Scroll untuk melanjutkan membaca

K-WAVE
08 Desember 2021

Park Ji-Min, Maknae Line BTS yang Ahli Nada Tinggi dan Jago Dance

Park Ji-Min disayangi oleh ARMY karena keramahanan dan kesopanannya pada siapapun
Park Ji-Min, Maknae Line BTS yang Ahli Nada Tinggi dan Jago Dance

Foto: instagram.com/jimin_bighitentertainment

Siapa yang tak kenal BTS? Boy grup asal Korea yang saat ini menjadi salah satu musisi paling berpengaruh di industri musik dunia. Nama Kim Namjoon, Kim Seokjin, Min Yoongi, Jung Hoseok, Park Ji-min, Kim Taehyung, dan Jeon Jungkook kerap digemakan oleh fandom dari seluruh dunia, dalam setiap konser megahnya.

Sebelum memulai kariernya di industri musik, Park Ji-min merupakan pemuda biasa asal Busan yang juga menjadi siswa terbaik di departemen tari modern di SMA Busan. Melihat bakat dan prestasinya, salah satu guru SMA nya kemudian memberi saran kepada Park Ji-min untuk mengikuti audisi untuk perusahaan hiburan.

Park Ji-min pun mencoba mengikuti audisi di beberapa perusahaan dan mendapatkan tempat di Big Hit Entertainment, tempat BTS bernaung saat ini. Meski begitu, Park Ji-min tetap harus berjuang untuk bisa debut sebagai seorang idol di grup BTS.

Apalagi, Park Ji-min adalah trainee tersingkat di Big Hit dan beberapa kali nyaris dikeluarkan dari trainee. Situasi itu membuat Park Ji-min berlatih lebih keras dari para trainee lain.

Dalam sehari, Park Ji-min hanya tidur selama tiga jam. Dia selalu bangun paling awal dan tidur paling akhir demi bisa debut menjadi idol.

Park Ji-min bahkan rela melakukan diet ekstrem hanya karena tidak suka melihat bayangannya di cermin. Namun pada akhirnya Park Ji-min sadar, latihan keras dan ‘diet satu kali makan’ yang dia lakukan membuatnya lemah dan memperburuk kondisi kesehatannya.

Kini, Park Ji-min sudah lebih santai pada dirinya sendiri. Ketika akan tampil di panggung, Park Ji-min  hanya melakukan latihan ringan dan berlatih koreografi. Selain itu, Park Ji-min juga tak lagi melakukan diet ekstrem dan lebih memilih untuk menikmati banyak makanan.

Baca Juga: 9 Fakta Jeon Jungkook, Golden Maknae Kesayangan ARMY

Profil Park Ji-min

Park Jimim.jpeg

Foto: Park Jimim.jpeg (weverse / Army)

Foto: Weverse/ARMY

Park Ji-min atau 'the angle of BTS' yang kini berusia 26 tahun tersebut telah menerima banyak nama dari ARMY. Misalnya 'Mochi', dan 'Chimchim', dan entah bagaimana, semua nama tersebut tampaknya cocok dengan kepribadiannya yang bersemangat.

Park Ji-min adalah bagian dari Maknae line BTS atau deretan adik laki-laki termuda. Park Ji-min adalah member termuda nomor tiga dari belakang, lalu diikuti oleh V atau Kim Taehyung dan Jungkook.

Namun, ketika Moms melihat Park Ji-min di berbagai wawancara atau episode Run BTS, idol berkulit putih ini tidak segan membungkukkan punggungnya atau memberi hormat pada para sahabatnya tersebut. Ini juga berlaku kepada para fans atau siapa saja orang di hadapannya.

Mungkin itulah alasan mengapa ARMY sangat memuja Park Ji-min. Selain dari keterampilan menari dan menyanyinya yang luar biasa tentu saja, kemampuannya untuk berada di tengah-tengah 'saudara-saudaranya' dalam suka dan duka memang tidak diragukan lagi.

Misalnya ketika momen konser BTS Love Yourself in Seoul, ketika Jungkook mogok di belakang panggung karena dia pikir penampilannya sedang kacau. Park Ji-min memeluknya erat dan dengan yakin mengatakan, “Tidak ada yang tahu bahwa kami melakukan kesalahan,”. Ini bahkan berhasil membuat JK tersenyum. 

Park Ji-min selalu menjadi orang yang menunggu dengan pelukan dan kata-kata yang menenangkan setiap kali para anggota kesal atau merasa putus asa. Kesuksesan BTS bagi Park Ji-min, jelas adalah kesuksesan atau hasil kerja keras semua para member BTS.

Profil

  • Nama Lahir: Park Ji-min
  • Nama Panggung: Jimin
  • Kebangsaan: Korea Selatan
  • Tanggal Lahir: 13 Oktober 1995
  • Zodiak: Libra
  • Zodiak Cina: Babi
  • Tinggi: 173,6 cm (5'6")
  • Berat: 60 kg (132.2 lbs)
  • Golongan Darah: A
  • Media Sosial: Twitter @BTS_twt | Weverse | Instagram @j.m

Baca Juga: 7 Foto Masa Kecil BTS yang Menggemaskan, Mana Bias Moms?

Potret dan Fakta Park Ji-min

Setelah debut menjadi idol, nama Park Ji-min mulai dikenal. Banyak yang penasaran dengan kehidupannya sebelum menjadi idol terkenal. Terlebih di antara member lainnya, Park Ji-min memiliki pesona yang berbeda.

Selain kemampuan koreografinya yang di atas rata-rata hingga dianggap sebagai penari serba bisa, Park Ji-min juga memiliki suara tinggi melengking, tetapi lembut.

Fans yang kebanyakan kaum hawa juga kerap dibuat jatuh hati dengan tatapan mata dan senyumnya yang menggoda. Penasaran apalagi pesona yang dimiliki Park Ji-min? Berikut adalah fakta-fakta tentang Park Ji-min si Baby Mochi.

1. Satoori atau Berbicara dengan Dialek

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Instagram.com/jimin_bighitentertainment

Park Ji-min lahir dan besar di Busan. Hal inilah yang membuatnya tak pernah meninggalkan satoori saat berbicara dengan teman-temannya yang berasal dari daerah. Seperti Jungkook yang juga dari Busan, Taehyung (V) dan Yoongi (Suga) dari Daegu. Di beberapa kesempatan dialek yang juga dikenal dengan dialek Gyeongsang itu muncul dalam percakapan mereka.

2. Vocal dan Dancer

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min (instagram.com)

Foto: Instagram.com/jimin_bighitentertainment

Park Ji-min memiliki kemampuan menggapai suara dengan not tinggi. Banyak yang menggambarkan suara Park Ji-min lembut dan manis.

Selain itu Park Ji-min juga merupakan penari yang luar biasa dan sering disebut penari serba bisa karena spektrum gaya tarinya yang luas. Garakan tarian Park Ji-min juga dinilai halus dan elegan saat berada di atas panggung.

Dia bahkan memiliki kebiasaan menari setiap kali musik dimainkan. Saat SMP, Park Ji-min juga sempat belajar poppin dance.

Baca Juga: Profil Pemain Variety Show New World, Ada Lee Seung Gi dan Kai EXO!

3. Telapak tangan 17.5 centimeter

Park Jimin.jpeg

Foto: Park Jimin.jpeg (Weverse / ARMY)

Foto: Weverse/ARMY

Tangan Park Ji-min jauh lebih kecil dari yang lain, dan anggota BTS kadang-kadang menggodanya tentang hal itu. Kelingkingnya hanya setengah panjang V, dengan yang terakhir memiliki tangan terbesar di antara teman satu band BTS.

4. Teman Sekelas V

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min (instagram.com)

Foto: Instagram.com/jimin_bighitentertainment

Setelah menjadi trainee, Park Ji-min pindah ke Seoul dan sekolah di Korean Arts High School, yang juga menjadi sekolah V dan mereka adalah teman sekelas.

5. Baby J

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Instagram.com/bighit_ent

Sebelum debut, Park Ji-mim telah memperdebatkan apakah akan menggunakan "Baby J," "Baby G" atau "Young Kid" untuk nama panggungnya. Tetapi, kemudian dia tetap menggunakan nama aslinya sebagai nama panggungnya, Jimin.

Park Ji-min juga kerap dipanggil Baby Mochi, julukan yang dia dapat sejak muncul di acara Carpool Karaoke James Corden. Selain itu, dia juga kerap dipanggil Jiminie, ChimChim, Dooly, Ddanji, Mang-gae, Jimni.

6. Ingin jadi Polisi

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Koreaboo.com

Dalam sebuah wawancara Park Ji-min sempat mengungkapkan dirinya kurang tertarik menjadi penyanyi dan memilih menjadi polisi. Namun Setelah menonton penampilan penyanyi Rain, ia mulai bermimpi menjadi seorang penyanyi.

7. Jungkook’s Mom

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Instagram.com/bighit_ent

Para penggemarnya dengan penuh kasih memanggilnya “Jungkook’s Mom,” karena Park Ji-min secara terbuka sangat peduli dengan Jungkook, anggota termuda dari grup tersebut. Bukan hanya itu, keduanya juga terlihat selalu pulang dan pergi bersama.

Baca Juga: Sinopsis dan Profil Pemain The Red Sleeve, Drama Comeback Jun Ho 2PM!

8. Fancafe Fairy

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Instagram.com/bighit_ent

Park Ji-min adalah salah satu member yang suka berkomunikasi dengan penggemar melalui media sosial. Dia sering memposting di akun media sosial BTS, termasuk pembaruan tentang kehidupan sehari-hari dan selfie teman satu band. Saking seringnya, Park Ji-min sampai mendapat julukan Fancafe Fairy.

9. Member Ketiga Termuda

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Instagram.com/jimin_bighitentertainment

Park Ji-min merupakan satu di antara tiga member termuda di BTS, selain V dan Jungkook. Ketiganya mendapat julukan maknae line.

10. Pemegang Sabuk Hitam Taekwondo

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Instagram.com/jimin_bighitentertainment

Di balik kemampuan melakukan gerakan tari yang meliuk dan memukau, Park Ji-min sangat menggemari olahraga. Dia bahkan memegang sabuk hitam taekwondo. Selain itu, Park Ji-min juga menyukai sepak bola.

11. Koleksi Tato

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: filmdaily.co

Park Ji-mim diketahui memiliki empat tato di tubuhnya. Yang pertama tato Nevermind di rusuknya. Tato selanjutnya berada di atas kedua sikunya yang jika digabung bertuliskan “Forever Young”, tato selanjutnya adalah angka 13 di pergelangan tangannya. Angka favoritnya.

12. Berteman Baik dengan Jimmy Fallon

87608079_2348162262142648_1934369516737407921_n.jpg

Foto: 87608079_2348162262142648_1934369516737407921_n.jpg

Foto: Instagram.com/Jimmyfallon

Park Ji-min tampaknya berteman baik dengan Jimmy Fallon, yang namanya terdengar mirip. Ketika Jimin merilis lagu Promise, lagu pertama yang dia ciptakan, Fallon mengucapkan selamat kepadanya.

Lewat Twitter, Jimmy Fallon menuliskan “Ooooohhhhhhh my man JIMIN with a solo jam!!I love it. Selamat! Kakakmu, Chimmy.”

13. Peduli dengan Kesehatan Kulit

Park Ji Min.jpeg

Foto: Park Ji Min.jpeg (https://www.instagram.com/p/CQA9GNtrLUG/?utm_medium=copy_link)

Foto: Instagram.com/bighit_ent

Park Ji-min sangat peduli dengan kulitnya, karena ia dikenal memiliki kulit yang bersinar dan sempurna. Dia menganggap perawatan kulit adalah bentuk perawatan diri, dan mencoba menjernihkan pikirannya dengan membersihkan wajahnya setelah pertunjukan.

Selain itu dia juga rajin minum air putih. Bahkan berada di dalam pesawat, Park Ji-Min mencoba minum air sebanyak mungkin.

14. Si Picky Eater

Park Ji-min

Foto: Park Ji-min

Foto: Instagram.com/jimin_bighitentertainment

Park Ji-min sangat memilih makanan. Dia diketahui tidak menyukai makanan laut, tauge, dan juga kacang. Namun Park Ji-min mengaku sangat suka kimchi. Dia bahkan pandai membuat nasi goreng kimchi.

Selain itu, Park Jimin juga menyukai sup kimchi atau kimchi jjigae, cabai, gochujang (pasta cabai), dan tahu. Selain membuat nasi goreng kimchi, Park Ji-Min juga disebut pandai membuat sandwich.

Baca Juga: 13 Makanan Kesukaan BTS, Jungkook Suka Nasi Goreng, Suga Suka Kerupuk Udang!

Itulah beberapa ulasan tentang Park Ji-min. Sosok tampan yang masih muda, tetapi sayang dan hormat kepada semua orang di sekitarnya.

Kesuksesannya bersama BTS adalah hasil jerih payahnya sendiri dan juga hasil dari kerja kerasnya bersama tim yang solid, sehingga bisa menjadi idol dunia seperti saat ini.

  • https://www.koreaboo.com/stories/bts-revealed-jimin-almost-kicked-day-debut/
  • https://kprofiles.com/jimin-facts-profile/
  • https://en.kepoper.com/bts-jimin-profile-facts-and-tmi/