3-12 bulan

26 April 2021

Agar Bayi Tidur Nyenyak, Moms Bisa Coba Sleep Training

Rahasia agar bayi tidur tenang adalah suasana yang mendukung dan popok yang tepat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Katharina
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sebuah rutinitas yang pasti terjadi, khususnya pada saat anak berusia 3-6 bulan, adalah Si Kecil terbangun di malam hari. Tidak hanya sekali, Si Kecil bisa sampai beberapa kali terbangun dalam satu malam. Padahal Moms sangat berharap agar bayi tidur nyenyak di malam hari.

Sebab selain jadwal tidur jam serta kualitas tidur Moms terpengaruhi, bayi yang sering terbangun di malam hari dan kurang tidur bisa memiliki waktu istirahat yang tidak maksimal dan itu berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya.

Padahal dilansir dari Stanford Children Health, anak usia 3-6 bulan membutuhkan total waktu tidur sebanyak 14-15 jam sehari, dengan dibagi 4 jam tidur siang dan 9-10 jam tidur malam.

Lalu apa yang harus Moms lakukan agar bayi tidur nyenyak di malam hari tanpa terbangun terus menerus? Jawabannya adalah membantu dan mempersiapkan kondisi tidur yang maksimal.

Baca Juga: 4 Olahraga Bayi Ini Akan Membuat Si Kecil Tidur Nyenyak

Cara Membantu Agar Bayi Tidur Nyenyak

Trik-Mengatasi-Bayi-Susah-Tidur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bayi belum mampu menciptakan pola tidur dan bangunnya sendiri, terlebih di malam hari. Tidak semua bayi tahu cara menidurkan diri dan juga kembali tidur ketika terbangun di malam hari.

Kebanyakan orang tua berpikir kalau menyusui atau memberikan susu pada bayi akan segera membuat mereka tertidur. Padahal itu belum tentu.

Cara terbaiknya agar bayi tidur nyenyak adalah dengan menciptakan rutinitas sebelum tidur.

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, selain membantu anak dapat waktu tidur maksimal, menciptakan rutinitas sebelum tidur pada anak sejak dini, membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak, menyeimbangkan mood anak, meningkatkan bonding dengan orang tua, dan mengurangi kebiasaan terbangun tengah malam.

  • Memilih jam tidur yang konsisten
  • Menciptakan rutinitas sebelum tidur, seperti membacakan buku, menyanyi, atau menepuk-nepuk tubuh anak
  • Menghindari melakukan aktivitas berat atau memberikan stimulasi kegiatan menjelang waktu tidur malam
  • Memutar musik lembut, bisa instrumen atau lagu pengantar tidur khusus anak
  • Tidurkan anak di dalam boks atau di atas kasur ketika dia terlihat mengantuk
  • Saat bayi terbangun tengah malam, biasakan untuk menepuk atau menenangkannya di tempat tidurnya sendiri, jangan dibiasakan digendong dan dibawa keluar dari kasurnya
  • Jika Si Kecil menangis, tunggui beberapa menit, lalu kembalilah dan yakinkan dengan tepukan dan kata-kata menenangkan.
  • Memastikan kondisi Si Kecil nyaman sebelum tidur, mulai dari area kasur hingga popok yang digunakan
  • Lakukan kebiasaan tersebut secara konsisten.

Namun, penelitian di atas menyarankan untuk melakukan rutinitas sebelum tidur kepada anak tidak lebih dari 30 menit atau kurang dari itu.

Lewat dari waktu tersebut, aneka kegiatan di atas justru membuat Si Kecil akan semakin sulit tidur.

Baca Juga: Benarkah White Noise Bantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak?

Sleep Training Juga Bantu Agar Bayi Tidur Nyenyak

4 Cara Hindari Bayi Susah Tidur Setelah Bepergian -1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti berharap Si Kecil bisa tidur nyenyak hingga pagi hari, karena ini berpengaruh juga terhadap kualitas tidur Moms.

Selain menerapkan kebiasaan di atas, salah satu cara alternatif agar bayi tidur nyenyak yang patut dicoba adalah dengan menerapkan Sleep Training.

Dikutip dari The Bump, sleep training adalah sebuah metode latihan tidur agar bayi dan balita bisa istirahat dengan lebih nyenyak hingga pagi hari.

Ada bayi yang langsung bisa melakukan dengan cepat dan mudah, tetapi tak sedikit yang susah tidur dan kembali terbangun setelahnya.

Ada tiga metode sleep training yang bisa Moms terapkan agar bayi tidur nyenyak di malam hari sampai pagi, yaitu,

  1. Cry It Out. Metode pertama ini berfungsi agar Si Kecil mendapatkan kenyamanan sendiri pada saat tidur dengan cara membiarkannya menangis sebelum dan pada saat tidur.
  2. No Cry. Pada metode ini, Moms harus tanggap merespon pada saat Si Kecil nangis dan membutuhkan kenyamanan pada saat tidur.
  3. Fading. Metode terakhir ini adalah Moms diharuskan memberikan kenyamanan dulu pada Si Kecil, lalu perlahan-lahan menjauh agar Si Kecil bisa mengembangkan rasa nyaman pada dirinya sendiri.

Menurut TJ Gold, MD, dokter anak di Tribeca Pediatrics di New York City, melatih sleep training pada bayi mungkin bukan hal yang menyenangkan.

Namun TJ Gold selalu memberi tahu pada setiap keluarga bahwa sleep training itu tidak berbahaya dan membantu mendapatkan tidur yang baik sesuai dengan kebutuhan.

Sleep training sudah bisa dimulai saat Si Kecil memasuki umur 3-6 bulan, Moms. Di rentang usia tersebut, biasanya bayi sudah mempunyai jadwal tidur yang teratur.

Meski tidak dapat dipukul rata, yang paling penting adalah konsultasikan ke dokter anak apabila ingin menjalankan sleep training dan pastikan apakah aman untuk Si Kecil atau tidak.

Sleep training merupakan metode alternatif, bukan berarti wajib dilakukan. Masing-masing keluarga punya metode dan rutinitas yang berbeda.

Kebiasaannya pun berbeda-beda. Lakukan jika dirasa cocok untuk membantu agar bayi tidur nyenyak, tetapi tinggalkan apabila tidak sesuai dengan prinsip Moms.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Jam Tidur Bayi Sesuai Usianya

Pastikan Kondisi Nyaman Agar Bayi Tidur Nyenyak

Sleep training merupakan alternatif, tetapi ada satu hal yang wajib Moms lakukan agar bayi tidur nyenyak, yaitu memastikan kondisi Si Kecil nyaman saat tidur. Salah satunya adalah dengan memakaikan popok yang aman pada kulit Si Kecil dan memiliki daya serap tinggi.

Moms bisa mencoba pakaikan Si Kecil popok dari GOO.N. Kini hadri GOO.N PREMIUM PANTS MASSARA SARA yang memiliki teknologi PH Balance dengan lapisan pengontrol pH.

Popoknya dilengkapi dengan formula khusus pada lapisan atas (Topsheet) yang dapat menyeimbangkan pH, sehingga dapat mencegah iritasi dan mengurangi terjadinya ruam sehingga menghindarkan Si Kecil dari rasa gatal saat tidur.

GOO.N PREMIUM PANTS MASSARA SARA memberikan perlindungan High Speed Lock yang mencegah kebocoran maksimum dengan inti penyerap pusat yang cepat menyerap dan efektif mengunci cairan pipis sehingga permukaan popok tetap kering sepanjang malam.

Selain itu, GOO.N PREMIUM PANTS MASSARA SARA juga mampu menyerap pipis hingga 6 cups (12 hrs*) karena dilengkapi dengan pad penyerap ekstra yang memungkinkan penyerapan cairan seketika.

Hal ini tentunya memberikan bayi kualitas serap maksimal sehingga popok tetap kering, bebas ruam popok, dan nyaman untuk digunakan terutama untuk medukung metode sleep training yang diterapkan agar bayi tidur nyenyak.

Baca Juga: 5 Alasan Untuk Memilih Popok Sekali Pakai Dibanding Popok Kain

Mudah, kan, Moms menerapkan rutinitas anak sebelum tidur dan kebiasaan sleep training agar bayi tidur nyenyak? Yuk, maksimalkan dengan penggunaan popok yang tepat untuk bayi! Bayi tidur nyenyak, Moms tidur enak!

(ADV)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait