Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
23 Januari 2023

8 Manfaat Daging Sapi, Bisa Bantu Kinerja Fungsi Otak dan Meningkatkan Kecerdasan Kognitif!

Selain bisa diolah menjadi aneka masakan lezat, daging sapi punya sederet manfaat kesehatan
8 Manfaat Daging Sapi, Bisa Bantu Kinerja Fungsi Otak dan Meningkatkan Kecerdasan Kognitif!

Moms suka makan daging sapi? Ternyata ada banyak manfaat daging sapi untuk kesehatan, lho!

Bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi ada juga manfaat daging untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan nutrisi penting.

Australian Dietary Guidelines merekomendasikan makan daging merah seperti daging sapi, domba, dan kambing dapat memberikan asupan protein, zat besi, dan zink pada tubuh.

Demikian pula, Cancer Council Australia mengakui bahwa daging merah tanpa lemak merupakan sumber penting zat besi, zink, vitamin B12, dan protein.

Lembaga ini merekomendasikan orang untuk mengonsumsi daging merah matang dalam jumlah sedang yaitu 65–100 gram sebanyak 3 atau 4 kali dalam seminggu.

Baca Juga: 8 Resep Telur Balado, Pedasnya Nampol Abis!

Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Memasak Daging

Foto: Memasak Daging (Freepik.com/mdjaff)

Melihat berbagai rekomendasi tentang konsumsi daging sapi, jadi apa saja sebenarnya manfaat daging sapi selain sebagai sumber protein hewani?

1. Meningkatkan Massa Otot

Ada banyak alasan mengapa seseorang harus memastikan asupan protein yang cukup, salah satunya adalah karena ini dapat membantu meningkatkan masa otot.

Protein adalah bahan pembangun yang digunakan tubuh untuk memperbaiki dan memproduksi tulang, kulit, dan tulang rawan.

Protein yang cukup, akan membantu seseorang untuk bergerak dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Dari semua makronutrien, protein adalah yang paling mengenyangkan dan itu mencegah seseorang menginginkan makanan lain.

Mengutip Nutrition Data, manfaat daging sapi untuk kesehatan adalah sebagai sumber protein terbesar dalam makanan manusia.

Misalnya, porsi 170 gram dari 80% daging sapi tanpa lemak akan menyediakan 46 gram protein. 

Jika Moms memilih daging sapi yang lebih sedikit lemak, maka kandungan proteinnya bisa lebih tinggi.

2. Menguatkan Tulang

Menurut studi di Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care, mengonsumsi protein dari daging bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang, terutama untuk orang tua.

Karena protein dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis.

3. Mencegah Anemia

Membumbui Daging

Foto: Membumbui Daging (Freepik.com/bublikhaus)

Anemia adalah kondisi yang umum dan ditandai dengan penurunan jumlah sel darah merah serta penurunan kemampuan darah untuk membawa oksigen.

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab dari anemia. Gejala utamanya adalah letih, lemah dan lesu.

Manfaat daging sapi adalah sebagai sumber zat besi yang kaya terutama dalam bentuk zat besi heme.

Kandungan ini hanya ditemukan dalam makanan hewani. Dalam jurnal Nutrition Bulletin, disebutkan zat besi heme seringkali sangat rendah dalam makanan vegetarian.

Tubuh seseorang lebih mudah menyerap zat besi heme daripada zat besi non-heme atau jenis zat besi dalam makanan nabati.

Jadi, daging tidak hanya mengandung zat besi yang hanya tersedia secara hayati, tetapi juga meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari makanan nabati.

Daging sapi juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme bahkan dalam makanan yang mengandung asam fitat, yang biasanya menjadi penghambat penyerapan zat besi.

Dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan bahwa daging lebih efektif sebagai suplemen daripada tablet zat besi, dalam mempertahankan status zat besi pada wanita selama sedang berolahraga.

Oleh karena itu, makan daging merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah anemia defisiensi besi.

Ini penting untuk Moms dan seluruh keluarga yang lain, terutama untuk anak yang sedang masa pertumbuhan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daging sapi selanjutnya adalah sebagai sumber zink yang baik dan dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan jaringan yang rusak serta mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Anak-anak dan remaja juga membutuhkan zink dalam jumlah yang seharusnya untuk memastikan mereka tumbuh dan berkembang.

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Daging Segar

5. Kaya Mineral yang Bermanfaat untuk Tubuh

Makan Daging dan Salad

Foto: Makan Daging dan Salad (Freepik.com/senivpetro)

Jika Moms ingin meningkatkan asupan berbagai mineral, maka daging sapi adalah salah satu pilihan terbaik untuk dipertimbangkan.

Daging sapi relatif padat nutrisi dalam kandungan mineral.

Di sini Moms bisa melihat kandungan mineral dari 80% daging sapi tanpa lemak pada setiap porsi atau 170 gram daging sapi, yaitu:

  • Kalsium 4 % RDI (Recommended Dietary Intake)
  • Tembaga 8 %
  • Zat Besi 26%
  • Magnesium 10%
  • Mangan 2%
  • Kalium 18%
  • Fosfor 38%
  • Selenium 52%
  • Seng 72%

Seperti informasi yang ditunjukan di atas, manfaat daging sapi menyediakan lebih dari setengah jumlah selenium dan seng dari apa yang direkomendasikan setiap harinya.

Banyak orang mengalami masalah defisiensi dengan beberapa mineral ini. Jadi, nilai gizi daging sapi dapat membantu melawan defisiensi zat besi, magnesium dan seng.

Baca Juga: 5 Resep Steak Ayam ala Restoran, Bisa Pakai Teflon!

6. Mengandung Carnosine

Keuntungan lain dari konsumsi daging sapi adalah memberikan banyak karnosin.

Carnosine (beta-analyl-L-histidine) adalah senyawa yang dibuat dengan kombinasi asam amino alanine dan histidine. 

Senyawa ini ditemukan di seluruh tubuh dan memiliki beberapa peran penting dalam kesehatan manusia.

Karena daging sapi adalah salah satu sumber karnosin tertinggi yaitu mengandung sekitar 50% lebih banyak daripada unggas.

Ini adalah manfaat daging sapi untuk kesehatan lainnya yang sangat baik bagi tubuh.

Apa fungsi carnosine? Untuk satu hal, carnosine memiliki sifat anti-glikosilasi.

Tepatnya, carnosine mengurangi bahaya dari proses yang disebut "glikasi" yang melibatkan produk akhir glikasi lanjutan.

Glikasi sangat penting dalam proses penuaan yang secara progresif merusak tubuh, serta berpotensi menyebabkan aterosklerosis dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Selain itu, carnosine membantu meningkatkan sistem kekebalan dan mengurangi peradangan.

Senyawa ini juga dianggap membantu mencegah peroksidasi lipid di dalam sel tubuh manusia.

7. Kaya Kandungan Vitamin B12

Beef Steak

Foto: Beef Steak (Freepik.com/timolina)

Ada banyak nutrisi penting yang menjadi bagian dari manfaat daging sapi dalam jumlah banyak, yaitu rangkaian vitamin B.

Selain itu, daging sapi juga mengandung sedikit vitamin E dan K.

Vitamin B12 (cobalamin) adalah nutrisi yang sangat penting dan ini hanya tersedia dari makanan hewani.

Vitamin ini juga memiliki banyak manfaat yang meliputi perbaikan kulit, suasana hati yang positif, tidur yang lebih nyenyak, dan regenerasi saraf.

Penting untuk disadari bahwa kekurangan vitamin B12 juga dapat meningkatkan risiko depresi dan masalah kesehatan mental.

Untungnya, dalam setiap porsi atau 170 gram daging sapi, tersedia hampir 100% dari jumlah B12 yang disarankan.

Baca Juga: Memahami Kecerdasan Emosional dan Cara Melatihnya

8. Meningkatkan Fungsi Otak dan Kecerdasan Kognitif

Anemia bisa mengganggu fungsi kognitif pada anak-anak. Begitu juga kekurangan vitamin B12.

Karena itu penting untuk mengonsumsi nutrisi tersebut untuk mendukung perkembangan kognitif.

Menurut studi di jurnal Nutrients, daging dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak dan remaja.

Tentunya ini berkaitan juga dengan gizi seimbang yang dikonsumsi.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Sering Makan Daging Merah Timbulkan Kanker Payudara?

Itu dia Moms, ragam manfaat daging sapi. Karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tentu tidak ada salahnya Moms mengonsumsi daging.

Hanya saja pastikan tidak dalam jumlah yang berlebihan, dan selalu imbangi dengan makanan sehat lainnya serta olahraga rutin.

  • https://advancenutrition.ie/advance-animal-nutrition-products-ireland/advance-beef-nutrition-products/advance-nutrition-beef-elite/
  • https://www.eatforhealth.gov.au/
  • https://wiki.cancer.org.au/policy/Position_statement_-_Meat_and_cancer_prevention?_ga=2.50591849.1153980182.1593127960-1313789132.1593127960
  • http://nutritiondata.self.com/facts/beef-products/6206/2
  • http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1467-3010.2005.00467.x/abstract.
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1442656
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20479151
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20495462
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19498009
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24815945
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20717017/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6722791/