Kesehatan

28 Juni 2021

Cari Tahu Manfaat Mineral untuk Tubuh Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Pastikan Moms selalu memilih air minum dengan kemasan yang bersih dan aman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Karla Farhana
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tubuh kita membutuhkan asupan air mineral yang cukup, terutama ibu hamil. Manfaat mineral untuk tubuh ibu hamil memang sangat banyak. Namun, jangan asal minum air saja, karena Moms perlu memerhatikan kemasan yang digunakan Moms bersih dan aman, terutama untuk keluarga dan Si Kecil.

Perlu Moms ingat, air mineral yang dikonsumsi oleh tubuh juga harus cukup.

Bila pada orang dewasa harus minum setidaknya 6 gelas air mineral setiap hari, maka bagi ibu hamil harus dua kali lebih banyak setiap harinya.

Dilansir dari laman resmi The American College of Obstetricians and Gynecologists, seorang ibu hamil harus minum air mineral paling tidak 8-12 gelas atau kira-kira setara 2-2,8 liter air mineral setiap harinya.

Lantas, apa manfaat mineral untuk tubuh yang bisa Moms dan janin di dalam perut dapatkan? Yuk kita simak.

Manfaat Mineral

Selama masa kehamilan, Moms akan mengalami perubahan fisiologis untuk mendukung metabolisme tubuh, baik pada ibu hamil maupun janin. Seiring dengan bertambahnya perubahan fisiologis tersebut, Moms pasti membutuhkan micronutrients, salah satunya mineral.

Menurut studi Minerals in Pregnancy and Lactation: A Review Article, ibu hamil yang kekurangan micronutrients termasuk mineral bisa mengakibatkan risiko anemia, hipertensi dan pre-eclampsia, masalah pertumbuhan janin, peningkatan komplikasi persalinan, dan kematian ibu serta janin.

Karena itu, salah satu cara ibu hamil memenuhi kebutuhan mineral untuk tubuhnya dan janin adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air mineral setiap hari. Namun, pastikan kemasan yang digunakan Moms bersih dan aman, termasuk galon air minum di rumah, ya.

Lalu, apakah manfaat mineral untuk tubuh ibu hamil? Berpengaruhkah pada janin? Tentu saja sangat berpengaruh dan bermanfaat.

Asupan air mineral yang cukup bagi ibu hamil dapat membantu produksi air ketuban karena air ketuban terbanyak dihasilkan dari urine bayi.

Kemudian dari manakah urine bayi tersebut berasal? Urine bayi tersebut dapat dihasilkan bila janin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari sang ibu.

Tak hanya itu, bagi Moms yang dalam masa kehamilannya tak mampu menghasilkan banyak air ketuban, maka jumlah volume air yang dibutuhkan setiap harinya akan semakin meningkat hingga 3 liter atau bahkan lebih.

Perlu diketahui bahwa ternyata jumlah air ketuban akan berpengaruh pada kualitas janin, lho.

Baca Juga: Bolehkah Minum Obat dengan Air Dingin? Ketahui Dulu Faktanya!

Sumber Mineral Alami

Dilansir dari Food Standards, mineral juga bisa Moms temukan dalam berbagai jenis makanan. Seperti sereal, roti, daging merah, ikan, susu, produk olahan susu, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-mayur.

Menurut Kids Health, ada dua jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, yaitu macrominerals dan trace minerals. Kelompok macrominerals, yang paling dibutuhkan tubuh, terdiri dari kalsium, fosfor, magnesium, sodium, potasium, klorida, dan sulfur.

Sedangkan, trace minerals yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit ini terdiri dari besi, mangan, tembaga, yodium, seng, kobalt, fluorida, dan selenium.

Lantas, apa saja makanan dan minuman yang kaya akan mineral dan penting untuk Moms konsumsi setiap hari untuk mendapatkan manfaat mineral untuk tubuh?

1. Air Mineral

Air mineral merupakan sumber utama berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh Moms dan keluarga.

Dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism, air terlibat dalam banyak fungsi tubuh, karena berfungsi sebagai pembawa nutrisi dan zat dalam sistem peredaran darah.

Selain itu, air mineral juga mengandung magnesium yng membantu jantung ritme detak jantung tetap normal. Sementara, kandungan sodium dalam air mineral mampu membantu fungsi otot dan juga saraf agar tetap bekerja dengan baik.

2. Produk Olahan Susu

Manfaat mineral untuk tubuh pertami bisa didapatkan melalui konsumsi produk olahan susu yang kaya akan kalsium. Kalsium, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, merupakan salah satu bagian dari kelompok macrominerals yang sangat dibutuhkan tubuh.

Selain produk olahan susu, ada juga salmon, brokoli, sereal, hingga crackers.

3. Daging Merah

Selain kalsium, Moms juga membutuhkan besi untuk tubuh. Kandungan ini berguna untuk mengantarkan oksigen dari paru ke seluruh tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan zat ini, Moms perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah. Daging merah juga akan membantu pembentukan sel darah merah, Moms.

Selain zat besi, tulis Healthline, daging merah juga kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B12, seng, selenium, niasin, vitamin B6, dan fosfor.

Selain daging merah, Moms juga bisa mengonsumsi telur, buah kering seperti kismis, brokoli, dan juga oats.

Baca Juga: Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan, Tak Terduga!

4. Pisang

Manfaat mineral untuk tubuh selanjutnya bisa didapatkan dari pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral terutama potasium. Potasium ini sangat penting untuk tubuh, karena bertugas untuk menjaga kesehatan otot dan sistem saraf agar bekerja dengan baik.

5. Almond

Jangan hanya mengonsumsi sayuran dan daging merah, karena Moms juga tetap harus mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond. Pasalnya, almond mengandung zinc yang penting untuk tubuh, Moms. Zinc atau seng membantu sistem kekebalan tubuh Moms.

Zat ini juga penting karena dapat melawat penyakit dan infeksi dalam tubuh.

Air dengan Kandungan Mineral Alami yang Bersih dan Aman

Namun, mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral saja belum cukup memenuhi kebutuhan tubuh Moms. Untuk itu, penting sekali mengonsumsi air mineral setiap hari.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Moms yang sedang mengandung disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi air mineral.

Perlu diperhatikan, Moms juga tidak boleh sembarangan mengonsumsi air untuk memenuhi kebutuhan tubuh Moms dan janin. Untuk itu, pastikan Moms mengonsumsi air mineral dari kemasan yang bersih dan aman, termasuk galon air minum di rumah.

Untuk mendapatkan air mineral berkualitas dengan kemasan yang bersih dan aman, Le Minerale kemasan galon merupakan pilihan yang tepat, apalagi untuk konsumsi sehari-hari di rumah.

Le Minerale memiliki kemasan galon yang selalu baru dan bukan cuci ulang. Selain itu, Moms tidak perlu khawatir akan adan kebocoran karena galon Le Minerale dilengkapi dengan proteksi tutup ulir kedap udara dan tersegel rapat. Sehingga, selain anti bocor, kemasan ini terjamin kebersihan dan keamanan air di dalamnya karena kedap udara dan bebas kontaminasi virus serta bakteri.

Karenanya, Le Minerale kemasan galon terjamin aman untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga, termasuk Si Kecil di rumah.

Baca Juga: Sering Gatal di Selangkangan? Jangan-jangan Kita Terkena Penyakit Ini!

Minum air dalam jumlah yang tepat setiap hari adalah penting untuk kesehatan Moms sendiri dan Si kecil.

(ADV)

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait