05 Oktober 2023

Museum Kota Lama: Jam Buka, Tiket Masuk, dan Keunikannya

Salah satu museum terpopuler di Semarang

Museum Kota Lama Semarang adalah destinasi wisata budaya dan sejarah yang populer di Semarang, Jawa Tengah.

Melansir dari laman Pemprov Jawa Tengah, museum ini menampilkan sejarah Kota Semarang dan memamerkan benda-benda dari masa lalu, dengan memanfaatkan teknologi untuk menampilkan objek-objek tersebut secara menarik.

Museum ini merupakan hasil dari program revitalisasi yang telah dilakukan sejak tahun 2012, yang telah mengubah kawasan kota lama menjadi destinasi pariwisata budaya dan sejarah.

Museum ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi mereka yang tertarik dengan sejarah dan budaya Semarang.

Museum ini menawarkan cara yang unik dan menarik untuk belajar tentang masa lalu Kota Semarang.

Sebelum berkunjung, cek dulu informasi lengkap museum tersebut dalam artikel ini, ya!

Baca Juga: Museum Merapi: Lokasi, Jam Buka, dan Daya Tariknya

Sejarah Museum Kota Lama

Museum Kota Lama
Foto: Museum Kota Lama (Gatra.com)

Museum Kota Lama Semarang merupakan bagian dari program revitalisasi kawasan kota lama Semarang yang dimulai pada tahun 2012.

Tujuan dari program ini adalah untuk menghidupkan kembali kejayaan kawasan kota lama serta mempromosikan pariwisata budaya dan sejarah di Semarang.

Museum ini menjadi penjaga sejarah Kota Semarang sejak tahun 1547 ketika kota ini pertama kali berdiri.

Di dalamnya, pengunjung dapat menjumpai berbagai artefak berharga, seperti foto-foto bersejarah, dokumen bersejarah, dan barang-barang peninggalan masa lalu.

Museum ini juga mengambil langkah-langkah inovatif dengan menggunakan teknologi modern untuk menyajikan objek-objek sejarah dengan cara yang menarik.

Pameran yang interaktif dan informatif memberikan pengalaman yang mendalam kepada pengunjung, sambil membuka jendela pengetahuan baru tentang sains.

Dengan sejarah yang panjang dan pameran yang menarik, museum ini telah menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Semarang.

Baca Juga: Viral! Museum Patah Hati, Harga Tiket dan Daya Tarik!

Lokasi, Jam Buka, dan Tiket Masuk

Museum Kota Lama Semarang berada di Jalan Cendrawasih No. 1A, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menuju ke museum, Moms dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat memasukkan alamat museum ke dalam aplikasi peta atau GPS untuk mengetahui rute terbaik.

Museum Kota Lama Semarang buka setiap hari dari pukul 09.00-15.30 WIB. Moms dapat berkunjung ke museum ini secara gratis, alias tanpa membeli tiket masuk.

Namun, Moms perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke museum ini.

Baca Juga: 11+ Taman di Jakarta untuk Piknik, Olahraga, dan 'Healing'

Untuk mendaftar kunjungan ke museum ini, berikut tata cara yang harus diikuti:

  1. Unduh aplikasi Lunpia: Pertama-tama, pengunjung perlu mengunduh aplikasi Lunpia yang tersedia di Playstore atau Appstore.
  2. Daftarkan diri dan buat akun: Setelah mengunduh aplikasi Lunpia, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri dengan akun di dalam aplikasi tersebut. Pastikan untuk mengisi data diri dengan benar dan lengkap.
  3. Pesan tiket: Setelah berhasil mendaftar, pengunjung dapat memesan tiket kunjungan ke museum melalui aplikasi Lunpia. Tiket yang telah dipesan akan diberikan barcode yang akan di-scan saat pengunjung tiba di titik kumpul.
  4. Datang ke museum sesuai jadwal: Setelah memesan tiket, pengunjung dapat datang ke museum sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pastikan untuk membawa tiket yang sudah dipesan dan menunjukkan barcode saat tiba di titik kumpul.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Moms dapat dengan mudah mendaftar dan menikmati kunjungan ke Museum Kota Lama Semarang.

Baca Juga: 20 Wisata Malang dari Museum, Pantai, hingga Wisata Alam

Keunikan Museum Kota Lama Semarang

Keunikan Museum Kota Lama
Foto: Keunikan Museum Kota Lama (Jateng.genpi.co)

Museum Kota Lama Semarang merupakan sebuah destinasi wisata yang memukau dengan berbagai daya tarik yang unik.

Salah satunya adalah keunikannya dalam mengungkap sejarah Kota Semarang yang kaya, dimulai sejak kota ini pertama kali berdiri pada tahun 1547.

Melalui pameran yang menarik dan informatif, pengunjung dapat menjelajahi perjalanan sejarah kota ini dengan lebih mendalam.

Selain itu, museum ini juga menampilkan berbagai benda bersejarah, termasuk foto-foto lama, dokumen bersejarah, dan artefak yang memberikan pandangan yang lebih dekat tentang masa lalu kota.

Teknologi modern digunakan dengan canggih untuk menjadikan pengalaman berwisata semakin interaktif dan informatif, sekaligus membuka wawasan baru dalam bidang sains.

Salah satu daya tarik unik lainnya adalah trem dupo, sebuah kereta api uap dari masa lalu, yang dapat dijelajahi melalui teknologi imersif yang menghadirkan sensasi naik trem tersebut.

Selain itu, gedung-gedung tua peninggalan Belanda yang menjadi tempat berdirinya museum ini memiliki arsitektur yang unik, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan sejarah arsitektural yang kental.

Tidak hanya itu, di kawasan sekitar Museum Kota Lama Semarang juga terdapat objek wisara 3D Trick Art Museum sebagai tambahan daya tarik wisata yang menyenangkan.

Di sini, Moms dapat berfoto dengan berbagai latar belakang yang unik dan menghibur.

Dengan beragam daya tarik ini, Museum Kota Lama menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan edukatif bagi pengunjung.

Baca Juga: Taman Ahmad Yani, Spot Rekreasi Gratis untuk Keluarga

Demikian informasi wisata Museum Kota Lama Semarang.

Semoga dapat menjadi panduan wisata Moms dan keluarga, ya!

  • https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/regency/kota-semarang/destinasi-wisata/museum-kota-lama-semarang
  • https://www.rmoljawatengah.id/ini-tata-cara-berkunjung-ke-museum-kota-lama-semarang
  • https://wisata.app/diary/museum-kota-lama-semarang
  • https://jateng.genpi.co/wisata/1789/ini-cara-pesan-dan-harga-tiket-masuk-ke-museum-kota-lama-semarang

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb