Scroll untuk melanjutkan membaca

JALAN-JALAN
22 September 2017

Menikmati Asrinya Alam Terbuka di Tebing Keraton

Habiskan liburan Mama dan keluarga dengan udara segar di puncak Tebing Keraton yang tak jauh dari Jakarta
Menikmati Asrinya Alam Terbuka di Tebing Keraton

Lelah dengan keramaian kota besar seperti Jakarta dan ingin melarikan diri sejenak ke alam, namun tidak ingin pergi terlalu jauh? Tebing Keraton Bandung menjadi jawaban yang tepat untuk Mama dan keluarga!

Menuju Tebing Keraton, Mama tidak harus memesan tiket pesawat atau kereta untuk mencapai lokasinya, karena jaraknya tidak sampai tiga jam berkendara dari Jakarta. Tebing Keraton, yang berada di dataran tinggi Dago, Bandung bisa Mama jadikan destinasi untuk menghabiskan liburan selanjutnya.

tebing keraton 1

Foto: tebing keraton 1

phinemo.com

Mama tidak perlu repot-repot packing perlengkapan untuk naik gunung, karena mencapainya pun cukup mudah dan tidak terlalu memerlukan skill hiking atau tenaga ekstra.Keraton persisnya berada di wilayah Taman Hutan Rakyat (Tahura) Djuanda.

Untuk mencapainya, cukup dengan berkendara menuju arah Dago Atas dan mengikuti jalan menuju Tahura. Tebing Keraton sendiri berjarak kira-kira 3,5 km dari titik ini. Kira-kira sekitar 200 meter dari gerbang dan area parkir Tahura, Mama bisa berbelok ke sebelah kiri.

Perjalanan setelahnya hanya bisa dilalui dengan mobil kecil, kendaraan roda dua atau berjalan kaki karena kondisi jalan yang cukup terjal. Atau, juga bisa menyewa kendaraan dengan biaya yang cukup murah. Perjalanannya yang cukup menantang ini terbayar dengan pemandangan alam terbuka yang membentang seluas area Tahura. Nama Tebing Keraton sendiri, dalam Bahasa Sunda mengartikan ‘kemegahan alam‘ yang pastinya juga instagram-worthy untuk Mama post di Instagram.

tebing keraton 2

Foto: tebing keraton 2

money.id

Ingat selalu agar berhati-hati saat berjalan mendaki dan ketika mengabadikan momen dari atas tebing, karena kondisi area yang cukup terjal dan licin berpasir. Selain itu, di puncak tebing juga tidak seluruhnya dilindungi pagar pengaman, sehingga Mama harus menaruh perhatian ekstra, jangan lepaskan pengawasan dari si kecil ya Ma jika Mama mengajak buah hati ke tempat wisata ini.

Jangan lupa untuk membawa air putih agar tidak dehidrasi selama perjalanan. Jika Mama punya waktu lebih, siapkan juga bekal agar Mama dan keluarga tidak perlu repot-repot lagi mencari makanan begitu tiba di atas. Dengan membawa perlengkapan sendiri, tentunya kita sekaligus berkontribusi menjaga lingkungan tetap nyaman dan bersih.

Sedikit tips dari Orami, momen terbaik untuk menikmati pemandangan di Tebing Keraton adalah saat dini hari, karena pada saat itu, Mama bisa menikmati pemandangan berkabut. Waktu baik untuk melihat keindahan Tebing Keraton juga bisa didapatkan di sore hari saat sunset.