Kesehatan

3 September 2021

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Daun Johar yang Tak Terduga!

Dipercaya dapat mengobati gatal, benarkah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms mengetahui tentang daun johar? daun ini telah lama digunakan secara tradisional sebagai obat herbal, lho. Misalnya, untuk mengatasi gatal di kulit.

Tak hanya itu, daun johar juga biasa dimanfaatkan dalam budidaya ikan karena bisa mencegah dan mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada ikan gurame.

Moms yang penasaran dengan kegunaan daun johar perlu menyimak ulasan berikut!

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Obesitas

Mengenal Daun Johar

daun johar.jpg

Foto: africanplants.senckenberg.de

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang, tanaman johar merupakan pohon penghasil kayu keras yang termasuk dalam suku Fabaceae (polong-polongan).

Nama ilmiah tanaman johar adalah Cassia siamea Lamk, yang merujuk pada tanah asalnya Siam atau Thailand.

Daun johar memiliki warna hijau dengan bentuk bulat panjang.

Johar sering ditanam dalam sistem percampuran (agroforestry), sebagai tanaman sela, tanaman tepi maupun berfungsi sebagai penghalang angin.

Pohon johar sangat mudah dijumpai di negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Selama ini, johar hanya dimanfaatkan sebagai pohon perindang atau peneduh jalan karena batangnya yang tinggi dan daunnya yang rimbun.

Padahal, bagian daun johar memiliki beragam potensi bagi kesehatan tubuh.

Di negara asalnya sendiri, yakni Thailand, johar telah banyak digunakan untuk produk kesehatan. Misalnya, diekstrak menjadi kapsul untuk mengatasi masalah gangguan tidur.

Baca Juga: 7+ Manfaat dan Cara Mengolah Daun Mint, Ada yang Sudah Coba?

Manfaat Daun Johar

Lalu, apa saja ya Moms, kegunaan daun johar yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasaannya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Kaya Akan Antioksidan

manfaat daun johar - antioksidan

Foto: purprojet

Daun johar merupakan tanaman yang kaya dengan antioksidan karena termasuk dalam salah satu tanaman yang mengandung kadar flavonoid tinggi.

Dalam tumbuhan daun johar, flavonoid paling banyak ditemukan pada bagian daun yang masih muda.

Menurut Karya Tulis Ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Mataram, senyawa ini dapat digunakan sebagai antimikroba, obat infeksi pada luka, antijamur, antivirus, antikanker dan antitumor.

Selain itu, flavonoid juga dapat digunakan sebagai antibakteri, antialergi, sitotoksik dan antihipertensi.

Berkat sifat antioksidannya, daun johar juga cukup ampuh dalam menjaga sistem kekebalan karena mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit.

Dalam Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, aktivitas antioksidan daun johar muda yang kering lebih tinggi dibandingkan dengan daun johar tua yang kering.

Untuk mendapatkan manfaat antioksidannya, masyarakat biasa mengonsumsi daun tanaman johar dengan cara direbus dan diminum airnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Katuk untuk ASI, Busui Wajib Tahu!

2. Daun Johar untuk Gatal di Kulit

manfaat daun johar - obat gatal

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat daun johar yang selanjutnya, yakni dapat digunakan sebagai obat gatal pada kulit. Penggunaan daun johar sebagai obat gatal-gatal biasanya dilakukan dengan cara mengoleskan air rebusan daun johar pada daerah kulit yang gatal atau digunakan sebagai air mandi.

Mengutip Jurnal Akademi Farmasi Yamasi Makassar, infus daun tanaman johar mempunyai aktivitas antimikroba terhadap beberapa bakeri dan jamur penyebab penyakit kulit.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal tersebut menunjukkan bahwa krim ekstrak daun johar konsentrasi 10%b/b memiliki diameter zona hambat terhadap pertumbuhan Candida albicans sebesar 22,5 mm. Daya hambat dari krim ekstrak daun tanaman johar konsentrasi 10%b/b ini termasuk kategori sangat kuat.

Untuk diketahui, Candida albicans merupakan penyebab infeksi oportunistik yang disebut kandidiasis pada kulit, mukosa, dan organ dalam manusia.

Jamur Candida albicans ini dapat tinggal di berbagai tempat dalam tubuh, seperti mulut, tenggorokan, usus, lipatan kulit, hingga vagina dan menyebabkan gatal hingga rasa terbakar.

Meskipun tidak berbahaya, tetapi infeksi jamur Candida albicans bisa terasa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kenikir yang Kerap Dijadikan Lalapan Lezat

3. Memiliki Sifat Antibakteri

manfaat daun johar - antibakteri

Foto: feedipedia.org

Daun tanaman johar juga terbukti memiliki sifat antibakteri sehingga berpotensi mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Menurut Journal of Microbiology & Experimentation, ekstrak daun tanaman johar efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, dan Escherichia coli.

Perlu Moms ketahui, Pseudomonas aeruginosa merupakan penyebab penyakit infeksi, yaitu dermatitis, otitis eksterna, folikulitis, infeksi pada mata, dan infeksi pada luka bakar.

Sementara bakteri Staphylococcus aureus pada kulit bisa menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, dan staphylcoccal scalded skin syndrome (SSSS).

Infeksi bakteri Bacillus cereus bisa memicu seseorang mengalami keracunan makanan. Sedangkan Escherichia coli bisa menyebabkan diare yang parah.

Dalam jurnal tersebut, terbukti bahwa ekstrak daun tanaman johar bisa menghambat pertumbuhan semua bakteri yang telah disebutkan di atas.

Aktivitas antibakteri ekstrak diduga karena adanya senyawa bioaktif seperti alkaloid, terpenoid, saponin, tanin, flavonoid dan antrakuinon.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kentut, Bisa Obati Herpes!

4. Daun Johar untuk Ikan Gurame

ikan gurami.jpg

Foto: nas.er.usgs.gov

Tidak hanya memiliki potensi untuk kesehatan manusia, tanaman johar juga bisa dimanfaatkan dalam budidaya ikan. Hal ini karena daun dari tanaman johar bisa mencegah dan mengobati infeksi jamur pada ikan gurame.

Klaim tersebut pun telah dibuktikan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Program Studi Biologi FST-UINSUKA. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa daun tanaman johar mampu mengatasi infeksi jamur yang disebabkan oleh Saprolegnia sp.

Saprolegnia sp merupakan jamur patogen yang bisa menginfeksi ikan gurame hingga bagian telurnya sehingga menyebabkan penurunan produksi ikan.

Infeksi Saprolegnia sp pada ikan dan telur gurame bisa diatasi dengan hidrogen peroksida dan natrium klorida. Namun, bahan-bahan kimia tersebut bisa menimbulkan pengaruh negatif sehingga daun dari tanaman johar dapat dijadikan alternatif.

Tanaman johar, terutama bagian daunnya memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Jadi, dapat digunakan untuk mencegah maupun mengobati infeksi jamur Saprolegnia sp pada ikan gurame.

Biasanya, para petani ikan gurame hanya perlu menebarkan daun-daun johar pada kolam ikan gurame. Semakin luas kolam ikan guramenya, maka semakin banyak juga daun tanaman johar yang dibutuhkan.

Itu dia manfaat tanaman johar, cukup banyak dan luar biasa, bukan? Semoga informasinya dapat bermanfaat ya, Moms.

  • http://repository.unimus.ac.id/2320/2/BAB%20I.pdf
  • https://repository.ummat.ac.id/1625/1/COVER-BAB%20III.pdf
  • https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=28719
  • https://media.neliti.com/media/publications/299052-potensi-krim-ekstrak-daun-johar-cassia-s-16b65137.pdf
  • https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34090/1/11640010%20BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
  • https://medcraveonline.com/JMEN/JMEN-06-00208
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait