13 Desember 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-16

Agar bayi tidak malas atau bosan melakukan tummy time, coba ikut tengkurap bersamanya

Perkembangan Bayi:

Di usia empat bulan, kontrol kepala bayi Moms semakin baik. Jika Moms menegakkan tubuhnya, mungkin kepalanya sudah tidak lagi terkulai. Berat badan bayi Momspun akan tampak mengalami kenaikan yang signifikan.

Selain itu, beberapa bayi pada usia ini juga mulai menunjukkan keingintahuan terhadap apa yang Moms makan. Apa artinya dia sudah siap diberi makanan padat? Tunggu dulu, Moms, sebaiknya bayi menerima ASI eksklusif sampai usia 6 bulan. Hal ini dilakukan untuk menjaga sistem pencernaannya yang belum tentu siap menerima makanan padat (makanan pendamping ASI/ MPASI) terlalu dini.

Moms, Coba Deh:

Tetap lakukan tummy time. Karena sudah tak sabar ingin duduk bahkan berdiri, bayi Moms mungkin menunjukkan ketidaksukaannya saat diletakkan tengkurap untuk tummy time, tapi dia tetap membutuhkannya untuk melatih otot leher, dada, rusuk, dan tangannya. Otot-otot ini justru sangat penting dan akan membantunya agar dapat segera berguling, duduk, dan merangkak.

Agar bayi tidak malas atau bosan melakukan tummy time, coba ikut tengkurap bersamanya. Jaga jarak Moms atau tengkuraplah di belakang bayi agar dia tertantang untuk menggerakan tubuh dan kepalanya untuk mencari Moms.

Tip Minggu Ini:

Sudah ke dokter anak untuk melengkapi imunisasi bayi Moms di usia 4 bulan? Jangan khawatir bila saat kunjungan ke dokter, Moms melihat dokter memberi perhatian khusus pada pinggul bayi. Itu tandanya dokter sedang memeriksa apakah perkembangan pinggul bayi sesuai dengan usianya.

Bersiaplah dengan jawaban atas pertanyaan tentang pola tidur, menyusu, sampai pup bayi Moms. Tanyakan semua yang ingin Moms ketahui terkait perkembangan bayi untuk kesiapannya duduk sendiri, makan makanan padat, maupun mengenai imunisasi.

Narasumber: dr. Aryana Diani, Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

(AK)

Foto: Shutterstock

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb