Fashion & Beauty

21 Juli 2021

5 Manfaat Minyak Rosemary, Dapat Meningkatkan Fungsi Otak!

Ingin tahu apa saja manfaat minyak rosemary untuk kesehatan? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms bahwa ada banyak manfaat minyak rosemary (rosemary oil) untuk kesehatan?

Minyak rosemary adalah salah satu minyak esensial terkenal yang banyak digunakan dalam aromaterapi.

Rosemary (Salvia rosmarinus) adalah ramuan aromatik. Selain itu, minyak rosemary juga telah digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, pengawet makanan, semak hias, kandungan dalam parfum, hingga menjadi salah satu kandungan dalam produk perawatan kulit.

“Rosemary memiliki sifat alami antioksidan, antimikroba, antiseptik, dan antiinflamasi. Bisa dikatakan, rosemary dianggap sebagai ramuan spiritual yang ajaib yang mampu melindungi terhadap berbagai penyakit,” ungkap Stacie Stephenson, DC, dokter dari kedokteran fungsional.

Lantas, apa saja manfaat minyak rosemary untuk kesehatan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: 5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Stretch Mark, Moms Perlu Tahu!

Manfaat Minyak Rosemary untuk Kesehatan

Ada berbagai manfaat minyak rosemary untuk kesehatan, mulai dari kesehatan tubuh, perawatan kulit hingga rambut, serta berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak.

1. Meredakan Nyeri

minyak rosemary Meredakan Nyeri

Foto: pixabay.com

Minyak rosemary ternyata berguna untuk meredakan rasa nyeri atau keseleo.

Hal ini karena minyak rosemary memiliki sifat antiinflamasi dan anti-analgesik yang akan membantu Moms meredakan rasa nyeri tersebut.

Minyak rosemary akan merangsang sirkulasi darah, yang mengurangi rasa sakit dan membantu mengatasi pembekuan luka, yang akhirnya akan mempercepat penyembuhan. Nah, apabila Moms ingin mencobanya, caranya mudah saja.

Cukup oleskan campuran 2 tetes minyak rosemary, 2 tetes minyak peppermint, dan 1 sdt minyak kelapa ke persendian yang sakit atau otot yang sakit. Diamkan selama beberapa menit. Ulangi aplikasi yang sama apabila diperlukan.

Baca Juga: Review Jujur Essential Oil Bonnels Immune Booster oleh Moms Orami

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.jpg

Foto: freepik.com

Di masa pandemi seperti saat ini, penting sekali bagi Moms dan keluarga untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap bekerja dengan baik.

Nah, manfaat minyak rosemary berikutnya, yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Minyak rosemary bersifat antijamur dan antibakteri. Aromaterapi yang berasal dari minyak rosemary mampu meningkatkan sistem kekebalan dan memerangi penyakit yang terkait dengan radikal bebas, mulai dari flu biasa hingga penyakit jantung.

Rosemary adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang bertindak sebagai antioksidan yang juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan dari radikal bebas.

Cara yang bisa Moms terapkan, yaitu memijat tubuh dengan menggunakan minyak rosemary.

Manfaat minyak rosemary untuk pijatan tubuh memberikan rasa rileks, menurunkan tingkat stres, meremajakan tubuh, dan berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh juga.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan Fungsi Otak.jpg

Foto: freepik.com

Minyak rosemary bekerja dengan baik untuk meningkatkan konsentrasi, merangsang kemampuan kognitif, dan mengurangi kelelahan mental.

"Minyak rosemary yang dihirup dikaitkan dengan peningkatan kognitif. Selain itu, minyak rosemary membantu mengurangi metabolisme asetilkolin, satu bahan kimia otak yang penting untuk konsentrasi dan fokus," ungkap Amy Rothenberg, ND, dokter naturopati di Naturopathic Health Care.

Jika Moms berminat, cukup gunakan aromaterapi yang memiliki aroma minyak rosemary agar kesehatan otak tetap terjaga.

Alternatif penggunaannya lainnya, Moms dapat mencampur 4 hingga 5 tetes minyak rosemary dengan minyak kelapa dan memijat leher bagian atas setiap hari.

Aromaterapi rosemary juga memengaruhi kadar kortisol saliva atau hormon "stres", sehingga dapat menurunkan tingkat kecemasan secara signifikan.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Lilin Aromaterapi di Rumah, Coba Yuk!

4. Mengatasi Rambut Rontok

minyak rosemary Mengatasi Rambut Rontok

Foto: pixabay.com

Jika Moms mencari bahan yang bisa membantu menjaga kesehatan rambut, minyak rosemary sepertinya dapat membantu.

Menumbuhkan rambut bukan tugas yang mudah. Kekhawatiran terbesar yang dimiliki sebagian besar orang saat menumbuhkan rambut adalah menjaganya agar bebas dari kerusakan dan sehat.

Ternyata, rosemary telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan perawatan rambut yang efektif untuk merangsang kulit kepala, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Mengeringkan rambut dengan hair dryer atau bahkan keramas setiap hari bisa membuat rambut sangat tertekan, sehingga kehilangan minyak alami dan menjadi rapuh.

Minyak rosemary bermanfaat untuk merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala. Hal ini yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dikutip dari jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, manfaat minyak rosemary juga ternyata dapat membantu pengobatan alopecia adrogenetik.

Penelitian ini membandingkan efek minyak rosemary dengan minoxidil, obat yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat minyak rosemary sama efektifnya dengan minoxidil dan merawat kulit kepala yang gatal.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak esensial rosemary bermanfaat untuk membantu mengatasi alopecia areata pada pasien.

Pasien yang memijat minyak rosemary ke kulit kepala mereka setiap hari, menunjukkan pertumbuhan rambut dibandingkan dengan mereka yang tidak.

5. Mengatasi Ketombe yang Membandel

minyak rosemary Mengatasi Ketombe yang Membandel.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat minyak rosemary berikutnya masih berhubungan dengan kesehatan rambut, yaitu mampu mengatasi ketombe.

Ketombe bisa disebabkan oleh kulit kepala berminyak atau kering.

Ketika kulit kepala kering, ia menjadi bersisik dan gatal karena kehilangan kelembapan. Ini berarti bahwa tubuh mungkin kekurangan vitamin A.

Vitamin A membantu dalam produksi sebum, mengisi ulang dengan kelembapan yang cukup untuk menjaga pH kulit kepala seimbang.

Jika menggunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan rosemary, dapat meredakan kulit kepala yang mengelupas dan gatal melalui vitamin dan sifat antibakterinya.

Inilah sebabnya penting bagi kita untuk menutrisi kembali rambut dengan protein dan vitamin agar sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Hair Oil untuk Rambut Keriting yang Susah Diatur

Itulah manfaat minyak rosemary yang begitu beragam untuk kesehatan tubuh Moms. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25842469/
  • https://www.wellandgood.com/rosemary-essential-oil-benefits/
  • https://food.ndtv.com/health/9-amazing-rosemary-oil-benefits-from-relieving-pain-to-boosting-memory-1671706
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait