Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
28 September 2022

9 Manfaat Daun Pepaya Jepang, Menakjubkan!

Beragam kebaikan bisa kita dapatkan dari daun pepaya Jepang
9 Manfaat Daun Pepaya Jepang, Menakjubkan!

Apakah Moms sedang mencari tahu apa saja manfaat daun pepaya Jepang?

Daun pepaya merupakan jenis tanaman yang biasanya bisa dijadikan sebagai bahan untuk berbagai olahan makanan.

Hidangan yang paling umum adalah tumis dan oseng daun pepaya yang sederhana, namun rasanya luar biasa.

Akan tetapi, pernahkah Moms mendengar tentang daun pepaya Jepang atau yang juga dikenal dengan nama Chaya?

Meskipun namanya daun pepaya Jepang, nyatanya tanaman sayuran ini bisa ditemukan di Indonesia lho, meskipun cukup baru.

Berbeda dari namanya tanaman ini juga tidak berasal dari jepang, melainkan dari Meksiko.

Tanaman ini termasuk dalam superfood karena mengandung banyak nutrisi penting dan menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berdasarkan Journal of Medicinal Plants Research, daun pepaya Jepang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional karena diyakini memiliki sifat antidiabetik, antioksidan, hepatoprotektif, dan terkait hormon.

Baca Juga: 5 Resep MPASI Pepaya untuk Bayi

Manfaat Daun Pepaya Jepang

Daun pepaya Jepang adalah salah satu sayuran yang dikonsumsi oleh penduduk asli Meksiko sejak dulu. Dan mereka percaya bahwa daun ini memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Benarkah demikian? Berikut fakta manfaat daun pepaya Jepang.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

daun pepaya Jepang

Foto: daun pepaya Jepang (Orami Photo Stock)

Daun pepaya Jepang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 gram daun pepaya Jepang terdapat 6 gram protein yang bisa memenuhi 12 - 15% protein harian Moms.

Karena itu, jika Moms sedang berlatih meningkatkan massa otot, daun pepaya Jepang wajib dimasukkan ke dalam menu makanan kita.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Nyeri Otot setelah Berolahraga

2. Memperkuat Kesehatan Tulang

daun pepaya Jepang

Foto: daun pepaya Jepang (nmortho.com)

Di samping kandungan protein yang tinggi, daun ini juga memiliki kanmdungan kalsium yang tinggi.

Daun pepaya Jepang mengandung kalsium sebesar 200-330 mg/100 g yang dapat memenuhi sekitar 20-33% kebutuhan kalsium harian tubuh.

Bahkan jika dibandingkan dengan sayuran lainnya, daun pepaya Jepang memiliki kalsium paling tinggi di antara sayuran lain.

Kalsium pada daun pepaya Jepang membantu membuat tulang yang kuat, baik untuk kesehatan jantung, dan agar saraf-saraf tubuh bisa berfungsi dengan maksimal.

3. Mencegah Anemia

daun pepaya Jepang

Foto: daun pepaya Jepang (Floridasurvivalgardening.com)

Tahukah Moms , bahwa daun pepaya Jepang memiliki kandungan zat besi 100% atau dua kali lipat lebih banyak daripada daun bayam?

Tingginya zat besi yang terkandung pada daun pepaya Jepang ini dapat menambah darah dan mencegah anemia.

Baca Juga: Sebelum Terjadi, Ini 7 Cara Mencegah Anemia

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

daun pepaya Jepang

Foto: daun pepaya Jepang (Independent.co.uk)

Kandungan vitamin C yang tinggi pada daun pepaya Jepang ini mampu memperkuat daya tahan tubuh.

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang produksi sel darah putih.

5. Melancarkan Pencernaan

daun pepaya Jepang

Foto: daun pepaya Jepang (healthsupportyou.com)

Serat dari sayuran akan membuat feses yang besar lebih mudah dikeluarkan, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Pada daun pepaya Jepang ini kaya akan serat yang lebih tinggi dari pada sayur bayam.

Jika Moms memiliki masalah pencernaan, daun ini patut kita konsumsi.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

6. Menjaga Kesehatan Mata

daun pepaya Jepang

Foto: daun pepaya Jepang (chinafic.org)

Kabar baik bagi Moms yang ingin menjaga kesehatan mata.

Pasalnya daun pepaya Jepang memiliki kandungan vitamin A yang tak kalah tinggginya dengan kandungan nutrisi lain yang dikandungnya.

Pada 100 g daun pepaya Jepang, terdapat 1.357 IU vitamin A yang dapat memenuhi sekitar 27% kebutuhan vitamin A harian. Mengonsumsi vitamin A yang cukup bisa membantu mencegah penyakit mata.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

daun pepaya jepang

Foto: daun pepaya jepang (Orami Photo Stock)

Manfaat daun pepaya Jepang jika dikonsumsi secara rutin bisa mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami.

Hal ini dikarenakan di dalam daun pepaya Jepang yang sering disebut 'tree spinach' ini kaya akan kandungan vitamin C.

Pada studi yang telah dilakukan, vitamin C mempunyai peran penting dalam menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Tetapi, masih belum bisa dipastikan seberapa efektif vitamin C yang terkandung di dalam daun pepaya Jepang yang satu ini.

8. Mencegah Diabetes

daun pepaya jepang

Foto: daun pepaya jepang (Orami Photo Stock)

Manfaat daun pepaya Jepang selanjutnya adalah mencengah penyakit gula darah atau diabetes.

Studi sudah dilakukan tim peneliti dari Texas A&M University-Kingsville yang menemukan fakta bahwa daun pepaya Jepang efektif dalam menurunkan kadar gula darah.

Walaupun daun pepaya Jepang dibuktikan bisa menurunkan diabetes, namun sayangnya penelitian yang sudah dilakukan masih berupa hewan. Sehingga, harus ada studi lanjutan yang melibatkan manusia.

9. Menurunkan Risiko Kanker

daun pepaya jepang

Foto: daun pepaya jepang (pixabay.com)

Tidak ada yang menyangka kalau daun pepaya Jepang efektif meminimalisir risiko Moms dan keluarga terkena penyakit kanker.

Hal ini dikarenakan di dalam daun pepaya Jepang mengandung vitamin A yang baik dalam melawan risiko kanker.

Menurut penelitian, vitamin A yang sudah diproses tubuh dan menjadi beta-karoten, mempunyai pernana penting dalam mencegah penyakit kanker, khususnya kanker kelenjar getah benting, kanker paru-paru, dan kanker serviks.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Cara Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang

daun pepaya Jepang

Foto: daun pepaya Jepang (pinterest.com)

Sebelum mengonsumsinya, wajib tahu bahwa daun pepaya Jepang ini berasal dari kandungan senyawa beracun. Jadi tidak boleh dikonsumsi mentah.

Untungnya, cara menghilangkan racun dari daun ini cukup mudah. Cukup direbus selama 15-20 menit untuk seperti sayuran lainnya.  

Selain itu hindari penggunaan panci aluminium, karena kemungkinan reaksi beracun yang dapat menyebabkan diare.

  • https://academicjournals.org/journal/JMPR/article-full-text/4A3FF2F66877