Kesehatan

KESEHATAN
15 Maret 2020

Simak Kebaikan Lemak Tak Jenuh Bagi Tubuh

Pastikan Moms mendapat asupan yang cukup, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Lemak tak jenuh merupakan jenis lemak yang dianggap sebagai lemak 'sehat' dan penting untuk menjadi bagian dari menjaga pola makan yang sehat.

Menurut Dietitians Association of Australia, lemak tak jenuh membantu mengurangi risiko kadar kolesterol tinggi, dan memiliki manfaat kesehatan lainnya dalam menggantikan lemak jenuh dalam makanan.

Lemak tak jenuh sendiri terbagi menjadi dua: lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Kedua jenis lemak ini berbeda dari segi struktur kimia dan memiliki manfaat kesehatan yang sedikit berbeda.

Cari tahu apa saja manfaat dari lemak tak jenuh untuk kesehatan tubuh berikut ini yuk, Moms.

Baca Juga: 4 Bahaya Lemak Jenuh untuk Tubuh, Waspada!

Manfaat Lemak Tak Jenuh untuk Kesehatan

Lemak tak jenuh yang baik ini berasal dari sumber alami seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.

Pada suhu kamar, lemak ini berbentuk cairan, bukan padat.

1. Lemak Tak Jenuh Tunggal (Monounsaturated Fats)

manfaat lemak tak jenuh-1

Foto: Orami Photo Stock

Sumber baik lemak tak jenuh tunggal adalah minyak zaitun, minyak kacang tanah, minyak canola, alpukat, sebagian besar kacang, dan minyak bunga matahari.

Dalam jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology yang melakukan studi pada tikus, membandingkan pola makan kaya lemak jenuh dengan pola makan yang kaya minyak zaitun dan kacang-kacangan.

Hasilnya, diet yang diperkaya dengan minyak zaitun dan kacang-kacangan, dapat menurunkan kadar kolesterol plasma dan trigliserida, menghambat pembentukan monosit berbusa, peradangan, dan mengurangi aterosklerosis (radang pada pembuluh darah) pada tikus, ketimbang pola makan Barat yang tinggi lemak jenuh.

Melansir American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, lemak tak jenuh ini juga menyediakzan nutrisi untuk membantu mengembangkan dan memelihara sel-sel dalam tubuh, terutama dalam menyumbang asupan vitamin E.

Baca Juga: 4 Sumber Lemak Terbaik untuk MPASI Bayi

2. Lemak Tak Jenuh Ganda (Polyunsaturated Fat)

manfaat lemak tak jenuh-2

Foto: Orami Photo Stock

Lemak tak jenuh ganda juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol LDL (jahat) dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengutip Medline Plus, lemak tak jenuh ganda terbagi lagi menjadi dua, yaitu lemak omega-3 dan omega-6. Kedua asam lemak esensial ini dibutuhkan tubuh untuk fungsi otak dan pertumbuhan sel.

Karena tubuh tidak dapat membuat asam lemak esensial, jadi Moms hanya bisa mendapatkannya dari makanan.

Asam lemak omega-3 baik untuk jantung karena memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Mengurangi trigliserida, sejenis lemak dalam darah
  • Mengurangi risiko pengembangan detak jantung yang tidak teratur (aritmia)
  • Perlambat penumpukan plak di arteri
  • Menurunkan tekanan darah

Sementara itu, asam lemak omega-6 dapat membantu:

  • Mengontrol gula darah
  • Mengurangi risiko diabetes
  • menurunkan tekanan darah

Harvard Health menyebutkan, sumber asam lemak omega-3 yang baik termasuk ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden, biji rami, kacang walnut, minyak canola, dan minyak kedelai.

Sedangkan, makanan yang kaya asam lemak omega-6 lainnya termasuk minyak nabati seperti minyak safflower, minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak walnut, dan minyak jagung.

Nah, itu dia beberapa manfaat lemak tak jenuh bagi kesehatan tubuh. Kurangi konsumsi lemak jenuh dan perbanyak asupan lemak tak jenuh agar tubuh lebih sehat ya, Moms.

Baca Juga: Waspada! Lemak Trans Dapat Meningkatkan Risiko Infertilitas Pada Perempuan

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait