Kehamilan

KEHAMILAN
9 Maret 2020

Ini Cara Mengatasi Sariawan saat Hamil, Mudah Banget!

Berkumur dengan air garam bisa jadi salah satu caranya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berbagai masalah kesehatan pasti akan terjadi pada ibu yang sedang hamil, termasuk di antaranya sariawan.

Sariawan saat hamil merupakan hal yang umum terjadi pada saat hamil, terutama pada awal kehamilan.

Mengutip dari Pregnancy Birth and Baby, sariawan adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh spesies jamur candida, biasanya candida albicans. Jenis jamur ini biasanya hidup di vagina dan tidak berbahaya. Selain itu juga tidak menimbulkan gejala, karena pertumbuhannya dikendalikan oleh bakteri normal.

Baca Juga: Cari Tahu Gejala dan Penanganan Sariawan Pada Bayi

“Sariawan pada ibu hamil biasanya disebabkan adanya perubahan hormon saat hamil, serta dapat juga disebabkan kurangnya asupan vitamin seperti zinc, B12, asam folat dan zat besi, juga vitamin C,” jelas dr. Putri Deva Karimah, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Cara Mengatasi Sariawan saat Hamil

sariawan saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Sariawan bisa diatasi dengan mengonsumsi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, B12, zinc, asam folat dan zat besi.

Kebutuhan vitamin dan mineral itu juga bisa didapat dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi, seperti susu, telur, daging, sayur sayuran, dan buah-buahan.

Selain itu, ibu hamil juga dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi sariawan saat hamil, seperti:

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengobati Sariawan yang Bisa Dicoba

  • Berkumur dengan teh chamomile, di mana terdapat kandungan azulene dan levomenol, selain berkumur, dapat juga dilakukan pengompresan pada sariawan dengan kantung teh chamomile yang basah yaitu tiga sampai empat kali sehari
  • Berkumur dengan air garam
  • Kompres dengan es batu, untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Tapi ibu hamil perlu hati-hati dalam menempelkan es batu, lapisi es batu dengan bahan halus dan tipis yang bersih
  • Gunakan obat kumur, mouthwash, yang bermanfaat untuk memperkuat dan menjaga kebersihan gigi serta mulut, dengan kondisi lingkungan mulut yang sehat, maka akan membantu pencegahan terjadinya sariawan.

“Umumnya sariawan akan sembuh dalam beberapa minggu. Apabila sariawan tidak membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter terdekat agar dapat dilihat secara langsung,” tambah dr. Putri.

Apalagi bila diikuti dengan demam dan jumlah dan ukuran sariawan yang banyak dan membesar.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Ibu Hamil yang Aneh tapi Umum

Itulah beberapa cara mengatasi sariawan saat hamil Moms. Tentunya lebih baik mencegah dari pada mengobati, bagi ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara memilih sikat gigi yang bulu sikatnya lebih lembut agar tidak melukai gusi, gosoklah hingga ke bagian yang sulit terjangkau, arahkan sikat dari bawah ke atas.

Perbanyak minum air putih dan banyak istirahat agar kondisi stres pun dapat terhindar.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait