ini Alasannya!

Rasanya lembut dan lebih kompleks mendekati gula. Kalori yang terkandung dalam madu setidaknya 64 kalori per sendok makan, yang sebagian besar berasal dari gula.

Manfaat Clover Honey

Lantas, apa saja manfaat clover honey untuk kesehatan seseorang? Ini ulasannya!

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh.jpg

Foto: healthline.com

Clover honey menjadi madu yang kaya antioksidan, yaitu senyawa yang dapat mencegah atau mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Hal ini yang membuat clover honey bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah terjadinya berbagai serangan penyakit pada tubuh seseorang.

Dilansir dari Journal of Radiation Research and Applied Sciences, dalam sebuah penelitian, ekstrak dari clover honey mampu membalikkan kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini terjadi kemungkinan karena kapasitas antioksidan ekstrak tersebut.

Selain itu, clover honey juga mengandung flavonoid antiinflamasi dan antioksidan asam fenolik yang tinggi.

Flavonoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, sedangkan asam fenolik memperkuat sistem saraf pusat seseorang.

2. Mengatur Tekanan Darah

Mengatur Tekanan Darah.jpg

Foto: wisegeek.com

Apabila Moms mempunyai masalah tekanan darah yang tinggi, mungkin ada baiknya mulai sekarang untuk mencoba clover honey.

Asupan harian 1-2 sendok clover honey yang dicampur dengan teh setiap pagi hari membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat dari clover honey untuk mengatur tekanan darah akan semakin efektif apabila dibarengi dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

Ya, clover honey juga bisa dicampurkan bersama minuman atau makanan sehat lainnya untuk menambah cita rasanya. Namun, tetap perhatikan jumlah asupannya setiap hari, ya, Moms.

Dilansir dari laman Live Strong, meskipun madu mungkin memberikan manfaat, seperti gula lainnya, terlalu banyak mengandungnya dalam makanan dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Sebaiknya, tetap ikuti rekomendasi dari American Heart Association, yang menyarankan wanita untuk membatasi asupan gula tambahan, termasuk madu, tidak lebih dari 100 kalori per hari. Sementara itu, pria tidak boleh makan lebih dari 150 kalori dari gula tambahan.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat

3. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat clover honey untuk wajah bisa didapatkan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Antioksidan yang ditemukan dalam clover honey mampu menjaga sel-sel sehat dan melindungi dari kerusakan komponen sel kulit.

Selain itu, clover honey juga memiliki sifat antiinflamasi, yang artinya mampu mengurangi efek penuaan sel yang membengkak.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi clover honey untuk mendapatkan kulit yang tetap terjaga elastisitasnya dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Masalah kulit memang menjadi topik yang cukup sensitif bagi sebagian besar wanita, ya, Moms?

Cara lainnya untuk mencegah terjadinya penuaan dini dengan memakai sunscreen setiap hari.

Gunakan sunscreen dengan tingkat SPF minimal 30 atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Jangan hanya di wajah saja, gunakan sunscreen secara merata di leher, tangan, dan kaki. Oleskan juga pada bagian-bagian kulit yang rentan menunjukkan penuaan dini.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Translational Biomedicine Journal, ada sejumlah studi penelitian yang menunjukkan keefektifannya untuk mempercepat proses penyembuhan luka. \Hal ini karena sifat antibakteri dari clover honey yang mampu menyembuhkan luka.

Menurut Jennifer Eddy dari Klinik Kedokteran Keluarga Eau Claire dari University of Wisconsin Health, tiga serangan terpisah dari madu semanggi mencegah pertumbuhan bakteri.

Hal ini memiliki kadar air rendah dan pH asam. Kehadiran kalium, zat besi, tembaga dan vitamin C dalam clover honey juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Hal ini membantu mengobati bakteri resisten antibiotik.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi clover honey sebagai salah satu cara alami membantu proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Kenapa Bekas Luka Terasa Gatal? Pertanda Luka Mau Sembuh?

5. Baik sebagai Menu Diet

Baik sebagai Menu Diet.jpg

Foto: diethive.com

Apakah clover honey dapat membantu menurunkan berat badan? Sayangnya, sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiah yang membenarkan bahwa clover honey dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebab, kalori yang terkandung dalam clover honey juga cukup besar apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

Namun, hal yang bisa dipahami adalah clover honey bisa dimasukkan ke dalam menu diet. Mengapa demikian? Manfaat clover honey untuk diet karena memiliki nutrisi yang lengkap untuk tubuh.

Moms bisa menambahkan clover honey ke dalam roti gandum atau salad yang dikonsumsi dibandingkan bahan pemanis buatan lainnya. Hal ini tentunya akan mengurangi jumlah kalori yang Moms konsumsi.

Dari segi nutrisinya, clover honey mengandung beberapa mineral, seperti zinc, tembaga, magnesium, kalium, dan mangan, serta vitamin B, vitamin C, antioksidan polifenol, hidrogen peroksida, dan kalsium tingkat tinggi.

Karena tidak ada pemrosesan dalam clover honey, sebagian besar nutrisi ini dipertahankan sepenuhnya.

6. Manfaat Clover Honey untuk Ibu Hamil

manfaat clover honey untuk ibu hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apakah ibu hamil dapat mengonsumsi clover honey? Jawabannya, tentu saja bisa. Clover honey bahkan memiliki manfaat yang beragam untuk ibu hamil.

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, clover honey kaya antioksidan sehingga mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.

Hal ini yang membuat clover honey bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat hamil. Sebab, daya tahan tubuh Moms cenderung mudah menurun saat hamil sehingga rentan untuk terserang penyakit.

Selain itu, clover honey juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk meredakan gejala flu pada ibu hamil.

Hal ini karena clover honey memiliki efek menenangkan ketika terjadi sakit pada tenggorokan.

Caranya, Moms bisa menambahkan satu sendok clover honey pada segelas teh hangat.

Manfaat clover honey untuk ibu hamil juga membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Hal ini sangat penting untuk perkembangan janin dan mencegah risiko terjadinya preeklamsia.

Sebab, preeklamsia adalah salah satu komplikasi kehamilan yang bisa terjadi karena tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Jadi, tidak ada salahnya Moms untuk mengonsumsi clever honey sebagai penambah nutrisi saat hamil.

Baca Juga: Coba Rajin Konsumsi, Ternyata Begini Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

7. Mencegah Stres Oksidatif

mencegah stres oksidatif

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, clover honey diketahui memiliki beberapa antioksidan polifenol yang kuat.

Hal ini yang membuat clover honey mampu membantu mengurangi penyakit kronis dalam tubuh.

Caranya dengan mencegah stres oksidatif dan efek negatif dari radikal bebas. Perlu Moms pahami, ada beberapa jenis penyakit yang sering dikaitkan dengan stres oksidatif, yaitu penyakit jantung, hipertensi, kanker, hingga diabetes.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

Itulah manfaat clover honey untuk kesehatan. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait