Bayi

BAYI
2 Juni 2020

4 Cara Mengatasi Ruam Amoxicillin pada Bayi, Sudah Coba?

Rendaman oatmeal ternyata bisa redakan amoxicillin rash pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Amoxicillin adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk kapsul, tablet, dan cairan. Dikutip dari Journal of Medical Case Reports, ruam amoxicillin ini umum terjadi pada usia kanak-kanak.

Namun, meski tergolong aman, jenis antiobiptik ini memiliki efek samping pada bayi. Yakni berupa ruam kulit atau disebut ruam amoxicillin.

Ruam amoxicillin bisa ringan atau berat. Hal ini bergantung pada seberapa sensitif Si Kecil terhadap pengobatan. Ruam ini bisa berwarna merah atau ungu serta menyebar ke seluruh tubuh. Ruam amoxicillin juga bisa terasa gatal dan berbentuk benjolan merah atau putih yang timbul pada kulit. Atau, mungkin juga muncul sebagai ruam makulopapular dengan area yang menyerupai bercak merah datar.

Penyebab ruam amoxicillin ini sampai saat ini belum bisa dipastikan. Namun, sebagian besar berkaitan dengan reaksi alergi.

Baca Juga: Ruam Amoxicillin pada Bayi, Kondisi Ruam karena Antibiotik

Cara Mengatasi Ruam Amoxicillin pada Bayi

cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi

Foto: emedicalhub.com

Ruam amoxicillin pada bayi biasanya berhenti muncul setelah Si Kecil berhenti minum obat yang mengandung antibiotik. Jika tidak ada gejala lain selain ruam, tandanya Si Kecil tidak memerlukan perawatan tambahan dan ruam akan hilang dengan sendirinya.

Namun, karena ruam ini bisa menjadi pertanda alergi, Moms tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Karena alergi terhadap amoxicillin bisa berbahaya, dan gejalanya bisa memburuk dengan cepat.

Jika Si Kecil mengalami reaksi alergi terhadap amoxicillin, maka kemungkinan juga akan mengalami:

  • gatal-gatal
  • kulit yang gatal
  • sulit bernafas
  • bibir atau wajah bengkak

Nah, jika Si Kecil mengalami pembengkakan atau kesulitan bernafas, maka Moms harus segera menghubungi layanan gawat darurat.

Sementara jika tergolong ringan, hanya ruam gatal, berikut cara-cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi:

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Ruam Popok Pada Bayi, Masih Percaya?

1. Obat Alergi yang Dijual Bebas

cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi

Foto: verywellfamily.com

Cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi yang pertama adalah dengan mengonsumsi obat alergi yang dijual bebas. Obat-obatan ini dapat membantu meringankan gejala.

2. Krim dari Dokter

Ini Cara Menangani Amoxicillin Rash Pada Bayi__-3.jpeg

Foto: stocksy.com

Cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi yang selanjutnya adalah menggunakan krim dari dokter. Selain itu, jika Moms merasa kurang yakin maka bisa meminta resep pada dokter sebagai salah satu cara menangani amoxicillin rash pada bayi. Biasanya dokter akan merekomendasikan penggunaan krim atau salep penghilang gatal.

3. Rendaman Oatmeal

cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi

Foto: skinshop.com

Cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi yang selanjutnya adalah dengan rendaman oatmeal. Rendaman oatmeal bisa membantu meringankan kulit yang terasa gatal.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Kulit pada Bayi? Ini Jawabannya

4. Minum Banyak Air

cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi.jpg

Foto: Parents.com

Cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi yang selanjutnya adalah dengan minum banyak air. Hal ini bertujuan membuang racun yang menyebabkan reaksi alergi

Itulah beberapa cara mengatasi ruam amoxicillin pada bayi. Namun, jika setelah dilakukan beberapa cara di atas dan ruam tidak kunjung hilang atau bahkan gejalanya memburuk, Moms harus segera menghubungi dokter.

(SERA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait