Kesehatan Umum

12 Agustus 2021

Manfaat Pohon Cemara untuk Kesehatan dan Hunian, Jadi Lebih Asri

Selain digunakan untuk dekorasi, pohon cemara juga memiliki banyak manfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tidak hanya untuk hunian, ternyata ada juga manfaat pohon cemara untuk kesehatan, lho!

Pohon cemara identik dengan pohon Natal. Sebab, kehadirannya selalu ada di setiap rumah umat Kristen dan Nasrani ketika merayakan kelahiran Nabi Isa yang jatuh setiap tanggal 25 Desember.

Saat merayakan Natal, pohon cemara dihias dengan berbagai dekorasi dan pernak pernik yang meriah.

Selain digunakan untuk dekorasi, pohon cemara juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat pohon cemara ialah sebagai salah satu jenis penghasil kayu bakar terbaik karena tekstur kayunya tidak kering.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat pohon cemara jika ditanam di pekarangan rumah. Meski begitu, ragam manfaat pohon cemara ini masih jarang diketahui banyak orang yang berguna untuk manusia dan kelestarian alam.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat pohon cemara. Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

Manfaat Pohon Cemara di Depan Rumah

manfaat pohon cemara

Foto: moeslimoderat.com

Menurut Jurnal Universitas Negeri Semarang (Unnes) dijelaskan bahwa di Indonesia salah satu jenis pohon cemara yang banyak ditemui ialah Cemara Laut (Casuarina Equisetifolia).

Jenis pohon cemara ini biasanya tumbuh di pesisir pantai dan dimanfaatkan untuk konservasi hutan.

Namun, ada beberapa jenis pohon cemara lain yang dapat tumbuh di pekarangan. Beberapa di antaranya ialah cemara kipas, pensil, norfolk, pua-pua, angin, buaya, lilin, pecut, embun, rentes, chinese gold tree, udang, perak, kinoki, wangi, arizona, hingga cemara laut.

Nah, selain mempercantik pekarangan rumah, berikut ini manfaat pohon cemara di depan rumah.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

1. Membantu Proses Penyuburan Tanah

Manfaat pohon cemara di depan rumah ialah dapat membantu menyuburkan tanah di sekitarnya.

Hal ini lantaran daun pohon cemara yang gugur akan jatuh ke tanah lalu membusuk dan berubah menjadi pupuk atau humus yang baik untuk kesuburan tanah di sekitarnya.

Sehingga, ketika Moms menanam tanaman lain di dekat pohon cemara, diharapkan akan memudahkan tanaman tersebut untuk berbunga, berbuah, dan tumbuh lebih baik.

2. Melindungi Tanaman Lain dari Terpaan Angin

Pohon cemara memiliki ukuran yang tinggi dan besar sehingga menjadikannya sebagai salah satu tanaman pelindung terbaik bagi tanaman berukuran lebih kecil yang ada di pekarangan rumah.

Manfaat pohon cemara dalam hal ini ialah melindungi tanaman lain dari terpaan angin kencang yang berpotensi menghancurkan tanaman tersebut.

Nah, manfaat pohon cemara yang satu ini umumnya digunakan oleh para petani palawija.

Kemudian, pohon cemara ini ditanam di sekitar tanaman palawija sebagai pelindung dari angin kencang dan hujan deras yang berisiko merusak tanaman palawija tersebut.

Baca Juga: Waspada Dampak Pencemaran Udara yang Bisa Rusak Kesehatan dan Bumi Kita!

3. Meredakan Stres

Menurut psikologi Birgitta Gatersleben dari University of Surrey menjelaskan bahwa pohon cemara ampuh untuk meredakan stres.

Hal ini berkaitan dengan makna pohon cemara sebagai simbol kesejahteraan dan kepuasan dalam kehidupan.

Sehingga, manfaat pohon cemara di depan rumah diharapkan dapat memberikan suasana yang menenangkan sekaligus meringankan stres hingga mengobati penyakit mental.

4. Dapat Dimanfaatkan Buahnya

Beberapa jenis pohon cemara menghasilkan buah yang mengandung vitamin C tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C di dalamnya tidak kalah dengan sumber vitamin C lainnya seperti jeruk maupun jambu.

Seperti yang diketahui, menurut Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine vitamin C dalam pohon cemara memiliki banyak khasiat salah satunya untuk mencerahkan kulit dan sebagai antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit berbahaya.

Baca Juga: 10 Manfaat Petai Cina yang Pohonnya Mulai Sulit Ditemui

5. Mencegah Abrasi

Apabila Moms tinggal di daerah pesisir, maka penting untuk menanam pohon cemara untuk mencegah abrasi.

Dalam hal ini, abrasi merupakan proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut air laut yang dapat merusak bibir pantai dan membahayakan penduduk di sekitarnya.

6. Sebagai Hiasan

Apabila Moms salah satu keluarga yang merayakan Natal, tak perlu kebingungan membeli pohon Natal setiap tahunnya.

Sebab, Moms bisa memanfaatkan pohon cemara yang ada di depan rumah untuk hiasan pohon Natal. Tentunya selain indah, praktis, cara ini juga dapat menghemat budget perayaan Natal.

Baca Juga: Penuh Manfaat, Begini Cara Menanam Pohon Bidara di Rumah

7. Meneduhkan

Pohon cemara dapat tumbuh menjulang hingga beberapa meter. Tentunya hal ini membawa kesejukan sendiri di depan rumah.

Selain itu, dengan hadirnya pohon cemara di pekarangan bisa jadi peneduh agar rumah atau teras tidak terkena terik sinar matahari yang terlalu menyengat.

Selain itu, manfaat pohon cemara lainnya di depan rumah ialah untuk menyejukkan pemandangan.

Manfaat Pohon Cemara Kipas

manfaat pohon cemara kipas

Foto: britannica.com

Tanaman yang memiliki nama latin Platycladi Semen, atau di dalam bahasa Cina disebut dengan nama Bai Zi Ren ini umumnya ditanam di daerah dataran sedang.

Meski begitu, tanaman ini juga bisa beradaptasi dengan wilayah dataran rendah asalkan dengan perawatan khusus.

Tak hanya berfungsi sebagai hiasan pohon Natal dan mempercantik ruangan, ternyata pohon cemara kipas memiliki segudang khasiat kesehatan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat pohon cemara kipas.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Yuk Mengenal Pohon Pule dan Kegunaannya untuk Kesehatan!

1. Menstabilkan dan Menjaga Kesehatan Emosional

Ekstrak dari daun cemara kipas dapat dijadikan sebagai campuran minyak esensial untuk meningkatkan konsentrasi, spiritualitas, dan kesehatan emosional secara menyeluruh.

Efek grounding dan stimulasi yang terdapat pada cemara kipas ampuh menyingkirkan kelemahan fisik dan mental serta stres yang berlebihan.

Mengoleskan ekstrak cemara kipas ke beberapa titik anggota tubuh dapat meringankan gejala depresi hingga memberikan fokus ketika meditasi dan juga.

2. Melegakan Pernapasan

Manfaat pohon cemara kipas berikutnya ialah untuk melegakan pernapasan.

Hal ini karena pohon cemara kipas memiliki sifat ekspektoran, dekongestan dan juga antitusif yang secara alami dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat karena lendir dan dahak yang ada di hidung juga tenggorokan.

Sehingga ekstrak dari pohon cemara kipas ini baik untuk mengatasi permasalahan seperti pilek, batuk, bronkitis, flu, hingga asma.

Baca Juga: 5 Cara Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah

3. Meningkatkan Hormon

Dalam jurnal penelitian Frontiers in Microbiology, disebutkan bahwa ekstrak minyak esensial pohon cemara kipas juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem hormon kortison.

Sebab, konstituen terpenoid polisiklik pada cemara kipas akan menstimulasi kelenjar adrenal, tiroid, dan pituitari yang berfungsi mengatur dan menjaga kestabilan sekresi hormon dalam tubuh.

Nah, hormon adrenal ini dapat diatur dengan lebih baik untuk mengatasi stres bahkan mengendalikan hipertiroidisme yang berlebihan akibat hormon tiroid terlalu aktif.

Itulah sejumlah manfaat pohon cemara yang ditanam di depan rumah maupun untuk kesehatan.

Wah, ternyata ada banyak manfaat pohon cemara yang tak terduga dan jarang diketahui banyak orang ya, Moms. Kira-kira apakah Moms berminat untuk menanam pohon cemara juga di depan rumah?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2647905/
  • https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fmicb.2021.633714/full
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait