Program Hamil

30 November 2017

Perkembangan Janin Minggu Ke-4

Janin dalam perut Mama masih berukuran sekecil sebutir beras. Untuk mendukung pembentukan organnya, ada sederet pantangan yang wajib Mama hindari.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

PERKEMBANGAN JANIN

Minggu ini merupakan awal dari periode embriotik. Mulai dari sekarang hingga minggu ke-10, organ-organ embrio mulai terbentuk, dan beberapa akan mulai berfungsi.

Ini merupakan masa kritis perkembangan embrio. Pastikan Moms menjauh dari makanan, minuman, dan zat-zat lain yang membahayakan perkembangan embrio, seperti rokok dan konsumsi sembarang obat-obatan.

Saat ini embrio akan berkembang menjadi 3 lapisan yang masing-masing akan membentuk organ. Lapisan endoderm atau lapisan terdalam akan membentuk saluran pencernaan, usus, hati, dan paru-paru.

Lapisan tengah atau mesoderm akan membentuk jantung, alat kelamin, otot, tulang dan ginjal. Lapisan terluar, yaitu ektoderm akan membentuk rambut, kulit, mata, dan sistem saraf.

Pada akhir minggu ini embrio akan memiliki kepala, mulut yang terbuka, otak, serta jantung primitif. Embrio berbentuk seperti sebutir beras dengan ukuran 0,5 - 1 mm.

TUBUH MOMS

Di minggu ini, Moms mungkin sudah terlambat haid. Moms dapat memeriksakannya dengan melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

Jangan kecewa apabila hasilnya negatif, karena tidak semua alat tes kehamilan memiliki sensitivitas yang sama. Apabila hasilnya masih negatif maka Moms dapat mencoba lagi 1 minggu ke depan.

Semakin lama menunggu untuk melakukan tes kehamilan, maka akan semakin besar kemungkinan hasilnya positif.

Karena lonjakan hormon dalam tubuh, Moms akan sering mengalami mood swing. Selain itu, beberapa wanita juga mulai merasakan mual (morning sickness).

TIPS: KONSUMSI ASAM FOLAT

Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengonsumsi asam folat 400 mikrogram/hari. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi di awal kehamilan karena mengurangi risiko cacat pada janin.

Sumber dari asam folat adalah hati, gandum, sayuran, buah, dan ragi.

Narasumber: dr. Ariefandy Pambudi, SpOG (RSIA Kendangsari MERR Surabaya)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait