26 April 2024

15+ Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Ini dia manfaat di balik bunga saffron, bunga yang sangat mahal!

Moms tentu sudah familiar dengan manfaat saffron yang sedang banyak dibicarakan. Apalagi bunga itu kini bisa didapatkan dengan sangat mudah karena sudah banyak online shop yang menjualnya.

Namun, bunga saffron dijual dengan harga yang cukup mahal karena bunga ini dianggap sebagai salah satu bunga yang punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Benarkah bunga saffron memiliki banyak manfaat?

Simak pembahasan berikut ini untuk tahu informasi lebih lanjut mengenai manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan ya, Moms!

Baca Juga: 16 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan dan Kesehatan

Asal Mula Bunga Saffron dan Kandungan Nutrisinya

Bunga Saffron
Foto: Bunga Saffron (https://i1.wp.com/www.thepersianfusion.com/wp-content/uploads/2016/06/IMG_5012_2.jpg?fit=2048%2C1536&ssl=1)

Bunga saffron atau crocus sativus merupakan sebuah tanaman yang mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, kalori, dan non-korestrol, serta kalsium, zinc, magnesium, dan tembaga.

Saffron adalah rempah termahal di dunia. Mengutip Saffronir, 1 kilogram bunga saffron asli bisa memiliki kisaran harga Rp52,1 juta sampai Rp238,2 juta lho, Moms!

Saffron sangat mahal karena cara panen dan pemrosesannya, yang harus ditanam dan dipanen dengan tangan.

Tanaman steril harus diperbanyak secara aseksual, dengan membagi umbi yang bentuknya seperti akar untuk menghasilkan lebih banyak.

Bunga ini mekar setiap tahun, dan setiap bunganya menghasilkan tiga benang merah halus (kepala putik), yang dipanen dengan penjepit dan kemudian dikeringkan.

Proses yang lama dan rumit ini menjadikan harga bunga saffron sangat mahal.

Selain menjadi ramuan obat, bunga saffron juga dijadikan bumbu pelengkap untuk dunia kuliner, menjadi sumber pewarna alami, dan bahan pembuat parfum.

Dari sisi medis, bunga saffron dianggap sebagai tonik dan antidepresan yang ampuh mengobati masalah pencernaan, batuk, menstruasi, meredakan kejang otot, hingga mampu menenangkan kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

Baca Juga: 10 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kecantikan dan Kesehatan, Simak!

Menurut U.S. Department of Agriculture, berikut adalah kandungan nutrisi untuk 1 sendok teh saffron, yang setara dengan 0,7 gram (g):

  • Kalori: 2
  • Protein: 0,08 g (nilai harian 1,6 persen, atau DV)
  • Karbohidrat: 0,46 g
  • Total serat makanan: 0 g (0 persen AKG)
  • Kolesterol: 0 mg
  • Kalsium: 1 miligram (mg) (0,1 persen AKG)
  • Besi: 0,08 mg (0,44 persen AKG)
  • Magnesium: 2 mg (0,5 persen AKG)
  • Fosfor: 2 mg
  • Kalium: 12 mg (0,26 persen AKG)
  • Natrium: 1 mg
  • Seng: 0,01 mg
  • Vitamin C: 0,6 mg (1 persen AKG)
  • Thiamin: 0,001 mg
  • Riboflavin: 0,002 mg
  • Niasin: 0,01 mg
  • Vitamin B6: 0,007 mg
  • Folat, setara folat makanan (DFE): 1 mikrogram
  • Vitamin A: 4 unit internasional (0,08 persen AKG)

Di antara senyawa kimia di atas, yang kandungan yang menjadi karakter dari bunga saffron adalah: safranal, yang memberikan aroma luar biasa; crocin yang memberikan warna intens, dan picrocrocin yang memberikan rasa bunga yang manis.

Baca Juga: Cara Membuat Teh Mawar dan Manfaatnya untuk Tubuh

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Manfaat Saffron untuk Kesehatan
Foto: Manfaat Saffron untuk Kesehatan (https://i.etsystatic.com/9660716/r/il/ce2e87/1375123751/il_fullxfull.1375123751_5asx.jpg)

Dari kandungan baik yang terkandung dalam bunga saffron, ada juga manfaat saffron untuk kesehatan. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai manfaatnya berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat saffron dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena rempah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi (peradangan) pada tubuh dan ampuh mencegah kerusakan yang terjadi pada sel.

Rutin mengonsumsi bunga saffron bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang membuat seseorang menjadi jarang sakit.

2. Menurunkan Gejala PMS

Wanita memang kerap mengalami gangguan PMS menjelang masa menstruasi setiap bulannya. Rasa pusing, nyeri atau kram di perut akan selalu Moms alami.

Manfaat saffron untuk kesehatan jika dikonsumsi bisa mengatasi rasa nyeri yang datang selama PMS.

Selain itu, bunga saffron juga ampuh untuk mengurangi rasa cemas dan mood yang naik turun selama PMS.

Moms bisa mengonsumsinya dengan melarutkan dalam air putih.

3. Meningkatkan Gairal Seksual

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, manfaat saffron untuk kesehatan juga ampuh meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita.

Mengonsumsi bunga saffron dapat membantu meningkatkan kemampuan ereksi pria, sedangkan pada wanita bisa meningkatkan gairah seksual dan memperbanyak cairan lubrikasi yang dihasilkan.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

4. Meningkatkan Kesehatan Penglihatan

Dalam jurnal Molecules yang melakukan penelitian pada tikus, safranal, salah satu unsur saffron, ditemukan dapat memperlambat degenerasi retina.

Ini menjadi manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya.

Suplementasi saffron juga ditemukan untuk menginduksi perbaikan signifikan jangka menengah pada fungsi retinal dalam kasus degenerasi makula terkait usia.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sehubungan dengan suplementasi saffron dalam praktik klinis.

5. Membantu dengan Masalah Insomnia

Manfaat saffron juga dapat membantu dengan masalah insomnia.

Dalam penelitian pada tikus, crocin dalam saffron ditemukan dapat meningkatkan gerakan mata yang tidak cepat saat tidur.

Crocetin, karotenoid lain dalam saffron, juga dapat meningkatkan total waktu tidur non-REM sebanyak 50% menurut jurnal Molecular Nutrition & Food Journal.

Uji klinis lain dalam Journal of Integrative Medicine juga menunjukkan bahwa manfaat saffron dapat membantu memperbaiki gejala depresi pada orang dewasa yang mengalami gangguan depresi mayor. Salah satu gejalanya, sesuai penelitian, adalah insomnia.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi ekstrak saffron dapat menunjukkan potensi terapeutiknya untuk berbagai masalah sistem saraf.

Manfaat saffron mungkin memiliki efek menguntungkan dalam kasus Alzheimer atau Parkinson. Namun, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan perspektif rinci tentang efek saffron pada sistem saraf manusia.

Namun, potensi manfaat saffron dalam gangguan memori yang terkait dengan cedera otak traumatis dan iskemia otak masih harus diselidiki lebih lanjut.

Baca Juga: 15 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Kanker!

Manfaat saffron diduga dapat membantu menyembuhkan luka bakar.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb