Kehamilan

15 Februari 2020

4 Manfaat Okra bagi Ibu Hamil, Sehat Banget!

Ternyata Okra memiliki sumber mineral, vitamin, antioksidan, dan serat yang bermanfaat selama kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, tahukah dengan tanaman okra? Ya, okra adalah tanaman berbunga yang dikenal dengan polong biji yang bisa dimakan. Biasanya dibudidayakan di daerah beriklim hangat dan tropis, seperti yang ada di Afrika dan Asia Selatan.

Menurut International Journal of Nutrition and Food Sciences, Okra pun memiliki sebutan lain yaitu Lady Finger.

Ada dua warna okra yaitu merah dan hijau. Kedua varietas memiliki rasa yang sama, dan yang merah berubah menjadi hijau saat dimasak. Walaupun secara biologis diklasifikasikan sebagai buah, okra umumnya digunakan seperti sayur dalam masakan.

Okra juga membantu menjaga banyak infeksi dan penyakit pada jarak tertentu. Vitamin yang dimuat dalam okra membantu mencegah beberapa cacat lahir pada bayi Anda dan meningkatkan pertumbuhan sehat Si Kecil saat berada di dalam rahim.

Baca Juga:Ini Manfaat Okra untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Okra Selama Kehamilan

Okra

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari beingparents.com, Moms harus memasukkan sayuran okra ini terutama pada minggu ke-4 dan ke-12 kehamilan karena saat itulah tabung saraf berkembang di dalam janin. Mengonsumsi okra dapat membantu pengembangan tabung saraf ini Moms.

Lalu, apa saja manfaat okra bagi ibu hamil? Berikut ulasannya.

1. Mengandung Vitamin C

Manfaat okra bagi ibu hamil yang pertama adalah mengandung viramin C. Moms, vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang mendorong pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan.

Nah, vitamin C juga menurut jurnal dari Nutrient dapat meningkatkan kekebalan Moms serta meningkatkan perkembangan kulit, tulang, dan kapiler pada bayi.

2. Tinggi Folat

Manfaat okra bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah mengandung asam folat. Tak banyak yang mengetahui okra sebagai sumber folat yang kuat.

Centers for Disease Control and Prevention, mengungkapkan konsumsi folat dapat menurunkan risiko cacat lahir pada bayi. Bahkan, meningkatkan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, dan membantu mensintesis DNA dan sel darah merah.

Baca Juga: Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

3. Sumber Antioksidan

Manfaat okra bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah sumber antioksidan. Sebuah publikasi keluaran dari Pharmacognosy Review, menerangkan antioksidan utama dalam okra termasuk karotenoid, senyawa fenolik, vitamin C dan E.

Semuanya mampu meningkatkan sistem kekebalan Moms dan Si Kecil dalam kandungan, dan karenanya bisa menurunkan kemungkinan infeksi dan masalah kardiovaskular.

4. Mengandung Serat

Manfaat okra bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah kaya serat. Kaya akan serat yang larut dan tidak larut, okra membantu mengurangi konstipasi selama kehamilan yang selalu menjadi keluhan Moms.

Serat larut bekerja untuk menurunkan kolesterol darah dan mengobati diabetes, dan serat tak larut meningkatkan pencernaan.

Tips Konsumsi Okra bagi Ibu Hamil

Okra yang belum terpotong

Foto: Orami Photo Stock

Berikut adalah beberapa tips dan tindakan pencegahan untuk memasukkan okra ke dalam makanan Anda:

  • Bilas okra dengan seksama sebelum memasaknya. Ini meminimalkan risiko infeksi.
  • Masak dengan api kecil untuk mencegah hilangnya nutrisi.
  • Buat makanan jari yang lezat dengan memotong sayuran menjadi dua, melapisi dengan tepung gram dan menggorengnya dengan minyak.
  • Menggoreng okra, dilapisi remah roti, adalah cara lain untuk mengonsumsi okra.
  • Hancurkan dua okra dan rendam dalam segelas air semalaman. Konsumsilah air keesokan paginya untuk detoksifikasi dan mengatur kadar kolesterol.

Baca Juga:Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

Okra, seperti sayuran lainnya, adalah tambahan sehat untuk diet. Seperti halnya makanan atau nutrisi apa pun, yang terbaik adalah memakannya dalam jumlah sedang dan sebagai bagian dari variasi makanan seimbang.

Namun, Moms pun harus berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi okra selama masa kehamilan berlangsung.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait