Kesehatan

22 Juli 2021

8 Manfaat Daun Kentut, Bisa Obati Herpes!

Mengetahui manfaat daun kentut bagi kesehatan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Daun kentut adalah nama daun yang mungkin jarang didengar oleh masyarakat. Bahkan mungkin tak banyak yang mengetahui tentang keberadaan daun kentut ini.

Daun kentut sendiri biasanya tumbuh merambat di daerah tropis. Tanaman ini pun tumbuh dengan menempel atau menumpang pada tumbuhan lain.

Banyak ditemukan di Indonesia, daun kentut memiliki banyak nama. Nama lain daun kentut adalah kahitutan (Sunda), kasembukan (Jawa), bintaos (Madura), gumi siki (Ternate), atau sembukan (Sumatra).

Tahukah Moms kalau ternyata daun kentut memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita? Yuk, cari tahu di sini!

Baca Juga: 14 Obat Tradisional Sembelit pada Bayi, Mudah Didapatkan

Manfaat Daun Kentut

Ada berbagai macam manfaat yang bisa diberikan daun kentut pada tubuh kita. Berikut ini penjelasan lebih dalamnya!

1. Obat Sakit Perut

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Tropical, daun kentut sendiri sudah digunakan oleh masyarakat Asia terlebih masyarakat Asia Tenggara.

Daun kentut sendiri biasa digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan atau sakit perut.

Dilansir dari Plant Resources of South-East Asia banyak penelitian yang telah dilakukan mengenai manfaat tanaman ini pada masalah pencernaan.

2. Melancarkan Pencernaan

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Masih seputar pencernaan, lebih dalam lagi, Health Benefit Times menyebutkan bahwa daun kentut sangat kaya akan sehingga bisa melancarkan pencernaan.

Hampir 70% dari sistem imun kita berada pada organ pencernaan.

Lapisan tipis dan lengket yang menyelimuti saluran cerna itu dibuat dari sel-sel imun, imunoglobulin (antibodi yang menyerang kuman), dan bakteri usus.

Bila Moms sering sakit, mungkin sistem imun tersebut mengalami gangguan.

Daun ini pun memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa melawan virus serta bakteri.

3. Mengatasi Mata Bengkak

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Mata bengkak tentu membuat kita tidak nyaman. Terganggunya indera penglihatan bisa membuat kita tak nyaman melakukan aktivitas sehari-hari.

Ketika bengkak, biasanya mata pun mengalami gejala lain seperti gatal, berair, merah dan bahkan hingga perih.

Sakit mata memang bisa membaik dan sembuh dengan sendirinya ketika disebabkan oleh alergi dan iritasi. Meski demikian, Moms dan Dads bisa mencoba menyembuhkannya dengan daun kentut ini.

Daun yang memiliki bau seperti kentut ini memiliki sifat antiinflamasi serta antivitus yang berfungsi efektif untuk mencegah mata bengkak.

4. Mengatasi Kondisi Sulit Buang Air Kecil

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah Moms mengalami kondisi sulit buang air kecil? Kondisi ini memang sangat menyebalkan dan tentunya membuat keadaan menjadi tidak nyaman.

Tak perlu khawatir, Moms! Ternyata daun kentut juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi kondisi susah buang air kecil.

Meski demikian, pastikan untuk mengonsumsinya dengan teratur, sesuai takaran serta tak berlebihan ya, Moms!

Baca Juga: 5 Salep Herpes Ampuh untuk Mengobati Herpes pada Bayi

5. Mengatasi Herpes

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Herpes sendiri termasuk dalam penyakit jangka panjang yang bisa bertahan seumur hidup dan bersifat kambuhan.

Setiap orang memiliki risiko terkena penyakit herpes. Dari anak-anak hingga dewasa, memiliki potensi untuk terkena penyakit ini.

Salah satu obat tradisional yang bisa menyebuhkan herpes adalah daun kentut.

Daun kentut negandung alkaloid, etanol dan paederin yang memiliki peran penting dalam penyembuhan berbagai penyakit kulit nih, Moms! Kandungan tersebut bisa diandalkan untuk mengatasi gangguan herpes.

Cara menggunakan daun kentut sebagai obat herpes pun bisa dibilang sangat mudah. Moms hanya perlu menumbuknya sampai halus. Jika sudah haus, tempelkanlah pada bagian kulit yang terkena herpes.

6. Mengatasi Batuk

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Batuk adalah sebuah kondisi yang menyebalkan. Baik batuk kering ataupun batuk berdahak, kondisi ini bikin aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Ketika batuk berdahak menghampiri, bernapas pun bisa sesak. Tak hanya itu, ketika batuk dengan suara menggelegar pasti akan mengganggu orang di sekitar kita.

Daun yang memiliki nama lain daun sembukan ini memiliki sifat antitusif dan mucolitik. Kandungan tersebut membuat daun ini mampu membantu meredakan dan menyembukan batuk bahkan bronchitis.

Cobalah untuk meminum rebusan daun kentut sebagai peluruh dahak. Jangan minum berlebihan ya, Moms!

Dikutip dari JamuDigital, efek farmakologi daun sembukan, setelah uji aktivitas antitusif ekstrak etanol herba Sembukan dosis 200 mg/ kg BB peroral pada kucing yang distimulasi secara mekanik pada saluran pernapasan laryngopharyngeal (LP) dan tracheobronchial (TB), menunjukkan efek penekanan batuk sebesar 25,3%, berupa penurunan signifikan (p<0,05) pada intensitas dan frekuensi batuk dari kedua saluran.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 3 Cara Mudah Mengeluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

7. Mengatasi Sariawan

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms melihat ruam putih yang aneh di dalam mulut dan terasa perih, berarti Moms mengalami kondisi yang disebut sariawan. Ini juga disebut kandidiasis oral, yang merupakan infeksi disebabkan oleh jamur candida.

Selain orang dewasa, anak bisa mendapatkannya di mulut dan bagian tubuh lainnya.

Mengalami sariawan tentu saja kita semua akan merasa sangat tidak nyaman ketika makan, minum, apalagi menyikat gigi. Ada banyak hal yang dapat menjad penyebab. Berbeda sebab, tentu saja berbeda cara penanganannya.

Meski demikian, salah satu cara yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan adalah menggunakan daun kentut.

Caranya mudah banget. Moms cukup merebus daun kentut dan menggunakan airnya untuk berkumur agar sariawan bisa diatasi.

Baca Juga: Cari Tahu Gejala dan Penanganan Sariawan Pada Bayi

8. Mengatasi Penyakit Kuning

Daun Kentut

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau daun kentut juga bisa digunakan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan penyakit kuning?

Penyakit kuning terjadi ketika ada terlalu banyak bilirubin (pigmen kuning) dalam darah, suatu kondisi yang disebut hiperbilirubinemia. Akan tetapi, tahukah Moms bahwa penyakit kuning ternyata juga bisa terlihat pada orang dewasa?

Penyakit kuning itu sendiri bukanlah penyakit khusus. Penyakit kuning adalah gejala dari beberapa penyakit yang mungkin mendasarinya. Pada orang dewasa, penyakit kuning dapat mengindikasikan masalah serius dengan fungsi sel darah merah, hati, kantong empedu, atau pankreas.

Dilansir dari HealthLine, Steven K Herrine, MD, Dokter Gastroenterologi Spesialis Penyakit atau Transplantasi Hati, mengatakan banyak orang dengan penyakit kuning juga memiliki urin berwarna gelap dan feses berwarna terang.

Perubahan-perubahan ini terjadi ketika penyumbatan atau masalah lain mencegah bilirubin dihilangkan dalam tinja dan menyebabkan lebih banyak bilirubin dikeluarkan dalam urin.

"Jika kadar bilirubin tinggi, zat yang terbentuk ketika empedu rusak dapat menumpuk dan menyebabkan gatal di seluruh tubuh. Tetapi penyakit kuning itu sendiri bisa menyebabkan beberapa gejala lain pada orang dewasa," jelasnya.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan Kentut Vagina?

Nah, itu dia Moms 8 manfaat dari daun kentut untuk kesehatan. Meski belum banyak diketahui keberadaannya, atau jarang terekspos karena memiliki nama, ternyata daun ini punya banyak manfaat, ya!

  • http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Paederia+foetida
  • http://proseanet.org/prosea/
  • https://www.jamudigital.com/berita?id=Khasiat_Daun_Sembukan_Melegakan_Saluran_Pernapasan
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait