3-12 bulan

3-12 BULAN
18 Januari 2021

Sudah Imunisasi di Luar Negeri, Perlukah Anak Imunisasi Ulang Ketika Pulang ke Indonesia?

Dilanjutkan saja tidak perlu diulang ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di kala pandemi seperti ini, sulit untuk bepergian baik ke luar atau ke dalam negeri. Bahkan di sejumlah negara, pemberlakuan lock down kembali karena muncul mutasi virus Corona yang 70% lebih menginfeksi manusia.

Terkait hal ini banyak WNI yang bekerja, sekolah bahkan tinggal di luar negeri sejak lama dan belum kembali ke Indonesia.

Hal ini termasuk melakukan imunisasi untuk Si Kecil dalam meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan penyakit infeksi berbahaya seperti polio, hepatitis, TBC, campak dan lain-lain.

Lantas apakah anak yang telah imunisasi di luar negeri perlu imunisasi ulang di Indonesia? Mari simak tanya jawab dengan Prof. DR. Dr. Soedjatmiko, SP.A(K), Msi, Sekretaris Satgas Imunisasi.

Perlukah Anak Imunisasi Ulang di Indonesia?

Liputan-RSPI--Vaksinasi-Anak-di-Tengah-New-Normal-.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Imunisasi di Indonesia mengikuti jadwal imunisasi IDAI 2020 dan Kemenkes. Terkait ini, terdapat pembaruan imunisasi anak yang telah dikeluarkan baru-baru ini.

Banyak orang tua mempertanyakan, apakah anak perlu melakukan imunisasi ulang apabila telah imunisasi di luar negeri? Yuk cek jawabannya di bawh ini.

Tanya:

Bagaimana jika anak telah vaksin di luar negeri, apakah di Indonesia perlu ulang dari awal?

Jawab:

Di luar negeri, banyak WNI yang telah lama menetap atau keperluan sekolah dan tinggal di sana.

Hingga banyak dari mereka melakukan imunisasi sejak kecil dengan menggunakan vaksin yang tersedia di negaranya. Lalu apakah ketika mereka kembali ke Indonesia perlu imunisasi ulang?
Jadwal imunisasi di Indonesia hampir sama dengan seluruh dunia. Sehingga, kalau kembali ke Indonesia hanya perlu dilanjutkan dan disesuaikan saja.

Tidak ada pengulangan imunisasi. Sebab, Indonesia menggunakan aturan imunisasiWorld Health Organization, maka sesuai dengan kriteria di seluruh negara.

Jenis vaksinnya hampir sama, hanya saja, ada beberapa vaksin di luar negeri tidak tersedia di Indonesia.

Ini disebabkan perbedaan penyakit antara negara tersebut dengan di Indonesia.

Indonesia telah berhasil mengeskpor vaksin ke 135 negara buatan labotarium Geofarma. Oleh karena itu, kualitas vaksinasi di Indonesia tak kalah baik dengan di negara lain.

Baca Juga: Kenali Jenis Vaksin Apa yang Aman untuk Anak Alergi Telur

Jadi, tak perlu mengulang imunisasi lagi di Indonesia untuk Si Kecil ya Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait