3-12 bulan

27 November 2019

Pewarna pada Skincare Bayi, Amankah?

Beberapa jenis pewarna pada skincare bayi dapat menimbulkan iritasi bagi kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sama seperti makanan, kosmetik dan skincare juga ditambahkan pewarna buatan agar tampilannya lebih menarik. Misalnya, warna hijau mint di pasta gigi, pink pada sabun, atau merah pada produk blush on.

Dilansir dari Cosmetic Info, pewarna buatan sudah digunakan lebih dari 150 tahun untuk membuat kosmetik dan produk perawatan lebih menarik dan dekoratif.

Sebelum ditambahkan pewarna, produk biasanya memiliki warna yang tidak rata, gampang pudar, dan membosankan. Namun, bagaimana bila bayi menggunakan produk yang mengandung pewarna?

Selain pewangi, pewarna buatan memang menjadi salah satu bahan skincare yang yang banyak dikhawatirkan para Moms. Apakah pewarna pada skincare bayi aman bila digunakan? Mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Pewangi pada Skincare, Berbahayakah?

Pewarna pada Skincare Bayi

pewarna pada skincare

Meski cantik, tidak semua pewarna buatan aman digunakan pada skincare. “Perlu 25 bahan kimia sintetis untuk menciptakan satu warna buatan. Kalau produknya berwarna ungu, warna itu bisa mengandung 50 bahan kimia di dalamnya,” ujar Leila McGehee Tucker, ND, CNC, ahli spesialis pengobatan alami.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), sebenarnya pewarna buatan aman bila digunakan dengan benar, tapi beberapa pewarna bisa menimbulkan reaksi pada kulit.

Contohnya, FD&C Yellow No. 5 bisa menyebabkan gatal dan iritasi bagi sebagian orang. Pewarna buatan ini biasa ditemui di makeup, obat, makanan, dan sayuran kalengan.

Tapi para peneliti belum benar-benar yakin apakah penggunaan pewarna akan berbahaya bila digunakan secara topikal (tidak diminum/dikonsumsi). Sebab, pewarna buatan hanyalah sedikit bahan kecil di antara puluhan formula dalam satu produk.

Baca Juga: Paraben dalam Kosmetik, Apakah Benar-benar Berbahaya?

Menghindari Pewarna Buatan pada Skincare Bayi

pewarna pada skincare

Namun, wajar sekali bila Moms khawatir terhadap kandungan pewarna pada skincare bayi. Oleh sebab itu, ini beberapa tips menghindari pewarna buatan:

  • Baca label dan hindari pewarna dengan label FD&C atau D&C yang diikuti dengan angka. Contohnya FD&C Red No. 6 atau D&C Green No. 6.
  • Membeli produk natural dan organik dengan bahan-bahan yang Moms kenali
  • Pewarna buatan akan lebih berbahaya bila masuk lewat mulut. Pilih pasta gigi dan obat kumur natural, terutama untuk anak karena mereka lebih sensitif.
  • Pilih produk dengan pewarna alami yang dibuat dari tanaman atau rempah-rempah.

Baca Juga: Jenis Alkohol Baik dan Alkohol Buruk Pada Skincare

Itu dia hal yang harus Moms perhatikan mengenai kandungan pewarna pada produk skincare bayi. Hati-hati sebelum membeli ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait