2-3 tahun

27 Maret 2021

Simak Sumber Makanan Mengandung Zat Besi, Cegah Anemia!

Penuhi kebutuhan zat besi harian Si Kecil ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, yuk cari tahu ragam makanan mengandung zat besi berikut ini.

Di masa pertumbuhan, Si Kecil mungkin akan sulit mengonsumsi makanan bernutrisi, apalagi bila ia sedang mengalami masa Gerakan Tutup Mulut (GTM). Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua.

Salah satu nutrisi yang tidak kalah penting dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak adalah zat besi. Karena itu, Moms perlu memastikan Si Kecil mengonsumsi makanan sumber zat besi yang cukup setiap hari.

"Kekurangan zat besi masih menjadi masalah bagi beberapa anak. Umumnya, anak harus makan setidaknya dua atau lebih makanan dengan kandungan zat besi setiap hari," jelas Vincent Iannelli, MD, dokter anak bersertifikat dan mengutip Very Well Health.

Baca Juga: Bayi Cukup Zat Besi atau Belum ya? Yuk Pastikan dengan Cara Ini!

Makanan Mengandung Zat Besi untuk Anak

Anak yang kekurangan asupan sumber zat besi dapat mengalami anemia. Karena itu, yuk mulai ajak Si Kecil mengonsumsi makanan mengandung zat besi berikut ini, Moms!

1. Daging Tanpa Lemak, Bisa Dibuat untuk Sup

sumber zat besi-daging tanpa lemak

Foto: Orami Stock Photos

Daging dan unggas menjadi sumber makanan mengandung zat besi yang baik karena mengandung banyak zat besi heme. Daging sapi dan hati khususnya, memiliki banyak zat besi.

Moms bisa membuat sup, atau spaghetti dengan saus daging tanpa lemak yang dimasak dengan baik. Pastikan untuk menghilangkan bagian berlemak dari daging karena hanya ada sedikit zat besi di bagian berlemak.

2. Bayam, Sayuran Terbaik

sumber zat besi-baya

Foto: Orami Stock Photos

Sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung, brokoli, dan bayam adalah beberapa pilihan sayuran terbaik untuk sumber makanan mengandung zat besi. Moms bisa menyajikan bayam rebus untuk Si Kecil.

Jika anak tidak terlalu suka, Moms dapat mencampur bayam dan sayuran hijau lainnya ke dalam makanan, seperti telur orak-arik misalnya. Telur juga dapat menjadi sumber zat besi yang baik.

Baca Juga: Merasa Lemas Karena Kurang Zat Besi, Ini 4 Makanan untuk Penderita Anemia

3. Ikan, Salmon Bisa Jadi Pilihan Tepat

sumber zat besi-ikan

Foto: Orami Stock Photos

Selain daging, ikan dapat menjadi sumber makanan mengandung zat besi lainnya. Dalam International Journal of General Medicine, disebutkan bahwa ikan termasuk golongan zat besi heme.

Selain zat besi, konsumsi ikan pada anak juga merupakan sumber protein yang baik. Ikan lain seperti salmon, punya kandungan asam lemak omega-3 yang bisa menyehatkan otak.

4. Selai Kacang, untuk Kudapan Si Kecil

sumber zat besi-selai kacang

Foto: Pixabay.com

Selai kacang dapat menjadi sumber makanan mengandung zat besi tambahan dengan rasa yang enak, dan cocok sebagai camilan Si Kecil.

Ketimbang makan makanan manis, buat roti gandum yang diolesi selai kacang untuk kudapan bergizi.

Menurut situs U.S Department of Agriculture, jumlah zat besi dalam selai kacang bervariasi tergantung dari mereknya, tetapi biasanya mengandung sekitar 0,56 mg zat besi per sendok makan.

Selain menggunakan roti gandum, Moms juga dapat membuat camilan sehat lainnya yaitu dengan pisang yang diolesi selai kacang favorit Si Kecil.

Baca Juga: Sebelum Terjadi, Ini 7 Cara Mencegah Anemia

5. Cokelat Hitam, Juga Kaya Antioksidan

sumber zat besi-cokelat hitam

Foto: Orami Stock Photos

Cokelat hitam tidak hanya menjadi makanan kaya antioksidan, tetapi dapat membantu meningkatkan asupan sumber makanan mengandung zat besi.

National Institute of Health mencatat bahwa konsumsi cokelat hitam memberikan 7 mg zat besi per 85 gram.

Selain cokelat hitam, studi dalam British Journal of Nutrition, menyebutkan bahwa serbuk kakao mungkin merupakan sumber zat besi yang signifikan untuk manusia.

Tetapi, jika Si Kecil tidak begitu suka makan cokelat hitam karena rasanya lebih pahit, Moms bisa melelehkannya dan mencampur cokelat hitam dengan selai kacang, lalu oleskan ke roti untuk suguhan yang kaya akan zat besi.

6. Buah-buahan, Salah Satunya Semangka

sumber zat besi-semangka

Foto: Orami Stock Photos

Buah-buahan tertentu merupakan sumber makanan mengandung zat besi yang baik dan cocok untuk Si Kecil. Berikut ini beberapa buah-buahan dan angka jumlah zat besi dalam porsi 1 cangkir:

  • Kismis: 4 mg
  • Aprikot kering: 3,46 mg
  • Ceri merah: 0,71 mg
  • Semangka dipotong dadu: 0,36 mg
  • Buah prem: 0,36 mg

Jika ada buah-buahan yang kurang disukai Si Kecil, Moms dapat menjadikan buah-buah ini dalam bentuk smoothie buah, dicampur sedikit yogurt atau madu sehingga rasanya lebih lezat.

Baca Juga: Zat Besi dapat Meningkatkan Kesuburan, Ini Kata Ahli!

7. Organ Hati, Mencukupi Nilai Nutrisi Harian Zat Besi

makanan mengandung zat besi-hati

Foto: Orami Stock Photos

Daging organ sangat bergizi. Jenis yang populer dikonsumsi biasanya termasuk hati, ginjal, otak, dan jantung, dan ini semuanya menjadi makanan mengandung zat besi yang tinggi.

Food Data Central menyebutkan, porsi hati sapi seberat 100 gram mengandung 6,5 mg zat besi, atau 36% dari nilai nutrisi harian.

Terlebih lagi, jeroan adalah salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi penting untuk kesehatan otak dan hati yang tidak cukup bagi banyak orang.

8. Brokoli, Sekaligus Asupan Vitamin C

makanan mengandung zat besi-brokoli

Foto: Orami Stock Photos

Sayuran brokoli sangat bergizi dan dapat menjadi sumber makanan mengandung zat besi. Satu cangkir porsi brokoli matang atau kisaran 156 gram mengandung 1 mg zat besi, yang merupakan 6% dari nilai nutrisi harian.

Terlebih lagi, satu porsi brokoli juga memberikan 112% dari nilai nutrisi harian untuk vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik, menurut Journal of American Dietitic Association.

Porsi brokoli yang sama juga mengandung tinggi folat dan menyediakan 5 gram serat, serta beberapa vitamin K.

Brokoli adalah anggota dari keluarga sayuran silangan, yang juga termasuk kembang kol, kubis Brussel, kangkung, dan kubis.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Bayi 8 Bulan dengan Brokoli

9. Tahu, Olahan Kedelai Penuh Nutrisi

makanan mengandung zat besi-tahu

Foto: Orami Stock Photos

Tahu adalah makanan berbahan dasar kedelai yang populer di kalangan vegetarian dan di beberapa negara Asia. Tahu juga menjadi sumber makanan mengandung zat besi.

Setengah cangkir tahu (126 gram) menyediakan 3,4 mg zat besi, yang merupakan 19% dari nilai nutrisi harian.

Tahu juga merupakan sumber tiamin dan beberapa mineral yang baik, termasuk kalsium, magnesium, dan selenium. Selain itu, menyediakan 22 gram protein per porsi.

Selain itu, yahu mengandung senyawa unik yaitu isoflavon, yang telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, penurunan risiko penyakit jantung, dan bantu menghambat gejala menopause.

10. Kerang dan Tiram, Seafood Sumber Zat Besi

makanan mengandung zat besi-kerang

Bagi Moms atau Si Kecil pecinta seafood dan tidak memiliki masalah alergi, sesekali bisa diberikan sumber makanan mengandung zat besi yaitu kerang.

Menurut Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan, makhluk laut moluska seperti kerang dan tiram sarat dengan nutrisi penting.

National Institute of Health mengatakan bahwa zat seng membantu sistem kekebalan menangkis virus dan bakteri, dan vitamin B12 membantu menjaga saraf dan sel darah tetap sehat.

Baca Juga: 6 Dampak Kekurangan Zat Besi pada Balita

Takaran Sumber Zat Besi Harian untuk Anak

sumber zat besi-takaran yang tepat

Foto: Orami Stock Photos

Moms sudah mengetahui apa saja makanan mengandung zat besi yang bisa dikonsumsi. Tetapi, ada juga hal penting terkait nutrisi zat besi yang patut diketahui.

Zat besi yang dikonsumsi manusia terdiri dari dua jenis, yaitu zat besi heme dan non-heme.

Zat besi heme hanya ada di produk hewani, seperti daging dan makanan laut. Sementara zat besi non-heme berasal dari sumber non-hewani.

Jika Si Kecil tidak mengonsumsi cukup zat besi, ia akan mengalami defisiensi zat besi, yaitu anemia. Mengutip BetterHealth, gejala anemia defisiensi besi pada anak-anak dapat meliputi:

  • Masalah perilaku
  • Infeksi berulang
  • Kehilangan selera makan
  • Lesu
  • Sesak napas
  • Peningkatan berkeringat
  • Kegagalan untuk tumbuh pada tingkat yang diharapkan.

National Institutes of Health mengungkapkan bahwa porsi asupan zat besi harian yang harus didapatkan oleh anak-anak yaitu:

  • Bayi 7-12 bulan, 11 mg
  • Balita berusia 1-3 tahun, 7 mg
  • Anak-anak berusia 4-8 tahun, 10 mg

Itu dia Moms, sumber makanan mengandung zat besi yang bisa dipilih sebagai menu makanan utama Si Kecil untuk tumbuh kembang yang lebih optimal.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait