Parenting

25 Agustus 2021

Ketahui Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Manfaat Musyawarah Berikut Ini!

Ternyata musyawarah ada banyak manfaatnya lho! Berikut ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Karla Farhana

Tampaknya musyawarah telah menjadi hal yang penting bagi kebanyakan orang. Manfaat musyawarah sangat banyak, bahkan asas musyawarah juga juga telah menjadi salah satu yang tertulis dalam dasar negara.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan musyawarah dan apa manfaat musyawarah dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya!

Pengertian Musyawarah

manfaat musyawarah

Foto: ncfp.org

Kata musyawarah sendiri berasal dari bahasa Arab, yakni Syawara yang artinya berunding, urun rembuk atau mengajukan sesuatu. Sementara dalam tata Negara Indonesia dan kehidupan modern musyawarah dikenal dengan sebutan syuro, rembug desa, kerapatan nagari, bahkan demokrasi.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musyawarah merupakan pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah. Musyawarah juga memiliki tujuan untuk mencapai mufakat atau persetujuan. Pada dasarnya, prinsip dari musyawarah ini adalah bagian dari demokrasi sehingga saat ini sering dikaitkan dengan dunia politik demokrasi.

Dalam demokrasi Pancasila di Indonesia, penentuan hasil dilakukan dengan cara musyawarah untuk mufakat. Namun jika tidak ada jalan keluar atau mengalami kebuntuan, biasanya akan dilaksanakan voting atau pemungutan suara.

Dari berbagai pengertian itu dapat disimpulkan bahwa musyawarah adalah suatu sistem pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang dengan mengakomodasi semua kepentingan. Dengan begitu akan tercipta satu keputusan yang disepakati bersama dan dapat dijalankan oleh seluruh peserta yang mengikuti musyawarah.

Baca Juga: Diskusikan 4 Hal Ini Setiap Hari dengan Suami Agar Pernikahan Bahagia

Ciri-Ciri dan Tujuan Musyawarah

manfaat musyawarah

Foto: bola.com

Setelah memahami apa itu musyawarah, maka kini Moms perlu paham mengenai ciri-ciri, dan tujuan dari musyawarah itu sendiri secara umum. Berikut ulasannya:

1 . Ciri-Ciri Musyawarah

Saat melakukan musyawarah, ada beberapa ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Umumnya dilakukan berdasarkan atas kepentingan bersama.
  • Hasil keputusan musyawarah ini dapat diterima dengan akal sehat dan sesuai hati nurani.
  • Pendapat yang diusulkan dalam musyawarah mudah dipahami dan tidak memberatkan anggota musyawarah.
  • Mengutamakan pertimbangan moral dan bersumber dari hati nurani yang luhur.

2. Tujuan Musyawarah

Sementara itu, dalam bermusyawarah ada tujuan yang harus dihasilkan atau diputuskan, antara lain:

  • Mendapatkan kesepakatan bersama sehingga keputusan akhir yang diambil dalam musyawarah bisa diterima dengan baik dan dilaksanakan oleh semua anggota dengan penuh rasa tanggung jawab.
  • Dilakukan untuk menyelesaikan kesulitan dan memberikan kesempatan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang sehingga keputusan yang dihasilkan sesuai persepsi dan standar anggota musyawarah. Keputusan yang diambil dengan musyawarah juga akan lebih berbobot karena di dalamnya terdapat pemikiran, pendapat, dan ilmu dari para anggotanya.

Baca Juga: Yuk Ajak Anak Berdiskusi Sejak Dini, Ini 4 Manfaat Baik Untuk Si Kecil!

Manfaat Musyawarah

manfaat musyawarah

Foto: parentmap.com

Secara umum, berikut ini adalah beberapa manfaat dari musyawarah:

1. Melatih untuk Mengemukakan Pendapat

Dalam proses musyawarah, baik itu musyawarah dalam keluarga atau di masyarakat, setiap orang memiliki ide atau gagasan yang berbeda-beda. Pendapat ini sebetulnya bisa diekspresikan atau diutarakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang dibahas.

Dengan musyawarah keluarga misalnya, anak bisa berlatih mengutarakan pendapatnya yang nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mencari solusi atas masalah yang sedang dibahas. Semisal saat anak memilih jurusan untuk kuliah, anak bisa memberikan dasar pertimbangannya dalam memilih jurusan, dan orangtua juga bisa memberikan saran atau gambaran yang lebih luas yang mungkin belum anak pahami.

2. Masalah Bisa Segera Terpecahkan

Manfaat musyawarah dalam keluarga juga sangat penting, seperti untuk mencari beberapa alternatif untuk menyelesaikan suatu masalah, yang dalam hal ini merupakan kepentingan bersama. Pendapat yang berbeda dari anak atau anggota keluarga yang lain nyatanya bisa lebih baik dari Moms. Jadi dalam membuat pertemuan, sangat penting untuk mendengarkan pendapat orang lain.

3. Keputusan yang Dihasilkan Mempunyai nilai Keadilan

Musyawarah juga bisa disebut sebagai proses audiensi di mana keputusan diambil berdasarkan kesepakatan bersama di antara anggota. Kesepakatan yang dihasilkan tentunya tidak mengandung unsur paksaan. Alhasil semua anggota dapat menjalankan keputusan secara bertanggung jawab dan tanpa paksaan.

4. Hasil Keputusan yang Diambil Menguntungkan Semua Pihak

Keputusan yang diambil secara musyawarah juga tidak boleh merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah. Ini dilakukan supaya hasil yang diputuskan dalam musyawarah bisa diterima dan dilaksanakan oleh seluruh anggota dengan keikhlasan.

Di sini juga jadi manfaat musyawarah pada anak, sebab anak akan berlatih untuk mengikuti aturan dan persetujuan yang sudah dibuat. Semisal saat orangtua dan anak sepakat untuk mengatur jam bermain gadget menjadi lebih sedikit jika nilai akademis di sekolah menurun. Maka ini akan melatih agar anak ikhlas dan fokus kepada hal yang lebih penting.

5. Dapat Menyatukan Pendapat yang Berbeda

Perbedaan pendapat pasti akan ditemui dalam setiap musyawarah yang melibatkan semua anggotanya, terutama jika menyangkut urusan dan kepentingan bersama. Inilah keindahan musyawarah karena setiap pendapat yang berbeda akan dikumpulkan dan ditinjau bersama-sama untuk kebaikan dan keburukan. Sehingga pada akhir musyawarah akan dipilih satu atau lebih pendapat yang berbeda untuk akhirnya disetujui.

Baca Juga: 8 Sosok Pahlawan Nasional Wanita Indonesia yang Harus Kita Tahu

6. Adanya Kebersamaan

Manfaat musyawarah lainnya adalah mempererat hubungan persaudaraan antar sesama anggota. Setiap orang akan bertemu dengan beberapa karakter berbeda dari para anggota dan mereka jadi lebih dekat karena di dalam musyawarah setiap orang diharapkan untuk saling terbuka. Dengan saling terbuka ini, maka akan tumbuh rasa kebersamaan bahwa sesuatu dilakukan untuk satu tujuan bersama.

7. Dapat Mengambil Kesimpulan yang Benar

Hasil keputusan yang diambil selama musyawarah merupakan keputusan yang dianggap sudah benar dan sah. Sehingga hasil tersebut harus dilaksanakan dengan baik oleh mereka yang telah berparisipasi dalam musyawarah.

8. Mencari Kebenaran dan Mencegah Kekeliruan

Dengan musyawarah, semua anggota bisa menemukan kebenaran dari masalah yang dibicarakan untuk kepentingan bersama.

9. Menghindari Celaan

Dengan musyawarah, setiap orang akan terhindar dari berbagai macam tanggapan dan kritik dari orang lain. Karena semua hasil dan proses musyawarah dibahas bersama dan ditinjau oleh semua anggota.

10. Terciptanya Stabilitas Emosi

Dalam musyawarah akan ditemukan pendapat yang berbeda dengan yang Moms sampaikan. Hal seperti ini akan melatih Moms untuk menahan emosi dengan menghargai apapun pendapat orang lain yang sedang dalam musyawarah, sehingga membuat emosi antar anggota tetap stabil

Baca Juga: 7 Pahlawan Indonesia Paling Populer di Mata Anak-anak

Contoh Musyawarah

manfaat musyawarah

Foto: govdelivery.com

Ada beberapa contoh musyawarah yang bisa diterapkan dalam banyak tempat, misalnya:

1. Dalam Keluarga

Musyawarah bisa dilakukan saat hendak melakukan banyak hal, seperti pembagian tugas di rumah atau menentukan destinasi liburan.

2. Dalam Lingkungan Sekolah

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, musyawarah untuk mengadakan lomba, pemilihan ketua kelas, dan masih banyak lagi.

3. Dalam Lingkungan Masyarakat

Musyawarah bisa dilakukan untuk membentuk panitia ulang tahun desa, meninjau pembentukan sistem keamanan desa, dan meninjau pemeliharaan jalan desa, dan lain-lain.

4. Dalam Lingkungan Negara

Rapat anggota DPR, musyawarah untuk merumuskan undang-undang dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat musyawarah dan contoh-contohnya. Dengan mengajarkan manfaat musyawarah pada anak, maka Moms secara tidak sengaja sudah mengenalkan asas demokrasi kepada anak. Dengan begini, anak bisa tumbuh dengan kepribadian yang lebih baik.

https://id.berita.yahoo.com/pengertian-musyawarah-ciri-ciri-tujuan-012045929.html

https://portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1152379444/tuliskan-4-manfaat-musyawarah-dalam-kehidupan-sehari-hari-di-lingkungan-keluarga-dan-masyarakat

https://www.pengadaanbarang.co.id/2021/02/manfaat-musyawarah.html

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2021/04/musyawarah-adalah.html

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait