Parenting Islami

5 Jenis Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah, Ada Berkuda dan Memanah!

Mengetahui beragam olahraga yang dianjurkan Rasulullah.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tahukah Moms bahwa ada beberapa olahraga yang dianjurkan Rasulullah? Mungkin Moms pernah mendengar tentang anjuran melakukan olahraga renang, memanah, dan berkuda. Ternyata, selain tiga olahraga itu, ada juga olahraga yang dianjurkan Rasulullah lainnya.

Olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah baik untuk diketahui. Sebagai umat Islam, mengikuti hal-hal yang sesuai dengan perintah Allah dan Rasul adalah hal yang wajib.

Dalam Islam, terdapat beberapa olahraga yang disebutkan baik untuk menjaga kesehatan. Ya, olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah tersebut ternyata sudah sering kita lakukan dalam keseharian lho, Moms!

Olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah pun bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Beberapa olahraga yang dianjurkan Rasulullah bahkan tak perlu menggunakan alat yang mahal dan bikin kantong bolong.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Olahraga yang Tidak Disarankan untuk Penderita Penyakit Jantung

Sebagai seorang Muslim, hendaknya memang selalu menjaga kesehatan dan melakukan hal yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah dan Rasulullah. Memulai untuk melakukan olahraga yang dianjurkan Rasulullah bisa menjadi langkah yang baik.

Meski masih di tengah pandemi, terdapat beberapa jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah yang bisa dilakukan lho, Moms!

Seperti yang sudah diketahui, menjaga kesehatan adalah hal yang wajib bagi orang Islam. Terlebih hal ini sudah hadir dalam hadist yang berbunyi:

“Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari: 6412, at-Tirmidzi: 2304, Ibnu Majah: 4170).

Bukan hanya ini, Rasulullah sendiri dikenal sebagai panutan yang juga rajin berolahraga. Ia menjaga kesehatan badannya dan hendaknya kita pun melakukan hal yang sama.

Dalam suatu hadist, terdapat kisah dampak olahraga yang rutin dilakukan oleh Rasulullah pada fisiknya. Hadist tersebut berbunyi:

"Abu Hurairrah RA berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah SAW. Roman mukanya cemerlang seperti matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan walaupun kami berusaha mengimbangi jalan beliau. Padahal, beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.” (HR Muslim).

Ya, kesehatan adalah nikmat Allah yang perlu dijaga dan selalu diingat. Karenanya, terdapat beberapa jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah dan patut untuk Moms dan Dads ketahui.

Berikut olahraga yang dianjurkan Rasulullah!

Jenis Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah

Seperti yang sudah dibahas, ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah. Beberapa olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah ini pun mudah untuk dilakukan dan tidak mahal. Yuk simak lebih lanjut!

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Suka Olahraga dan Mencetak Prestasi

1. Jalan Cepat

olahraga yang dianjurkan Rasulullah

Foto: Orami Photo Stock

Olahraga yang dianjurkan Rasulullah dan bisa dilakukan dengan sangat mudahnya adalah jalan cepat. Sahabat pun menyebutkan mereka melihat Rasulullah sangat suka jalan dengan cepat. Bahkan terdapat hadist yang mengatakan bahwa Nabi seolah berjalan menurut dan membuat para sahabat kepayahan.

Ya, hadist yang sudah disebutkan di atas menjadi bukti bahwa langkah demi langkah Nabi Muhammad SAW begitu cepat hingga membuat sahabatnya harus bersusah payah mengimbangi langkahnya.

Dikutip dari NU Online, berjalan kaki dan berlari merupakan jenis olah raga yang sering dilakukan Rasulullah.

2. Berlari

Salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah adalah berlari . Olahraga ini bisa dibilang sangat praktis dan gratis karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Rasulullah sendiri pernah setuju atas keinginan para sahabatnya untuk melakukan lomba lari. Bahkan Rasulullah dalam acara tersebut ikut dalam perlombaan bersama dengan sang istri, yakni Aisyah.

Dalam sebuah hadist, Aisyah pun mengatakan bahwa Rasul pernah dikalahkan olehnya dan begitu juga sebaliknya, ia pernah dikalahkan oleh Rasul.

“Rasulullah SAW bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasulullah SAW bertanding lagi denganku dan ia menang.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Baca Juga: 6 Peralatan Renang Supaya Balita Tetap Aman

3. Berenang

olahraga yang dianjurkan Rasulullah

Foto: Orami Photo Stock

Siapa yang suka berenang? Jika Moms dan Dads adalah salah satu orang yang suka berenang, maka sudah melakukan salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah!

Ya, renang ternyata salah satu olahraga yang menjadi anjuran Rasul. Tak bisa dipungkiri bahwa berenang memang memiliki nilai manfaat bagi tubuh. Terlebih ketika berenang seluruh bagian tubuh kita pun ikut bergerak.

Ketika Moms sedang diet kalori, berenang bisa dijadikan salah satu alternatif karena olahraga ini bisa sangat efektif dalam membakar kalori dalam tubuh.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah sendiri pernah bersabda mengenai olahraga yang satu ini.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadist.

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.” (HR. An-Nasa’i).

4. Berkuda

Berkuda adalah salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah dan cukup populer bagi umat Islam. Meski tak semua umat Islam memiliki kesempatan untuk berkuda, namun olahraga ini punya efek kesehatan fisik yang baik.

Bukan hanya itu, berinteraksi dengan kuda juga bisa meningkatkan insting serta meningkatkan keharmonisan manusia dengan hewan terutama hewan peliharaan.

5. Memanah

olahraga yang dianjurkan Rasulullah

Foto: Orami Photo Stock

Memanah adalah olahraga yang membutuhkan konsentrasi, ketangkasan dan ketepatan. Olahraga ini membutuhkan kekuatan fisik dan konsentrasi agar busur bisa tepat sasaran ketika dibidik.

Kebutuhan konsentrasi yang tinggi pun dihasilkan dari kemampuan mengendalikan diri.

Nah, itu dia Moms olahraga yang dianjurkan Rasulullah. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait