Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
1 April 2021

15 Pesantren di Bandung, Terpercaya dan Punya Fasilitas Lengkap!

Salah satunya Daarut Tauhid milik Aa Gym
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bandung tidak hanya identik dengan kuliner yang enak dan daerah pariwisata yang menawan, tapi ternyata juga memiliki berbagai pesantren yang berkualitas. Beberapa pesantren di Bandung ini terkenal ke luar daerah hingga se-Indonesia.

Masih ada yang memiliki konsep pesantren tradisional, namun ada pula pesantren yang berkonsep modern. Dikutip Jurnal Studi keislaman dan Ilmu Pendidikan UIN Mataram, saat ini pesantren telah mengalami perubahan yang sangat signifikan mengingat adanya arus globalisasi.

Deretan Pesantren di Bandung

Dikutip dari beberapa sumber, informasi dari beberapa pesantren di Bandung ini dapat menjadi inspirasi untuk Moms yang akan berencana memasukkan Si Kecil untuk belajar di pesantren.

Baca Juga: Selain Tabungan Konvensional, Ini 5 Cara untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

1. Pesantren Daarut Tauhid Bandung

Pesantren di Bandung -1.jpg

Foto: Daaruttauhid.org

Pesantren Darurat Tauhid Bandung adalah salah satu pesantren yang mengedepankan tentang dakwah, tauhid dan managemen keagamaan. Bukan hanya itu, pesantren di Bandung ini juga mempelajari tentang ilmu sosial ekonomi. Dengan fasilitasnya, pesantren ini juga dipanggil Eco-Pesantren DT.

Selain dibekali ilmu agama, para santri pun diajarkan untuk berwirausaha. Oleh karena itu, roda perekonomian yang ada di pesantren ini cukup bagus dari tahun ke tahunnya. Ini juga dirasakan oleh masyarakat di sekitar pesantren yang berlokasi di Jl. Gegerkalong Girang No. 38 Bandung ini.

2. Pesantren Al-Ihsan Islamic Boarding School Bandung

Salah satu pesantren di Bandung yang menjadi favorit adalah Pesantren Al-Ihsan Islamic Boarding School. Berlokasi di Jl. Cibiru Hilir Cileunyi, Kabupaten Bandung, pesantren ini dikembangkan kembali oleh tiga orang yang berasal dari pondok pesantren Gontor.

Memiliki pendidikan yang bernuansa Gontor, pesantren ini tidak mengizinkan santrinya pulang pergi agar tidak mengganggu proses pendidikan. Ini membuatnya memiliki kualitas yang baik. Meski begitu, terdapat pula pendidikan umum yang sesuai dengan kurikulum yang ada dimiliki pemerintah.

3. Pesantren Al-Islam Bandung

Pesantren Al-Islam Bandung adalah salah satu lembaga pendidikan yang mengembangkan kemampuan santri dalam memahami Alquran dan hadits. Bukan hanya itu, para santri juga dibekali pendidikan umum sebagai pendidikan penunjangnya.

Pesantren ini memiliki visi mewujudkan generasi muslim yang sholih dan sholehah, berilmu dan berakhlak mulia. Menerapkan kurikulum umum yang digunakan oleh kerajaan Saudi Arabia, pesantren ini terletak di Kampung Pesantren, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

4. Pesantren Nurul Huda Bandung

Pondok pesantren Nurul Huda adalah salah satu pondok pesantren di Bandung yang memiliki banyak kemajuan. Terletak di Jl Kalipah Apo Gg Pamarset 16 Bandung, pesantren ini terus menunjukkan kualitasnya tanpa meninggalkan identitas sebagai pondik pesantren.

Dalam pendidikannya, hingga kini pesantren ini memiliki pendidikan formal dari TK sampai SMA. Santri yang ada di pondok ini juga cukup banyak, sehingga tidak heran jika pesantren Nurul Huda ini semakin berkembang.

5. Pesantren Tarbiyatul

Pesantren Tarbiyatul berlokasi di Jalan Dr. Setiabudi XIV, KM 10,2/17 Bandung. Berkat kualitas pendidikannya, pesantren ini terkenal di daerah tersebut bahkan hingga ke luar daerah. Banyak orang tua yang menitipkan anaknya di sana agar mendapatkan ilmu agama yang baik.

Pesantren Tarbiyatul ini adalah salah satu pesantren yang mengedepankan pendidikan agama sebagai prioritas utama dan juga pendidikan umum sebagai pendidikan pelengkapnya. Meski begitu, kurikulum yang dimiliki oleh pesantren ini sesuai dengan telah ditentukan oleh pemerintah.

Baca Juga: Cara Menanamkan Pendidikan Pada Anak di Bulan Ramadan

6. Pesantren Nurul Huda

Pesantren di Bandung -2.jpg

Foto: Pontrennurul-huda.blogspot.com

Pilihan pesantren di Bandung lainnya yakni pondok pesantren Nurul huda yang berlokasi Jl. Rancabentang No.116, Ciumbuleuit, Kota Bandung. Keberadaan pesantren ini cukup mendapatkan perhatian masyarakat sekitar dan masyarakat di daerah lain, salah satunya karena pendidikan gratisnya.

Pesantren ini memiliki harapan untuk mewujudkan pendidikan ideal dalam penerapan nilai-nilai agama Islam agar mencetak ulama-ulama terbaik. Selain itu, harapan lainnya adalah lebih mengharumkan daerah melalui penerapan nilai agama Islam melalui berbagai kegiatan penyebaran syiar Islam.

7. Pesantren Hidayatullah Bandung

Berlokasi di Jl. R.E Suwanda No. 18A Pasirleutik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Pesantren Hidayatullah memiliki pola pengajaran dengan menggunakan sistem pesantren modern, yaitu menggabungkan pelajara umum dan pelajaran khusus atau keislaman (diniyyah).

Pelajaran umum yang disajikan sama seperti pada sekolah dormal umum lainnya. Meski begitu, terdapat pelajaran khusus khas pesantren, yaitu yang berkaitan dengan keislaman seperti aqidah, fiqih, bahasa arab, dan tahfidz Alquran.

8. Pondok Pesantren Al-Basyariyah

Memiliki rekam jejak pendiri para ulama yang berkharisma dan terkenal, pondok pesantren ini kini menunjukkan kemajuan yang pesat. Berlokasi di Jl. Cibaduyut Lama, Kota Bandung, pesantren ini kini menjadi lembaga pendidikan yang memiliki luas tanah sekitar 17 ha.

Kamar santri yang asalnya hanyalah gubuk sederhana, kini berubah menjadi puluhan lokal asrama santri untuk kapasitas 2.000 orang. Hingga kini, telah meluluskan para alumni yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan Indonesia.

9. Pesantren Tahfidz Alquran Assalaam Bandung

Memiliki segudang prestasi, pesantren yang berlokasi di Jl. Mandala VI No.132, Jatihandap Kota Bandung ini menjadi salah satu pesantren di Bandung yang menargetkan santrinya hafal Alquran sejak usia Mts atau SMP.

Sejak dibuka pada 2013 lalu, pesantren ini membagi fokus pada sekolah Alquran dan sekolah kurikulum Mts Nasional. Ada beberapa prestasi yang telah diraih, seperti juara olimpiade fisika dan tahfiz tingkat kota. Target santri di pesantren ini minimal mencapai 5 juz hafalan Alquran saat lulus.

10. Pesantren Mahasiswa Universal

Nama Universal untuk pesantren ini diambil karena dulunya tempat ini digunakan untuk berbagai kegiatan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam berbagai macam ormas Islam yang bersifat universal. Pesantren ini berlokasi di Jl. Desa Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Namun meski termasuk dalam kategori pesantren modern, pesantren ini tidak meninggalkan tradisi pesantren salafi seperti masih mengkaji kitab klasik dengan cara sorogan dan balagan. Selain asrama, pesantren ini memiliki sejumlah fasilitas yang mumpuni untuk menunjang kegiatan santri di pesantren.

Baca Juga: Sering Tidak Disadari, Inilah 4 Dampak Perceraian Pada Pendidikan Anak

11. Pondok Pesantren Sukamiskin

Pesantren di Bandung -3.jpg

Foto: Laduni.id

Sebagai salah satu pencetak ulama terbaik, pesantern Sukamiskin yang berada di Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung ini telah didirikan sejak tahun 1881. Hingga kini, banyak alumni yang telah memiliki nama besar yang juga memiliki pesantren sendiri.

Semenjak didirikan, pesantren ini telah berhasil mendidik siswa-siswanya sehingga menjadi ulama besar. Salah satu dari alumninya adalah pahlawan nasional yakni almarhum KH Zainal Musthofa. Hingga kini, pesona pesantren ini tidak padam dan menjadi salah satu pesantren di Bandung yang terkenal.

12. Pesantren Al-'Ashr Al-Madani

Pesantren ini memiliki boarding school system yang berbasis pembinaan akidah, akhlak karimah, ibadah praktis, serta kurikulum yang berbasis pada kompetensi dalam nuansa pesantren yang khas. Pesantren ini berlokasi di Jl. Arcamanik, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung.

Salah satu ciri khasnya adalah hampir di seluruh bagian pesantren ditanami ribuan pohon dengan berbagai jenis tanaman kayu dan buah-buahan, sehingga tetap terjaga kelestarian alamnya. Terdapat juga fasilitas kolam ikan, peternakan itik, sapi dan yang menjadi ajang praktek ketrampilan santri.

13. Pesantren Annajiyah

Pesantren di Bandung lainnya adalah pesantren An-Najiyah. Terletak di Perumahan Griya Cempaka Arum, Jl. Utsman bin Affan No. 90, Gedebage Kota Bandung ini berorientasi pada kegiatan dakwah, pendidikan dan sosial yang berlandaskan Alquran dan Sunnah menurut Salafush shalih.

Kini, pesantren tersebut melakukan pengembangan dengan membuka kelas baru khusus ikhwan (Putra) dengan nama Pesantren Sabilunnajah. Berada di gedung baru yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai, pesantren tersebut berada di lokasi seluas 1,2 Ha.

14. Pesantren Terpadu Ar-Raaid

Berada dekat kampus UIN SGD Bandung, pesantren ini juga menyasar mahasiswa sebagai santrinya. Berlokasi di Kp. Cisalatri, Jl. A.H. Nasution Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, pesantren terpadu Ar-Raaid memiliki sistem pendidikan yang menarik perhatian.

Pesantren ini menekankan pada pembinaan akhlak dan pembentukan karakter. Salah satunya dengan mendidik adab, etika dan tutur kata yang sopan. Selain itu, pesantren ini memadukan sistem salaf (kitab kuning), pendidikan modern (bahasa Arab dan Inggris) dan pendidikan Alquran.

15. Pesantren Al-Wafa

Pesantren khusus mahasiswa ini berada di Jl. Cibiru Hilir No. 46, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Pesantren ini mengajarkan ilmu-ilmu keislaman berlandaskan Alquran dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salafusshalih dan para ulama Ahlussunnah wal Jama'ah..

Model pendidikan di pesantren ini mengintegrasikan antara agama dan pendidikan umum, antara pesantren, keluarga, dan masyarakat dengan mengoptimalkan kognitif, afektif, dan psikomotorik agar para santri menjadi manusia yang cerdas, berwawasan luas, kreatif, dan mandiri.

Demikianlah beberapa pesantren di Bandung dengan ciri khas dan kualitasnya masing-masing. Semoga Moms menemukan pesantren idaman agar bisa tenang meninggalkan anak untuk belajar ilmu agama.

  • https://www.infopesantren.com/2018/08/pesantren-di-bandung.html
  • https://www.kuswaluhan.com/2019/08/13-pondok-pesantren-terbaik-dan-terbesar-di-bandung.html
  • https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/702

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait