Kesehatan Umum

11 September 2021

5 Cara Menggunakan Baking Soda untuk Gigi Agar Putih, Tertarik Mencoba Moms?

Ingin memiliki gigi yang sehat dan putih berseri? Coba gunakan baking soda sebagai solusi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Pernahkah Moms mencoba menggunakan baking soda untuk gigi?

Siapa yang tak ingin memiliki gigi yang putih dan sehat? Deretan gigi putih bisa membuat kita lebih percaya diri karena penampilan semakin sempurna. Permasalahannya, saat gigi tidak terlalu putih, apakah bisa diselamatkan?

Memiliki gigi yang putih dan bersih merupakan impian semua orang. Gigi yang putih, sehat dan tidak berlubang dapat menambah kepercayaan diri seseorang untuk memulai aktivitas di setiap harinya.

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan gigi yang cantik, seperti melakukan veneer, pemutihan instan, pembentukan gigi agar terlihat cantik hingga pembedahan gigi.

Namun, memutihkan gigi dengan aman dapat dilakukan juga dengan menggunakan baking soda untuk gigi, lho.

Menurut Jurnal Pemanfaatan Baking Soda, baking soda dapat menjadi alternatif dan dipercaya aman untuk membersihkan noda dan memutihkan gigi.

Natrium bikarbonat pada baking soda, berperan untuk membantu memutihkan dan membersihkan noda-noda yang tertinggal pada gigi seperti sisa makanan dan sisa nikotin pada perokok aktif.

Kandungan pada baking soda yang bersifat abrasif, turut membantu memulihkan dan memutihkan warna kuning pada gigi manusia. Namun hal ini dapat terlihat ketika dalam beberapa kali waktu pemakaian.

Perlu diketahui juga, penggunaan baking soda untuk gigi tidak boleh dilakukan secara rutin atau terus menerus, karena fluoride yang bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang tidak terdapat pada kandungan baking soda.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa penggunaan baking soda untuk gigi juga menurunkan jumlah bakteri jahat yang berpotensi merusak lapisan gigi.

Baking soda atau sodium bicarbonate adalah bahan dapur yang biasanya dipakai untuk membuat kue. Namun, bahan ini juga memiliki sejumlah manfaat lainnya untuk kesehatan diri.

Salah satunya adalah untuk memutihkan gigi, sehingga baking soda menjadi bahan yang populer dalam sebuah pasta gigi.

Selain baking soda, bahan alami seperti lemon, cuka apel, kunyit juga dipercaya mampu memutihkan gigi dan membersihkan noda dan kotoran pada lapisan gigi.

Apabila Moms dan Dads memiliki kebiasaan untuk minum teh atau kopi di pagi hari, ini juga menjadi salah satu penyebab gigi mengalami kekuningan atau meninggalkan noda, lho.

Kandungan teh dan kopi dapat menyisakan kotoran. Maka dari itu, biasakan berkumur atau minum air putih setelah mengkonsumsi teh atau kopi.

Nah, namun tak semua orang boleh menggunakan baking soda untuk gigi sebagai alternatif dalam membersihkan area gigi. Berikut ini adalah ciri-ciri orang yang perlu menghindari kandungan baking soda agar tak menimbulkan efek samping serius, antara lain:

  • Ibu hamil
  • Memiliki riwayat penyakit gigi, seperti gusi berdarah, enamel gigi telah aus dan akar gigi terbuka
  • Gigi bernoda gelap
  • Berusia dibawah 16 tahun
  • Memiliki gigi yang sensitif
  • Alergi terhadap bahan pemutih gigi

Baca Juga: Bercak Putih pada Gigi Anak, Apa Sebabnya?

Baking Soda untuk Gigi Kuning

Sebuah penelitian oleh Univiersity Park Research Center, baking soda efektif untuk menyamarkan dan menghilangkan noda dan kekuningan pada gigi.

Kandungan aktif yang berperan dalam melawan bakteri di gigi juga mampu untuk menghilangkan plak lengket yang menempel pada permukaan gigi.

Warna kuning dan noda yang disebabkan oleh bahan aktif nikotin dan tar dapat perlahan-lahan dihilangkan dengan baking soda atau dari bahasa kimia dikenal dengan senyawa kimia dengan rumus NaHC03.

1. Baking Soda dan Pasta gigi

Baking soda dan pasta gigi

Foto: Orami Photo Stock

Cara mudah untuk menggunakan baking soda untuk gigi dapat dilakukan dengan mencampurkan air dan baking soda ke wadah kecil. Caranya adalah, campurkan 1:2 air dan baking soda lalu aduk hingga merata.

Lalu siapkan sikat gigi dengan pasta gigi.

Kemudian colek sikat gigi ke dalam wadah yang telah berisi baking soda. Gosok gigi selama lebih kurang 2 menit seperti biasa. Setelah itu, berkumur dengan air hingga tak ada lagi sisa baking soda di dalam mulut.

Ulangi cara ini 1-2 kali dalam seminggu maka Moms dan Dads akan mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

2. Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

baking soda dengan hidrogen peroksida

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan hidrogen peroksida adalah zat pemutih yang aman untuk gigi. Bahan in umumnya terdapat pada pasta gigi yang biasa terjual di pasaran.

Biasanya pasta gigi yang mengandung bahan ini berlabelkan untuk mencerahkan atau memutihkan gigi. Senyawa ini juga mampu untuk membunuh bakteri berbahaya yang hidup pada area gigi.

Perlu kamu ketahui, apabila baking soda untuk gigi dicampurkan dengan hidrogen peroksida, ini akan membantu menghancurkan molekul noda dan warna kekuningan pada gigi.

Caranya cukup mudah, yakni kamu memerlukan 1 sdm baking soda dan 2 sdm hidrogen peroksida. Tambahkan air lalu aduk hingga merata lalu gunakan sebagai pasta gigi dan sikat gigi selama 2 menit. Ulangi 2 kali dalam seminggu, ya.

Baca juga: Tidak Perlu Veneer, Ini 3 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

3. Baking Soda dan Lemon

lemon dan baking soda untuk gigi

Foto: Orami Photo Stock

Air perasan lemon juga menjadi alternatif untuk membersihkan plak dan noda yang menempel pada gigi. Kandungan asam sitrat pada air lemon dapat memutihkan gigi dan memberikan efek menyegarkan.

Untuk membuatnya cukup mudah, hanya memerlukan 1 sdm baking soda dan perasan lemon segar. Kemudian gosokkan air perasan lemon dan baking soda untuk gigi yang telah tercampur dengan gerakan melingkar selama 2 menit.

Perubahan warna lebih cerah dapat dirasakan apabila telah diterapkan selama beberapa waktu. Moms hanya perlu melakukan ini setiap 2-3 bulan saja ya.

4. Baking Soda dan Jeruk Nipis

Baking soda dan jeruk nipis

Foto: Orami Photo Stock

Meski bisa digunakan tanpa bahan lain, khasiat baking soda sebagai pemutih gigi akan semakin terasa saat menggunakan bahan lain sebagai katalis.

Salah satu bahan yang sering digunakan adalah jeruk nipis.

Ini resep penggunaan jeruk nipis dan baking soda untuk gigi yang bisa memutihkan:

  • Siapkan baking soda 1/2 sdt
  • Campur dengan 1/2 sdt perasan jeruk nipis
  • Ratakan pada gigi dengan sikat gigi yang lembut
  • Diamkan selama 1-2 menit lalu bilas.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan bila Moms ingin menggunakan cara ini.

"Hati-hati, racikan ini sangat asam dan jika tidak dibersihkan dengan benar dapat menggumpal pada gigi dan mengikis enamel. Jangan sampai terjadi," ucap Brian Kantor dari klinik gigi Lowenberg, Lituchy & Kantor, yang berada di New York CIty.

Makanya, cukup lakukan perawatan ini seminggu sekal. Jika terlalu sering, baking soda dapat menyebabkan erosi pada lapisan email gigi (enamel) dan menyebabkan gigi sensitif.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

5. Baking Soda dan Garam

baking soda dan garam

Foto: Orami Photo Stock

Untuk membersihkan karang gigi, baking soda untuk gigi bisa dicampur dengan garam sebagai kombinasi yang cocok. Moms bisa menyikat gigi dengan menggunakan campuran tersebut.

Gigi yang menguning dan berkarang akibat kebiasaan merokok dan minum kopi atau teh bisa juga diatasi dengan bahan campuran ini. Cara memutihkan dan membersihkan karang gigi dengan baking soda dan garam:

  • Sediakan ½ sdt baking soda
  • Sediakan ½ sdt bubuk garam
  • Tambahkan sedikit air
  • Aduk agar tercampur rata.
  • Letakkan campuran tersebut pada pasta gigi dengan bulu yang lembut.
  • Sikat gigi yang kuning dengan perlahan, diamkan 1 menit kemudian berkumur.

Itu dia Moms, aneka cara menggunakan baking soda untuk gigi lebih putih dan mencerahkan. Segara dicoba di rumah ya, Moms!

  • http://unmasmataram.ac.id/wp/wp-content/uploads/18.-Dian-Paramita-sip-4.pdf
  • https://www.researchgate.net/publication/24193167_Enhancement_of_plaque_removal_efficacy_by_tooth_brushing_with_baking_soda_dentifrices_Results_of_five_clinical_studies
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait