Kesehatan

KESEHATAN
12 April 2019

Mus Mulyadi Meninggal Akibat Diabetes, Apa yang Harus Dilakukan untuk Mencegahnya?

Tips sederhana ini ampuh cegar terjadinya diabetes pada Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Foto: tabloidbintang.com

Kabar duka datang dari dunia musik Indonesia. Musisi keroncong Mus Mulyadi, menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (11/4/2019) lalu di Rumah Sakit Pondok Indah. Meninggalnya musisi berusia 73 tahun ini disebabkan oleh penyakit diabetes.

Sebelumnya akibat penyakit ini, Mus Mulyadi telah mengalami kebutaan sejak tahun 2009 silam.

Penyebab diabetes yang ia alami pun karena pola makan yang tidak terjaga. Beliau senang mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti jeroan, makanan berlemak dan gorengan.

Di tengah kabar duka ini, meninggalnya Mus Mulyadi juga menyadarkan kita akan penyakit diabetes yang berbahaya dapat menyerang siapa saja, bahkan seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes di keluarganya pumn bisa terserang.

Oleh karena itu Moms, penting untuk menjaga gaya hidup dan pola makan Moms agar terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes. Selain itu, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan juga. Yuk, simak Moms!

Baca Juga: 6 Gejala Diabetes pada Wanita yang Mudah Dikenali

1. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

diabet1

Foto: infosehatpedia.com

Gula dan karbohidrat adalah musuh terjahat bagi tubuh manusia. Banyak mengonsumsi kedua makanan ini, akan memicu timbulnya penyakit diabetes. Kadar gula dalam tubuh akan cepat meningkat saat seseorang memakan atau minum sesuatu yang manis.

Hal ini berbahaya karena kadar gula darah dan tinggi akan membawa seseorang mencapai diabetes tipe 2 yang lebih berbahaya.

Oleh sebab itu, Moms yang suka makan dan minum sesuatu yang manis, harus mulai mengurangi jenis makanan dan minuman seperti ini. Kurangi juga konsumsi nasi putih, atau bila perlu, Moms bisa menggantinya dengan nasi merah.

Baca Juga: Hati-Hati! 6 Penyakit Karena Konsumsi Gula Pada Minuman Setiap Hari

2. Rajin Olahraga

diabet2

Foto: evofitness.ch

Saat olahraga, kadar insulin yang rendah diperlukan untuk menjaga agar kadar gula darah bisa terkendali.

Banyak aktivitas fisik terbukti dapat mengurangi resistensi insulin dan kadar gula darah yang berlebih, obesitas dan pradiabetes orang dewasa.

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah aerobik, latihan dengan interval intensitas yang tinggi dan latihan kekuatan.

Lebih sering berolahraga akan memberikan peningkatan dalam respon dan fungsi insulin. Oleh sebab itu, berlatih aktivitas fisik yang disenangi akan secara teratur akan mencegah diabetes.

3. Banyak Minum Air

diabet3

Foto: medicalnewstoday.com

Bukan hanya untuk penyakit diabetes saja. Banyak minum air putih setiap hari, akan menjauhkan Moms dari berbagai penyakit, berbahaya sekali pun.

Dalam hal diabetes, sering meminum air putih akan membuat kamu menghindari minum-minuman yang manis, pengawet dan bahan-bahan lain yang berbahaya.

Baca Juga: Patut Diketahui! Kenali Risiko Hamil dengan Diabetes

4. Berhenti Merokok

diabet4

Foto: health.wyo.gov

Nah, untuk Moms atau Dads yang suka merokok, berhenti merokok membuktikan dapat mengurangi berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk sakit jantung, kanker hati, kanker payudara, dan banyak lagi.

Penyakit diabetes juga dapat dicegah dengan behenti merokok. Bahkan sebenarnya asap yang berasal dari rokok dapat menyebabkan timbulnya diabetes tipe 2.

Baca Juga: 6 Makanan yang Membantu Untuk Berhenti Merokok

5. Perhatikan Porsi Makan

diabet5

Foto: health.wyo.gov

Mengurangi porsi makan akan mengurangi risiko penyakit diabetes, terutama jika kamu memiliki kelebihan berat badan.

Makan terlalu banya dalam satu waktu, dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin yang dapat memicu timbulnya diabetes.

Dengan kata lain, mengurangi porsi adalah cara paling sederhana yang mampu mencegah timbulnya diabetes.

Tidak hanya porsi, kita juga harus memahami asupan nutrisi pada setiap makanan yang kita konsumsi.. 

"Memahami nutrisi dari makanan dan memilih makanan dengan bijak adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan, sekaligus mencegah diabetes," ujar Davida F. Kruger, perawat, ahli diabetes, dan penulis buku The Diabetes Travel Guide.

Itu dia beberapa cara sederhana dan mudah yang tidak memerlukan biaya besar untuk mencegah timbulnya diabetes.

Awalnya mungkin akan sulit. Tetapi jika Moms terus mencoba, nantinya pun akan berhasil menjadikannya sebagai sebuah gaya hidup. Salam sehat ya, Moms!

(AWD/INT)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait