Newborn

NEWBORN
4 Maret 2020

3 Manfaat Metode Kangguru untuk Bayi Prematur

Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat metode kangguru akan bertahan hingga 20 tahun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Bayi prematur dan berat badan lahir rendah biasanya memerlukan perawatan ekstra untuk menghindari penyakit dan kematian akibat komplikasi sekunder yang dapat dicegah, seperti hipotermia dan infeksi.

Salah satu cara efektif dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan Kangoroo Mother Care atau metode kangguru. Metode ini membutuhkan kontak kulit terus menerus antara bayi dan ibu.

Moms akan menjadi ‘inkubator’ dan sumber makanan utama, serta memberi banyak stimulasi yang dibutuhkan dengan bayi berada dalam posisi kangguru di Moms sesegera mungkin setelah lahir. Teknik ini harus disertai dengan pemberian ASI eksklusif.

Baca Juga: Perhatian Ekstra untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi Prematur

Manfaat Metode Kangguru untuk Bayi Prematur

Menurut sebuah penelitian dari Kangoroo Foundation yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, manfaat metode kangguru pada bayi prematur adalah berkaitan dengan prestasinya kelak saat sekolah.

Biasanya Si Kecil akan memiliki IQ tinggi dan sifat yang disukai orang sekitarnya.

"Studi ini menunjukkan bahwa metode kangguru memiliki efek perlindungan sosial dan perilaku yang signifikan, tahan lama bahkan 20 tahun setelah skin-to-skin terjadi," kata ketua peneliti Dr. Nathalie Charpak, dari Kangaroo Foundation di Bogotá.

1. Memengaruhi IQ dan Sifat Bayi

Mom Ini Manfaat Kangaroo Mother Care bersama Si Kecil Menurut Sains -1.jpg

Foto: parashospitals.com

Dalam penelitian yang diikuti oleh 441 ibu yang memiliki bayi prematur tersebut, para peneliti menunjukkan bahwa hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manfaat metode kangguru di antaranya:

  • Mengurangi ketidakhadiran di sekolah
  • Mengurangi hiperaktif
  • Mengurangi agresivitas dan sifat impulsif
  • Mengurangi risiko perilaku sosial yang menyimpang.

Bukan hanya Moms, Dads juga bisa melakukan metode kangguru dan bisa menjadi bonding yang baik antara Dads dan bayi. Para bayi dalam penelitian tersebut memiliki otak yang lebih besar.

Volume yang lebih besar dari total materi abu-abu, korteks serebral, dan nukleus berekor kiri, yang memainkan peran vital dalam cara otak belajar, khususnya yang berkaitan dengan penyimpanan dan pemrosesan ingatan.

Baca Juga: 3 Komplikasi Kesehatan Bayi Prematur, Waspada!

2. Membuat Moms Lebih Protektif

Mom Ini Manfaat Kangaroo Mother Care bersama Si Kecil Menurut Sains -2.jpeg

Foto: istockphoto.com

Manfaat metode kangguru tidak hanya terasa untuk bayi, tapi juga untuk Moms. Bagi Moms yang mempraktekkan metode kangguru biasanya akan lebih protektif dan aktif mengurus bayi dibandingkan yang tidak.

Dilansir Motherly, para peneliti mengklaim bahwa metode tersebut akan membuat orang tua berorientasi pada anak.

"Studi ini menunjukkan bahwa Kangaroo Mother Care dapat membuat semua perbedaan di dunia untuk bayi prematur dan berat badan lahir rendah. Kangaroo Mother Care adalah metode perawatan modern yang hemat biaya dan dapat diterapkan di setiap negara,” jelas Dr. Karlee Silver, Wakil Presiden Program di Grand Challenges Canada.

3. Memberi Dampak Positif Hingga 20 Tahun

Mom Ini Manfaat Kangaroo Mother Care bersama Si Kecil Menurut Sains -3.jpeg

Foto: bhekisisa.org

Keluarga yang dilatih dalam metode kangguru lebih mungkin untuk tetap bersama dan lebih protektif dalam pola asuh, tercermin dalam kemampuan anak untuk mengekspresikan perasaan, mengurangi hiperaktif, agresivitas, dan perilaku antisosial ketika remaja.

"Seorang bayi prematur dilahirkan di dunia setiap dua detik. Studi ini menunjukkan bahwa metode kangguru memberi peluang yang lebih baik untuk berkembang bagi bayi prematur. Metode kangguru menyelamatkan otak dan membuat bayi prematur dan berat badan lahir rendah lebih sehat dan lebih kaya,” kata Dr. Peter A. Singer, Kepala Eksekutif Grand Challenges Canada.

Dr. Nathalie mencatat bahwa seiring teknologi neonatal menjadi lebih mudah diakses di seluruh dunia, bayi prematur dan berat badan lahir rendah diselamatkan dengan konsekuensi serius yang lebih sedikit di tahun-tahun berikutnya.

"Temuan penelitian metode kangguru untuk 20 tahun ini harus menginformasikan modalitas intervensi medis, psikologis dan sosial pascakelahiran seperti Kangaroo Mother Care, sehingga kami dapat terus mengurangi gangguan yang disebabkan oleh prematuritas dan berat badan lahir rendah,” jelasnya.

Baca Juga: Bayi Prematur Bisa Tumbuh Normal dan Sehat, Berikut Penelitiannya

Karena akan menentukan kedekatan dan interaksi dengan Si Kecil nantinya, manfaat metode kangguru untuk bayi akan menjadi tak ternilai.

Artikel Terkait