Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
15 Februari 2020

Bernutrisi, Ketahui Manfaat Kedelai pada Skincare

Kedelai tidak hanya berikan nutrisi saat dikonsumsi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Kacang kedelai tidak hanya sekadar biji-bijian yang bisa dikonsumsi. Tetapi, kacang ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit pada produk perawatan kulit.

Tidak hanya penuh dengan nutrisi yang bermanfaat untuk organ dalam tubuh, ada beberapa manfaat kedelai pada skincare yang mungkin belum pernah Moms ketahui sebelumnya.

Manfaat Kedelai pada Skincare

Mengutip Cleveland Clinic, kedelai adalah sumber vitamin dan mineral. Beberapanya seperti vitamin B, zat besi, seng, berbagai antioksidan, vitamin B12, kalsium, dan vitamin D.

Kedelai juga memiliki kandunga isoflavon, yang menjadi salah satu nutrisi bermanfaat untuk kulit. Ketahui lebih lanjut manfaat kedelai pada produk skincare berikut ini.

Baca Juga: Ini Bahaya Retinoid dan Retinol untuk Ibu Hamil, Hati-hati!

1. Sebagai Kandungan Anti Penuaan

manfaat kedelai pada skincare-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Nutrients, disebutkan bahwa beberapa studi mendukung kandungan isoflavon pada kedelai yang dapat mengurangi masalah keriput.

Pada satu penelitian, yang meneliti dua kelompok yang terdiri dari 20 wanita pascamenopause sehat berusia 50-65 tahun, diinstruksikan mengonsumsi makanan biasa dengan atau tanpa 20 g/hari protein kedelai kaya isoflavon selama tiga bulan.

Hasilnya, ada peningkatan yang signifikan dalam kerutan kulit wajah, serta perubahan warna dan penampilan kulit keseluruhan pada kelompok dengan konsumsi kedelai.

Selain itu, beberapa penelitian lain juga menyebutkan adanya peningkatan yang signifikan secara statistik dalam sintesis kolagen pada kulit.

Baca Juga: Khasiat Linoleic Acid untuk Atasi Jerawat saat Hamil

2. Menjaga Kulit dari Kerusakan Sinar Matahari

manfaat kedelai pada skincare-2

Foto: Orami Photo Stock

Pada jurnal Acta Poloniae Pharmaceutica, disebutkan bahwa kedelai memiliki efek anti-inflamasi, punya kandungan antioksidan, pencerah kulit, dan perlindungan terhadap sinar UV. Hal ini menjadi manfaat lain dari kedelai pada produk skincare.

Selain itu, kedelai mengandung bahan bioaktif seperti tanin, isoflavonoid, inhibitor trypsin, dan proanthocyanidins, yang dianggap bermanfaat dalam tata rias dan dermatologi.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

manfaat kedelai pada skincare-3

Foto: Orami Photo Stock

Produk kedelai, khususnya minyak kedelai, sering terlihat di daftar bahan serum perawatan kulit, gel, dan losion.

Salah satu manfaat kedelai pada skincare termasuk dapat mempertahankan kelembapan kulit.

Studi pada jurnal Skin Research and Technology, ditunjukkan bahwa mengoleskan minyak kedelai ke kulit dapat meningkatkan penghalang alami untuk membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Niacinamide, Bahan Skincare untuk Atasi Eksim dan Jerawat

4. Membantu Menutrisi Kulit

manfaat kedelai pada skincare-4

Foto: Orami Photo Stock

Kacang kedelai kaya akan asam linoleat, isoflavon, antioksidan, dan vitamin yang melindungi dan menyehatkan kulit.

Moms bisa mengoleskan minyak kedelai, atau gel dan losion dengan kandungan minyak kedelai agar dapat melindungi kulit dari sinar UVB dan peradangan yang disebabkan radikal bebas dan mengurangi kehilangan air pada kulit.

Khususnya minyak kedelai hitam, kaya akan antioksidan seperti anthocyanin dan isoflavon yang mencegah penuaan kulit pada wanita pasca-menopause. Isoflavon adalah fitoestrogen dengan aktivitas yang mirip estrogen manusia.

Dalam jurnal berjudul Dermatological application of soy Isoflavones to prevent skin aging in postmenopausal women, menggunakan minyak nabati dapat mencegah hilangnya kolagen dan elastin di kulit, dan menjaga kulit tetap lembut, lembap, bebas dari kerutan, pigmentasi, dan garis-garis halus.

Dengan berbagai manfaat di atas, Moms tidak perlu ragu lagi menggunakan skincare yang mengandung kedelai sebagai bahan utama!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait