Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
1 April 2021

7 Pesantren di Malang Paling Berkualitas, Ada yang Menggunakan Kurikulum Internasional!

Pesantren Tazkia International Islam Boarding School (IIBS) Malang menggunakan kurikulum dari Cambridge untuk beberapa mata pelajarannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meskipun termasuk dalam pendidikan tradisional, namun pesantren merupakan sistem dan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Salah satu wilayah yang menjadi banyak memiliki rujukan dan juga refernsi tempat yang baik adalah pesantren di Malang.

Pesantren yang merupakan ciri khas produk budaya dan pendidikan di Indonesia ini kebanyakan memiliki sistem pondok atau asrama. Di dalamnya, anak didik yang disebut santri akan dididik 24 jam penuh di bawah bimbingan kiai atau para ustadz yang mumpuni.

Orang tua yang memasukkan anaknya di pesantren biasanya berharap agar anak lebih mengenal dan memiliki pemahaman yang kuat terhadap ilmu agama Islam. Jika Moms juga berfikir demikian, maka pesantren adalah tempat yang tepat untuk mendidik anak dengan ilmu agama yang lebih dalam.

Baca Juga: Kenali Metode Belajar Anak, Apakah Gaya Belajar Visual, Audio, atau Kinestetik?

Pengaruh Pendidikan Pesantren

Pesantren di Malang -1.jpg

Foto: Alkhoirot.com

Studi yang dilakukan oleh Centers for Indonesian Policy Studies mengungkapkan, pesantren menyampaikan ajaran Islam dan sangat bersejarah karena telah menjadi bagian dari Indonesia dan menjadi sistem pendidikan sendiri jauh sebelum negara merdeka pada tahun 1945.

Dalam studi tersebut juga menyebutkan bahwa pada sekitar tahun 2014 hingga 2015, terdapat 28.961 pesantren yang memiliki total 4.028.660 siswa di seluruh Indonesia. Artinya, masih banyak orang tua yang menitipkan anaknya tinggal di pesantren untuk dididik ilmu agama yang baik.

Namun, karena mengedepankan sistem pendidikan tradisional, banyak yang mengira bahwa pesantren terlalu kaku dan selalu ketinggalan zaman. Oleh karena itu, beberapa orang tua memutuskan tidak menggunakan pesantren sebagai sarana pendidikan untuk anaknya karena takut tidak bisa berkembang.

Padahal saat ini pondok pesantren mengalami perkembangan juga. Karena bukan hanya berfokus terhadap pengajaran agama saja, tapi juga sudah banyak yang bertitel pesantren modern. Artinya, para santri akan dibekali dengan ilmu agama dan juga ilmu umum yang berimbang.

Jadi, Moms tidak usah ragu untuk menyekolahkan anaknya di pesanttren. Pesantren-pesantren modern tersebut biasanya memiliki sekolah umum juga. Fasilitasnya pun lengkap. Tentunya ini untuk menunjang pemberian pendidikan baik agama atau umum agar dapat diterima dengan baik oleh para santri.

Hasilnya, banyak pesantren yang memiliki alumni yang tersebar di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Ini menunjukkan bahwa santri yang berada di pesantren juga memiliki kemampuan dan kesempatan yang sama dengan siswa yang hanya belajar di sekolah umum.

Baca Juga: Ini Dia Jurus Menghadapi Inflasi Biaya Pendidikan Anak

Deretan Pesantren di Malang

Pesantren di Malang -2.jpg

Foto: Tazkiaiibs.sch.id

Perkembangan pesantren memang lebih banyak terjadi di Pulau Jawa. Tak terkecuali banyaknya pilihan pesantren di Malang yang bisa dijadikan referensi jika Moms tertarik menyekolahkan Si Kecil di pesantren. Beberapa di antaranya yakni:

1. Pesantren Modern Al-Firqoh An-Najiyah Malang

Salah satu program unggulan di pesantren ini memiliki program gratis tahfidz Alquran 30 Juz. Yakni program Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an (Maltiq), merupakan pendidikan 2 tahun untuk lulusan SMA/SMK/ALIYAH yang dilakukan untuk mencetak kader ulama dan juga generasi qur’ani.

Selama 2 tahun tersebut, para santri baik putra ataupun putri mendapatkan gratis program beasiswa 100% dengan sistem asrama. Selain itu, santri juga dibekali dengan ilmu-ilmu keislaman, Bahasa Arab serta life skill seperti wirausaha.

Pesantren yang berlokasi di Jln. Anggrek, Donowarih, Karangploso, Kabupaten Malang ini juga memiliki ijazah Formal setara SMK IT Multimedia, serta dibekali kemampuan teknologi informasi untuk dakwah. Life skill lain yang diberikan adalah dengan adanya lahan penghijauan, IT, memanah, dan berkuda.

2. Pesantren Alkhoirot Malang

Pesantren ini memiliki sistem pendidikan yang terintegrasi antara pendidikan karakter, ilmu agama, ilmu umum, dan keterampilan atau soft skill. Selain itu, pesantren ini juga mengadopsi sejumlah pola pendidikan Islam yang ada di luar negeri seperti kajian tafsir dan hadits.

Ada beberapa kegiatan pendidikannya, yaitu: pengajian kitab kuning, Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, program intensif bahasa Arab modern, dan Tahfidz Al-Quran. Pesantren ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan, mencerdaskan, membentuk karakter kepribadian dan akhlak kepemimpinan.

Pesantren yang berlokasi di Jl. KH Syuhud Zayyadi, Karangsuko, Pagelaran, Malang ini dalam setiap program pembelajarannya menerapkan adanya aturan yang mengajarkan untuk taat syariah, taat etika sosial, disiplin dan bekerja keras, serta memiliki pola hidup sederhana.

3. Pesantren Nurul Ulum Malang

Salah satu pesantren di Malang ini memiliki program pendidikan Madrasah Diniyah Ula dan Madin Wushtho. Seluruh santri yang berada di pondok pesantren wajib mengikuti madin dan bukan hanya mengikuti sekolah formal saja.

Pesantren ini berdiri berawal dari pengajian yang dilakukan di Jl. Aipda Satsui Tubun 17, Sukun, Kota Malang. Pesantren dibuat agar dapat menampung santri yang datang dari daerah jauh. Memiliki dewan guru dan pengajar terbaik, para alumni juga akan dapat beradaptasi saat lulus dari pesantren.

Berbekal pendidikan agama dan pengetahuan umum, ada banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh para santri, seperti: Juara 1 Esay Pramuka SMP/MTs se-Malang Raya, Juara 3 Kaligrafi se-Malang Raya, Juara 1 MFQ Nasional, dan Juara 3 Presenter Jawa MTs/SMP se-Malang.

4. Pesantren Al-Hikam Malang

Pesantren ini berdiri pada 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, pesantren ini memiliki tujuan memadukan sisi positif perguruan tinggi yang menekankan ilmu pengetahuan dengan sisi positif pesantren, yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian.

Pesantren di Malang yang digagas oleh KH A Hasyim Muzadi ini berlokasi di Jalan Cengger Ayam No. 5, Tulusrejo, Lowokwaru, Kota Malang. Pesantren ini memiliki tiga lembaga utama sebagai pelaksana proses pendidikan, yakni Kepengasuhan, Pengajaran dan Kesantrian.

Selan itu, ada beberapa unit di pesantren ini, yakni KBIH, Apotek, Poskestren, Media Center, dan OSPAM. Dalam pelaksanaannya, pesantren ini juga menerima santri di luar daerah dan dibekali dengan pendidikan agama yang dipantau langsung oleh kiai.

5. Pesantren Tazkia International Islam Boarding School (IIBS) Malang

Terletak di di Jalan Tirto Sentono No. 15, Dau, Malang untuk jenjang SMP dan SMA, pesantren ini memiliki fasilitas yang berbeda. Banyak memiliki taman yang asri, gedungnya pun terawat. Di sana diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris di lingkungan pesantren.

Uniknya, untuk masuk Tazkia calon santri harus mendaftar jauh sebelum lulus. Calon santri harus mendaftar pada saat kelas 3 SD apabila ingin SMP di Tazkia. Untuk SMA, calon santri harus mendaftar pada saat kelas 6 SD. Ini karena banyaknya antrean yang mendaftar ke sana.

Pesantren ini memiliki kurikulum Al Azhar dengan mewajibkan santri hafalan minimal 8 juz. Selain itu, pesantren di Malang ini juga menggunakan kurikulum nasional yang digabung dengan kurikulum internasional Cambridge Checkpoint untuk matematika, sains, dan bahasa Inggris.

6. Pesantren Ar-Rohmah Islamic Boarding School Malang

Pesantren yang terletak di Jalan Jambu 1, Semanding, Sumbersekar, Dau, Malang terdapat jenjang SD, SMP, dan SMA. Jika ingin di asrama, anak harus minimal berusia SMP. Salah satu ajaran yang ditekankan selain agama adalah pendidikan akhlaknya.

Pesantren ini kini sudah terakreditasi A dan menggunakan kurikulum 2013. Untuk meningkatkan kualitas pesantren dan pengajar, pesantren ini pernah melakukan studi kampus ke Malaysia dan Singapura. Kualitas pendidikannya di pesantren ini pun sedang bersiap berstandar internasional.

Banyak yang menjuluki pesantren ini sebagai pondok pesantren yang banyak melahirkan siswa-siswa yang berprestasi dan memenangkan banyak kompetisi. Sebab, berbagai kemampuan siswa baik dalam agama atau umum terus dipantau dan dikembangkan oleh pesantren.

7. Pesantren Daarul Ukhuwah Malang

Pondok pesantren modern ini terletak di Jalan Asrikaton, Bamban, Pakis, Malang. Uniknya, nama Daarul Ukhuwah yang berarti kampung persaudaraan terinspirasi karena pesantren ini menerima banyak murid dari berbagai background pendidikan keagamaan seperti NU atau Muhammadiyah.

Fasilitas di ponpes ini pun cukup lengkap. Program unggulannya adalah bahasa Arab karena setelah 6 bulan di asrama, santri wajib menggunakan bahasa Arab. Kurikulum yang digunakan berkiblat pada kurikulum di Gontor, yakni Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI).

Sistem ini dibuat untuk melakukan modernisasi sistem pendidikan pesantren sebagai budaya asli bangsa Indonesia, yang mendapatkan penyesuaian dengan pendidikan umum agar lebih bersinergi menghasilkan santri yang berakhlak dan juga berwawasan luas.

Semoga deretan pesantren di Malang ini bisa menjadi inspirasi bagi Moms yang berada di Malang atau luar daerah untuk menyekolahkan anaknya ke pesantren.

  • https://repository.cips-indonesia.org/media/296490-effects-of-the-pesantren-law-on-indonesi-c21490a3.pdf
  • https://firqotunnajiyah.com/pondok-pesantren-modern-gratis-al-firqoh-an-najiyah-di-malang/
  • https://www.alkhoirot.com/sejarah-pesantren/
  • https://www.nurululum.com/
  • https://alhikam.ac.id/
  • https://tazkiaiibs.sch.id/home/show_post/mengintip-3-pondok-pesantren-modern-di-kabupaten-malang

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait