Newborn

NEWBORN
14 Januari 2018

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-48

Wah, bayi Moms sudah mulai suka bersosialisasi nih, terutama dengan Kakek dan Neneknya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Perkembangan Bayi:

Bayi Moms akan senang diajak bertemu dengan orang baru di usia ini, selama Moms menemani atau masih berada dalam penglihatannya. Ketakutan atau kecemasan yang dirasakannya beberapa minggu lalu mulai berkurang.

Bila Moms sedang berusaha mendekatkan seorang kerabat atau pengasuh baru untuknya, coba minta mereka untuk duduk atau meredahkan diri ke lantai agar mencapai tinggi yang sama dengan bayi Moms. Dengan begini, bayi merasa lebih dekat dan mudah memberi rasa percaya.

Minta juga mereka untuk mengajak bayi bermain permainan favoritnya. Menggelindingkan bola, membaca buku kesukaannya atau main cilukba, mungkin? Cara ini juga bisa ampuh untuk mendekatkan bayi dengan Kakek-Nenek yang tidak bisa terlalu sering bertemu dengan bayi Moms.

Moms, Coba Deh:

Banyak-banyak mengucapkan kata tolong dan terima kasih di depan si kecil. Di usianya ini, ia seperti spons yang siap menyerap semua kata yang didengarnya. Dia juga seorang peniru ulung. Hanya dengan memperhatikan ucapan-ucapan Moms beberapa kali saja, ia mungkin sudah bisa menirukannya meski masih salah-salah sedikit.

Mengejutkan bukan? Dengan kenyataan ini, jaga ucapan Moms selama berada di depannya ya, Moms. Tidak mau dong, si kecil mengucapkan kata-kata kotor sebagai salah satu kata-kata pertamanya?

Tip Minggu Ini:

Bila si kecil masih suka mengamuk saat keinginannya tidak dipenuhi atau dipahami, sabar ya, Moms. Ini wajar, kok. Tapi Moms juga perlu mulai membiasakan pemberian batasan pada si kecil agar ia tahu tentang apa yang benar dan salah atau ke mana dia bisa dan tidak bisa pergi.

Tersenyum atau memeluk bayi lain? Boleh. Menarik rambut atau telinga bayi lain? Tidak boleh! Bermain air di dalam bak mandinya? Boleh. Berlari-lari di kamar mandi yang becek? Tidak boleh.

Si kecil akan mengerti saat Moms memberitahunya, tapi mungkin tidak langsung mematuhinya. Selama Moms bersikap konsisten dengan peraturan atau cara menghadapi tingkah lakunya, dia akan semakin mengerti.

Narasumber: dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga Cibubur)

<AK>

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait