Kesehatan

KESEHATAN
20 Januari 2021

10+ Manfaat Kulit Apel yang Mampu Menurunkan Risiko Diabetes

Selain dagingnya, manfaat kulit apel juga sangat banyak untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan, vitamin, serat dan berbagai nutrisi lainnya. Karena kandungan nutrisinya yang bervariasi, buah yang satu ini dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain daging buahnya, kulit apel juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, saat konsumsi apel sebaiknya tidak perlu dikupas ya Moms. Manfaat kulit apel yang paling menonjol dan banyak diketahui adalah untuk kesehatan kulit.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat kulit apel untuk tubuh nih Moms. Yuk disimak artikelnya.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Cuka Apel untuk Anak Yuk, Moms!

Manfaat Kulit Apel untuk Kesehatan

Hampir semua bagian di dalam buah apel merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Selain itu, buah ini juga mengandung polifenol, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat kulit apel untuk kesehatan.

1. Mencegah Demensia

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Sebuah studi yang dipublikasikan Clinical Nutrition Experimental menyimpulkan bahwa bahwa kuersetin salah satu senyawa flovanoid yang ada di dalam apel memiliki efek pelindung saraf.

Senyawa ini dapat membantu meningkatkan fungsi sistem. Sehingga dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi saraf pusat dan mencegah demensia.

Selain itu, dalam studi menggunakan hewan juga ditemukan bahwa tingginya asupan kuersetin juga dapat membantu melindungi sel dari kerusakaan dan mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

2. Menurunkan Risiko Gangguan Kardiovaskuler

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 menunjukan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi apel dengan kulitnya hampir tidak memiliki risiko terkena serangan stroke, khususnya stroke trombotik.

Apel mengandung banyak nutrisi yang dapat menurunkan risiko stroke. Satu ulasan tahun 2017 menemukan, orang yang mengonsumsi banyak serat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Sebuah apel berukuran sedang dengan diameter sekitar 3 inci dan berat 182 gram (g) menyediakan 4,37 g serat. Jumlah tersebut setara dengan 13-20% dari kebutuhan harian orang dewasa, bergantung pada usia dan jenis kelamin mereka.

Tak berhenti sampai disitu, satu buah apel lengkap dengan kulitnya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini Moms harus konsumsi apel secara utuh ya Moms. Karena saat apel diolah menjadi jus manfaat tersebut akan hilang.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

The BMJ Journal menjelaskan bahwa beberapa penelitian telah membuktikan bahwa rajin konsumsi apel dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian besar, konsumsi apel utuh dengan kulitnya dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 28% dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan makan hanya beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang serupa.

Ada kemungkinan bahwa polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh dan sering kali rusak pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: 3 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cuka Apel

4. Dapat Memproduksi Bakteri Baik dalam Tubuh

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Manfaat kulit apel yang lain adalah dapat memproduksi bakteri baik dalam tubuh. Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotic yang dapat memberi makan bakteri baik di usus Moms.

Usus kecil tidak menyerap serat selama proses pencernaan. Sebaliknya, mereka masuk ke usus besar, di mana ia dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik. Proses ini juga bisa memproduksi menjadi senyawa bermanfaat lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal ini mungkin alasan di balik beberapa efek perlindungan apel terhadap obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Studi menggunakan tabung reaksi telah menunjukkan hubungan antara senyawa tanaman dalam apel dan risiko kanker yang lebih rendah.

Penelitian lain terhadap wanita juga menunjukan bahwa konsumsi apel juga dapat menurunkan risiko kematian karena kanker. Para ilmuwan percaya bahwa efek antioksidan dan anti-inflamasi di dalam apel yang sangat berperan untuk efek pencegahan kanker.

6. Menyembuhkan Penyakit Asma

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Apel kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif.

Sebuah penelitian besar di lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa orang yang banyak makan apel memiliki risiko asma sangat rendah. Konsumsi sekitar 15% apel besar per hari dapat menurunkan risiko penyakit asma hingga 10% dari orang yang tidak mengkonsumsinya.

Kulit apel mengandung flavonoid quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Dua kandungan tersebut sangat berpengaruh terhadap penderita asma dan alergi.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Apel Kecokelatan, Mudah Dilakukan!

Manfaat Kulit Apel untuk Wajah

Kandungan senyawa polifenol dan juga vitamin C di dalam kulit apel sangat bermanfaat bagi wajah. Seperti yang diketahui, vitamin C dapat merangsang produksi kolagen.

Sementara senyawa polifenol merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radiasi. Berikut manfaat kulit apel untuk wajah.

7. Menghidrasi Kulit

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Salah satu manfaat kulit apel adalah dapat menghidrasi kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms hanya perlu mengolah kulit apel menjadi masker kemudian tempelkan ke wajah dan diamkan hingga mengering. Masker kulit apel juga dapat digunakan sebagai exfoliator alami.

8. Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar UV

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Kandungan yang ada di dalam apel juga dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Selain itu, masker kulit apel juga dapat mengobati kulit yang terkelupas karena paparan sinar matahari.

9. Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Masker kulit apel juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Moms hanya perlu mencampur kulit apel dengan krim susu kemudian aplikasikan ke wajah. Lakukan secara rutin hingga jerawat dan bekas jerawat menghilang.

Baca Juga: 4 Manfaat Kesehatan Cuka Apel untuk Bayi, Simak di Sini!

Manfaat Kulit Apel untuk Ibu Hamil

Moms yang sedang hamil tidak perlu ragu untuk konsumsi apel beserta kulitnya ya. Karena ada banyak manfaat kulit apel untuk ibu hamil, berikut penjelasannya.

9. Mencegah Anemia

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Salah satu manfaat kulit apel untuk ibu hamil adalah sebagai penambah darah alami. Seperti yang diketahui, apel merupakan salah satu buah yang kaya akan zat besi dan dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

10. Mencegah Cacat Lahir pada Bayi

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Moms pasti ingin memiliki bayi yang sehat dan juga sempurna kan. Kandungan asam folat yang ada di dalam apel beserta kulitnya dapat membantu mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi seperti spina bifida.

11. Mencegah Diabetes Gestasional

XX Manfaat Kulit Apel

foto: freepik.com

Konsumsi apel beserta kulitnya juga dapat mencegah terjadinya diabetes gestasional. Apel bisa menjadi salah satu cemilan Moms saat ingin mengkonsumsi makanan manis.

Apel mengandung jumlah gula sederhana seperti glukosa dan fruktosa. Jenis gula ini sangat baik untuk ibu hamil karena tidak akan menaikan kadar gula darah di dalam tubuh Moms yang sedang hamil. Selain itu, apel juga kaya akan serat yang dapat membantu pencernaan Moms lebih lancar selama masa kehamilan.

Baca Juga: 5+ Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

Moms demikian penjelasan mengenai manfaat kulit apel untuk kesehatan, wajah dan juga ibu hamil. Mulai sekarang jangan ragu lagi untuk konsumsi apel dengan kulitnya ya Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait