Kesehatan

KESEHATAN
16 Agustus 2020

5 Penyebab Rambut Ubanan, Ini yang Perlu Moms dan Dads Tahu!

Mulai dari pewarna rambut hingga stres bisa membuat rambut cepat ubanan, lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Warna kelabu pada rambut umumnya dijelaskan sebagai hilangnya pigmen atau melanin di batang rambut.

Biasanya, rambut yang seperti ini memiliki tekstur yang berbeda dari yang berpigmen. Uban biasanya mempunyai tekstur lebih kasar, lebih tipis, dan kurang bisa diatur.

Rambut ubanan adalah hal yang tidak dapat dihindari seiring pertambahan usia. Hal yang sama terjadi pada munculnya kerutan di wajah atau mengendurnya otot di tubuh.

Namun, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut cepat ubanan sebelum waktunya.

“Sebagian besar wanita yang berusia 30-an akan melihat beberapa rambutnya sudah ubanan. Namun, rambut beruban biasanya akan bertambah banyak setelah usia 50 tahun,” ungkap Madeleine Preston, trichologist dari London, Inggris.

Pada dasarnya, rambut menjadi beruban ketika sel-sel yang disebut melanosit di dasar setiap folikel rambut rusak oleh penyakit, paparan lingkungan, atau melalui proses penuaan.

Jadi, apa saja yang menjadi faktor penyebab rambut ubanan? Ini ulasannya.

5 Penyebab Rambut Ubanan

Lama atau cepatnya rambut beruban sebenarnya tidak bisa disamakan pada setiap orang.

Perbedaan gender dan etnis juga dapat memengaruhi. Adapun beberapa penyebab rambut ubanan, yaitu:

1. Faktor Genetik

5 Faktor yang Sebabkan Rambut Cepat Ubanan-1.jpg

foto: medicalnewstoday.com

Faktor genetik sangat berpengaruh. Jika salah satu atau kedua orang tua Moms memiliki rambut yang cepat ubanan, maka Moms juga cenderung akan mengikuti.

Namun, perlu diketahui bahwa laki-laki memang lebih cepat ubanan dibandingkan wanita.

Jika Moms memiliki risiko untuk lebih cepat ubanan berdasarkan genetik, maka perhatikan gizi yang dipenuhi dari sekarang.

Rambut terdiri dari protein sehingga penting untuk menjaga agar tetap sehat dan kuat. Beberapa makanan menjadi sumber protein yang baik, seperti telur dan ikan.

Kekurangan zat besi, kalsium, seng, vitamin D, B12, dan B6 dapat memperburuk kesehatan rambut. Moms bisa mengonsumsi suplemen tambahan jika diperlukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat.

Baca Juga: Masih Muda Tapi Rambut Sudah Beruban, Bisa Jadi Karena Faktor-Faktor Ini

2. Penyakit Bawaan

5 Faktor yang Sebabkan Rambut Cepat Ubanan-3.jpg

foto: glamour.com

Sederhananya, rambut menjadi abu-abu ketika sel-sel yang memproduksi warna berhenti memproduksi pigmen. Hal ini ternyata bisa terjadi ketika seseorang memiliki penyakit bawaan tertentu.

“Rambut cepat beruban bisa dipengaruhi karena penyakit autoimun, tiroid, atau jantung. Jika Anda mengalami penyakit jantung dan rambut beruban, maka itu menjadi tanda penyakit jantung yang lebih buruk,” ujar Dr. James Kirkland, direktur dari Robert and Arlene Kogod Center on Aging.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Mengatasi Uban, Tidak Perlu Cat Rambut!

3. Tingkat Stres yang Tinggi

5 Faktor yang Sebabkan Rambut Cepat Ubanan-3.jpg

foto: helpguide.org

Meskipun masih menjadi perdebatan, namun tingkat stres yang tinggi dinilai juga berpengaruh sebagai penyebab rambut ubanan.

Studi dalam Nature Medicine mengungkapkan, sel-sel yang bertanggung jawab atas rambut dapat terkuras ketika tubuh sedang mengalami stres.

Ya-Chieh Hsu, pakar ahli biologi di Universitas Harvard mengungkapkan temuan yang menunjukkan adanya hubungan antara stres dan rambut yang beruban.

Ketika tubuh Moms merespons stres, seringkali merusak sel-sel sehat. Merokok telah ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan munculnya uban sebelum usia 30.

Perlu dipahami bahwa stres memang akan memengaruhi keseluruhan tubuh seseorang ya, Moms.

4. Kebiasaan Merokok

5 Faktor yang Sebabkan Rambut Cepat Ubanan-4.jpg

foto: usatoday.com

Faktor lingkungan dan nutrisi juga dapat menjadi penyebab rambut ubanan.

"Stres, merokok, dan diet yang tidak seimbang adalah sejumlah alasan mengapa kita mungkin mulai mengalami uban dini," jelas pakar nutrisi untuk Maple Holistics, Caleb Backe, sebagaimana dikutip dari healthline.com.

Studi dari Italian Dermatology Online Journal sudah membuktikan bahwa perokok berisiko lebih tinggi untuk memiliki rambut yang beruban. Studi tersebut mengungkapkan, merokok dapat merusak sel-sel penghasil melanin, yang akhirnya membuat rambut cepat beruban.

Bahkan jika Moms bukan perokok alias perokok pasif, hal itu dapat menjadi alasan tumbuhnya uban.

Baca Juga: Benarkah Rambut Beruban Berkaitan dengan Sistem Imun Tubuh?

5. Pewarna Rambut

5 Faktor yang Sebabkan Rambut Cepat Ubanan-5.jpg

foto: nytimes.com

Baik pewarna rambut maupun produk perawatan rambut, bahkan sampo, bisa menjadi penyebab rambut ubanan. Alasannya, banyak dari produk ini yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan mampu merusak melanin.

Salah satunya adalah hidrogen peroksida, yang banyak dalam produk pewarna rambut. Penggunaan berlebihan produk-produk tersebut bisa menyebabkan rambut cepat beruban.

Sayangnya, ketika rambut sudah beruban, tidak ada obat yang benar-benar mampu mengembalikan warna rambut seperti semula.

Baca Juga: Benarkah Sering Mencabut Uban Bikin Rambut Rontok?

Caleb Backe, merekomendasikan makanan tertentu untuk menambah nutrisi yang hilang. Pertama, dia menyarankan menambahkan kacang kenari ke dalam diet.

"Ini adalah sumber tembaga yang bagus yang membantu meminjamkan pigmen ke folikel rambut Anda," ujarnya.

Dia juga menyarankan menambahkan ikan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan brokoli sebagai sumber asam lemak omega-3 dan seng.

"Yang sangat penting untuk memperkuat kesehatan rambut dan bahkan mengembalikan warna,” tambah dia.

Hal yang bisa Moms lakukan adalah mencegah terjadinya rambut ubanan di usia yang masih muda. Caranya dengan merawat rambut dengan baik dan mengatur pola hidup yang sehat pula.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait