Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
28 Januari 2022

Enak dan Bergizi, Ini 13 Manfaat Selai Kacang bagi Kesehatan Tubuh

Makanan sehat itu juga bisa enak kok, Moms!
Enak dan Bergizi, Ini 13 Manfaat Selai Kacang bagi Kesehatan Tubuh

Di balik rasanya yang gurih dan teksturnya yang meleleh di mulut, manfaat selai kacang untuk anak juga banyak lho, Moms.

Yuk, ketahui sejumlah manfaat selai kacang bagi kesehatan tubuh, yang jarang orang tahu!

Kandungan Gizi Selai Kacang

kacang-manfaat-selai.jpg

Foto: kacang-manfaat-selai.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bagi mereka yang tidak memiliki alergi, selai kacang adalah makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan tiga makronutrien.

Wajar saja Moms, karena dalam 100 gram selai kacang setidaknya terkandung:

  • 20 gram karbohidrat, 6 gram di antaranya adalah serat
  • 25 gram protein
  • 50 gram lemak tak jenuh tunggal

Tak hanya itu, ini juga ditambah berbagai nutrisi lain yang tidak kalah penting.

Di antaranya seperti vitamin E, magnesium, folat, dan banyak lagi.

Baca Juga: 5 Minuman untuk Dehidrasi, Bantu Gantikan Cairan Tubuh dengan Cepat

Manfaat Selai Kacang untuk Kesehatan

Moms pasti jadi tambah penasaran dengan manfaat selai kacang bagi kesehatan tubuh?

Yuk, cari tahu lebih banyak melalui informasi di bawah ini.

1. Tingkatkan Nafsu Makan

enak dan bergizi, ini dia manfaat selai kacang untuk anak 1

Foto: enak dan bergizi, ini dia manfaat selai kacang untuk anak 1

Foto: Orami Photo Stock

Ingin Si Kecil tidak banyak jajan di sekolah?

Moms bisa coba masukkan selai kacang ke dalam makanan anak.

Survey yang diadakan oleh Thygarajan dan Burks dari American Associations of Pediatrician memaparkan, anak-anak lebih mau makan dan menghabiskan bekal buah yang jika diberi saus celupan favoritnya.

Saus celupan yang dimaksud salah satunya selai kacang.

Ini menjadi trik jitu agar anak tetap nafsu makan meski seharian beraktivitas, Moms.

2. Energi Tambahan

Siapa sangka, ternyata manfaat selai kacang berikutnya juga baik untuk sehari-hari.

Kombinasi serat dan protein di dalamnya menghasilkan energi tambahan bagi tubuh.

Bahkan, membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, lho.

3. Jaga Berat Badan Ideal

manfaat-selai-kacang-penurun-berat-badan.jpg

Foto: manfaat-selai-kacang-penurun-berat-badan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu upaya mengedalikan berat badan tetap stabil dengan beralih ke camilan sehat, yakni selai kacang.

Manfaat selai kacang untuk kesehatan ini sudah lama dikenal membantu mengendalikan berat badan.

Tentunya dengan diimbangi pola hidup sehat dan rutin berolahraga.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Tidak semua lemak itu jahat, Moms.

Salah satu manfaat selai kacang adalah mendukung kesehatan jantung melalui kandungan lemak di dalamnya.

Salah satu lemak utama dalam selai kacang adalah asam oleat.

Ketika diganti dengan lemak lain dalam makanan, asam oleat terbukti membantu menjaga kolesterol baik, gula darah, dan tekanan darah.

Mengelola kadar ini dalam tubuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Lemak di Perut dalam Waktu Singkat

5. Menurunkan Kolesterol Jahat

peanut-butter-2-1.jpg

Foto: peanut-butter-2-1.jpg

Foto: shutterstock.com

Selai kacang juga mengandung omega-6.

Asam lemak ini menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol pelindung (HDL).

Selain itu, kacang tanah menjadi sumber alami arginin, yakni asam amino yang dapat mencegah penyakit jantung.

Ini juga meningkatkan fungsi pembuluh darah jadi lebih baik.

6. Kaya akan Vitamin E

Selai kacang adalah makanan yang kaya akan vitamin E.

Melansir Healthline, terdapat 45% kandungan vitamin E untuk kebutuhan tubuh perharinya.

Ini bisa diperolah hanya dalam 100 gram selai kacang, lho!

Nah, vitamin E itu termasuk antioksidan kuat yang memiliki berbagai manfaat, yakni:

  • Menjaga kesehatan otak
  • Meningkatkan fungsi saraf
  • Mencegah lupa ingatan
  • Baik untuk kesehatan kulit

Selain dalam selai kacang, ini juga mudah ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan.

7. Mencegah Gangguan Saraf

Pack-More-Protein_Feature-Image.jpg

Foto: Pack-More-Protein_Feature-Image.jpg

Foto: pinterest.com

Selain itu, tiamin yang terkandung di dalam kacang juga membantu otak dan sistem saraf berfungsi dengan baik.

Itulah kenapa salah satu manfaat selai kacang yang banyak dikenal adalah dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer serta penurunan fungsi saraf.

Tidak hanya kaya akan vitamin E, selai kacang juga tinggi biotin dan mengandung vitamin B5, zat besi, kalium, seng, dan selenium dalam jumlah yang besar.

8. Menurunkan Risiko Diabetes

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School, diketahui mengonsumsi sekitar 2 sendok makan selai kacang sebanyak 5 kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 21%.

Dengan indeks glisemiknya yang rendah, manfaat selai kacang lainnya juga bisa menjadi alternatif camilan sehat.

Tentunya, ini tidak mengakibatkan lonjakan gula darah.

Melansir dari laman Medical News Today, makan selai kacang saat sarapan membantu penderita obesitas untuk mengelola kadar glukosa darah mereka.

Baca Juga: Mengenal 13 Jenis Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

9. Sebagai Anti Kanker

Manfaat selai kacang berikutnya adalah sebagai sumber antioksidan yang bagus seperti mangan, vitamin E, dan vitamin B.

Senyawa ini berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel di tubuh dan efek ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker.

Salah satu antioksidan paling kuat dari selai kacang adalah asam coumaric.

10. Menurunkan Risiko Obesitas

kid.jpg

Foto: kid.jpg

Foto: gettyimages.com

Meski terasa manis, selai kacang bisa mengontrol lonjakan gula dalam darah, Moms.

Selai kacang juga mengandung resveratrol, antioksidan yang telah terbukti baik untuk kesehatan.

Ini memiliki efek anti kanker dan dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan penurunan kognitif.

11. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Manfaat selai kacang yang lainnya adalah dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal.

Melansir American Journal of Clinical Nutrition yang dikutip oleh Organic Facts, orang yang rutin mengonsumsi kacang tanah dalam berbagai bentuk termasuk selai, mengalami penurunan risiko batu ginjal dibanding yang tidak.

Batu ginjal menjadi salah satu risiko kesehatan yang dapat menyerang siapa pun.

Kondisi ini sering diidap bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan, seperti:

  • Kelebihan berat badan
  • Diet ketat
  • Efek samping obat tertentu

Penggunaan pil KB pun menjadi salah satu faktor yang memicu terbentuknya batu di ginjal.

Baca Juga: Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Kena Batu Ginjal, Benarkah?

12. Turunkan Risiko Kanker Payudara

Pixabay_Selai kacang.jpg

Foto: Pixabay_Selai kacang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, manfaat lain yang bisa dirasakan yakni untuk kaum perempuan.

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah terbentuknya kanker payudara.

Sebuah studi dalam Breast Cancer Research and Treatment, melaporkan bahwa makan selai kacang dan kacang-kacangan pada usia berapa pun dapat menurunkan risiko kanker payudara pada usia 30 tahun.

Baca Juga: Bolehkah Bayi 6-12 Bulan Makan Selai Kacang?

13. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat selai kacang lainnya juga bisa dirasakan untuk kesehatan tulang.

Agar manfaat selai kacang untuk tubuh semakin besar, sebaiknya pilih yang tambahan gulanya paling sedikit.

Moms juga bisa membuatnya sendiri di rumah agar lebih sehat.

Jangan lupa, porsinya juga tidak boleh terlalu banyak ya, Moms.

Kira-kira kreasi makanan apa yang bisa dibuat dengan tambahan selai kacang ya, Moms?

  • https://nationalpeanutboard.org/news/pediatrician-qa-new-guidelines-help-pediatricians-and-parents-introduce-peanut-products-to-infants.htm
  • https://www.webmd.com/diet/peanut-butter-good-for-you#1
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12444862/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323781#health-benefits
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-peanut-butter.html
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3903425/