Scroll untuk melanjutkan membaca

K-WAVE
27 Mei 2022

Profil Choi Sung Eun, Pemeran Yoo Ah Yi di The Sound of Magic!

Ia merupakan aktris pendatang baru
Profil Choi Sung Eun, Pemeran Yoo Ah Yi di The Sound of Magic!

Foto: instagram.com/acefactory.official

Drama Korea memang tidak lepas dari aktris dan aktornya, ya Moms. Semakin berkembangnya drama, tentunya beriringan juga dengan pemerannya. Choi Sung Eun sendiri merupakan salah satu artis pendatang baru yang mulai dilirik netizen.

Namanya semakin terkenal usai memerankan drama hits yang baru saja tayang di Netflix 6 Mei 2022 kemarin, yaitu The Sound of Magic.

The Sound of Magic merupakan drama keduanya setelah sebelumnya ia berperan di Beyond Evil bersama Yeo Jin Goo.

Walaupun baru kedua kali berperan di drama Korea, banyak yang memuji keahlian akting aktris kelahiran 1996 ini, lho Moms!

Tidak hanya berakting di drama The Sound of Magic, ia pun diharuskan untuk bernyanyi. Mengingat drama ini merupakan drama musikal fantasi.

Drama musikal pertama yang ia perankan pun sempat menjadi tontonan populer, sebab diperankan juga oleh aktor papan atas lainnya seperti Ji Chang Wook dan Hwang In Yeop.

Sangat berbakat ya, Moms. Yuk, intip biodata Choi Sung Eun agar lebih dekat!

Baca Juga: Profil Hitomi IZONE, Anggota dari Jepang yang Imut dan Kawaii!

Profil Choi Sung Eun

choi sung eun

Foto: choi sung eun (https://www.instagram.com/p/CdK9ayWpMzd/)

Foto: instagram.com/choisungeun.official

Choi Sung Eun merupakan anak tengah dan memiliki kakak laki-laki dan adik laki-laki. Jadi bisa dikatakan dirinya merupakan anak perempuan satu-satunya, ya Moms!

Sebelum debut menjadi seorang aktris, Choi Sung Eun menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Seni Kaywon di bawah departemen Teater dan Film.

Hingga akhirnya ia diterima di Departemen Akting di Universitas Seni Nasional Korea pada 2015. Universitas Seni Nasional Korea sendiri merupakan universitas ternama di Korea, lho Moms.

Choi Sung Eun sempat berakting dalam film pendek dan juga sebagai aktris teater di Doosan Art Center.

Pada 2018, ia pernah berperan dalam drama teater bertajuk Grain in the Blood dan berperan sebagai Autumn. Drama teater ini berkisah tentang seorang gadis yang menunggu transplantasi organ.

Saat masih mahasiswa, dirinya mendapatkan kesempatan untuk tampil di sampul majalah universitas, Life Magazine College Tomorrow edisi ke 853.

Sejak saat itu penampilannya menjadi perhatian pejabat industri hiburan dan berbagai perusahaan manajemen Korea.

Seiring berjalannya waktu, Juli 2018 ia secara resmi menandatangi kontrak eksklusif dengan SALT Entertainment dan saat itulah ia memulai karirnya sebagai aktris pendatang baru.

Kini, ia bernaung di bawah Ace Factory.

Baca Juga: Sinopsis dan Profil Pemain Welcome to Wedding Hell, Tayang di Netflix Mulai 23 Mei 2022!

Ia memulai debut film layar lebar pada tahun 2019 yaitu berjudul Start-Up. Kala itu ia mendapatkan peran sebagai pemeran utama setelah lulus audisi. Tentunya film ini yang membawa namanya hingga sekarang, ya Moms.

Dalam film tersebut ia berperan sebagai So Kyung Joo dan sempat masuk ke dalam nominasi Aktris Pendatang Baru Terbaik dari Festival Film Chunsa, bahkan memenangkannya, lho Moms!

Beralih ke tahun 2020, Choi Sung Eun muncul dalam drama MBC SF8: Joan's Galaxy di episode 3. Perannya tersebut membawanya ke beberapa judul drama Korea, salah satunya Beyond Evil.

Pada 2021, ia berperan di drama Beyond Evil sebagai Yoo Jae Yi dan beradu akting dengan Yeo Jin Goo. Bahkan ia dinominasikan sebagai pada Baeksang Arts Awards ke-57 dalam kategori Aktris Baru Terbaik.

Perjalanannya tersebut membuat ia akhirnya menjadi pemeran utama di drama The Sound of Magic yang bersanding dengan Ji Chang Wook.

Sejak saat itu, namanya kian meroket. Tentunya seiring berjalannya waktu akan ada judul drama baru yang meghadirkan Choi Sung Eun sebegai pemeran utama, ya Moms!

Mengingat bakat aktingnya yang bagus di The Sound of Magic membuat netizen memerhatikan keahliannya dalam berakting.

Baca Juga: Profil Yeonjun, Member TXT yang Punya Segudang Bakat

Biodata Choi Sung Eun

Choi Sung Eun

Foto: Choi Sung Eun (https://m.k-odyssey.com/news/newsview.php?ncode=1065575838685438)

Foto: m.k-odyssey.com

  • Nama: Choi Sung-Eun
  • Nama Keluarga: Choi
  • Hangul: 최성은
  • Kebangsaan: Korea Selatan
  • Tanggal Lahir: 17 Juni 1996
  • Tempat Lahir: Korea Selatan
  • Tinggi Badan: 162 cm

Baca Juga: Beragam Genre, Ini 8 Drama yang Dibintangi Kim Dong Wook

Rekomendasi Film dan Drama Choi Sung Eun

Nah, setelah Moms sudah mengetahui perjalanan karir dan juga biodata Choi Sung Eun, saatnya mengetahui karya-karyanya di drama dan film Korea, ya Moms!

1. Start-Up (2019)

start up film yang diperankan choi sung eun

Foto: start up film yang diperankan choi sung eun (https://m.imdb.com/title/tt11454170/mediaviewer/rm2859850753)

Foto: m.imdb.com

Film Choi Sung Eun pertama berjudul Start-Up, yang berkisah tentang pemuda Taek Il (Park Jung Min) yang tinggal bersama ibunya namun sering melawan keinginan sang ibu.

Suatu ketika Taek Il memutuskan untuk meninggalkan ibunya dan pergi untuk mengejar hal yang diinginkannya.

Dalam film ini Choi Sung Eun beperan sebagai Kyung Joo yang memiliki penampilan nyentrik namun aktingnya tetap sangat memesona.

Baca Juga: 9+ Drama Korea Tayang Mei 2022, Ada Drama Ji Chang Wook sampai Im Soo Hyang!

2. Ten Months (2021)

Ten Months film choi sung eun

Foto: Ten Months film choi sung eun (https://asianwiki.com/Ten_Months_(Korean_Movie))

Foto: asianwiki.com

Dalam film ini, Choi Sung Eun berperan sebagai pemeran utama. Berkisah tentang pengembang game berusia 29 tahun bernama Mi Rae (Choi Sung Eun).

Ia memiliki seorang pacar dan dipaksa untuk menikah. Sekaligus dipaksa untuk bekerja di peternakan babi orang tuanya. Namun hal ini bertentangan dengan Mi Rae.

Sementara itu, bos Mi Rae mengetahui tentang kehamilannya seketika semua kerja keras Mi Rae hancur.

3. Beyond Evil (2021)

Beyond Evil.jpeg

Foto: Beyond Evil.jpeg (Asianwiki)

Foto: Orami Photo Stocks

Tidak hanya film, dirinya juga turut berperan di drama Korea, berjudul Beyond Evil. Drama ini berkisah tentang Lee Dong Sik (Shin Ha Kyun) yang menjadi detektif yang cakap.

Sementara itu Han Joo Won (Yeo Jin Goo) baru saja dipindahkan ke kantor polisi dan ditugaskan untuk bekerja bersama Lee Dong Sik.

Dalam drama ini Choi Sung Eun berperan sebagai Yoo Jae Yi.

Baca Juga: 23 Rekomendasi Drama Korea Detektif, Ada Drama Jo Jung Suk dan Kim Seon Ho!

4. SF8: Joan's Galaxy (2020)

SF8 Joans Galaxy

Foto: SF8 Joans Galaxy (https://asianwiki.com/SF8:_Joan%27s_Galaxy)

Foto: asianwiki.com

Dalam series ini, Choi Sung Eun berperan sebagai Yio. Di mana berkisah di tahun 2046, terdapat lapisan debu halus yang mengelilingi atmosfer bumi.

Orang yang dilahirkan terbagi antara C (bersih) dan N (tidak bersih). C sendiri diberikan vaksin mahal saat lahir dan memiliki harapan hidup tinggi.

Sementara itu Yio (Choi Sung Eun) merupakan seorang mahasiswa yang baru mengetahui bahwa dirinya bukan C akibat kesalahan rumah sakit. Ia rupanya tidak mendapatkan vaksin.

Lalu bagaimana dengan kehidupan Yio?

5. The Sound of Magic (2022)

the sound of magic poster

Foto: the sound of magic poster (https://blog.asianwiki.com/korean-dramas/first-teaser-poster-release-date-set-for-netflix-drama-the-sound-of-magic)

Foto: Orami Photo Stocks

Drama terakhir yang ia perankan adalah The Sound of Magic. Berkisah tentang seorang siswa sekolah menengah atas Yoon A Yi (Choi Sung Eun) yang memiliki kehidupan pelik akibat ditinggalkan orang tuanya.

Suatu hari ia bertemu dengan pesulap Ri Eul (Ji Chang Wook) yang merubah hidupnya. Ri Eul sendiri merupakan pesulap yang tinggai di taman hiburan terbengkalai.

Ri Eul membuat A Yi menjadi percaya pada sihir dan kerap menghibur A Yi yang kesulitan dalam hidupnya. Drama ini bisa Moms saksikan di Netflix, lho!

Fakta Choi Sung Eun

fakta choi sung eun

Foto: fakta choi sung eun

Foto: instagram.com/acefactory.official

Nama Choi Sung Eun belakangan sedang menjadi buah bibir. Aktingnya yang menawan bersama Ji Chang Wook dan Hwang In Yeop dalam The Sound of Magic menjadi alasannya.

Yuk kenalan dengan Choi Sung Eun lebih jauh lagi lewat beberapa fakta menarik tentang dirinya.

1. Debut lewat Film Start-Up

Sung Eun resmi memasuki dunia akting belum lama ini di tahun 2019 dengan film drama komedi Start-Up. Film ini dibintangi oleh Park Jung Min dan Jung Hae In sebagai dua pria muda yang tumbuh dewasa saat mereka mengalami pasang surut masa dewasa.

Sementara itu, Sung Eun memerankan So Kyung-joo, seorang remaja bermasalah yang berpapasan dengan karakter Jung Min, Go Taek-il.

2. Dapat Penghargaan

Mikutip dari Preview.ph, meski terbilang aktris pendatang baru, Sung Eun sudah dapat penghargaan lho, Moms.

Sung Eun berhasil mengumpulkan pengakuan untuk penampilan debutnya di Start-Up. Seorang penulis dari The Korea Herald menulis: “Choi Seong-eun adalah pendatang baru yang memiliki potensi…”

Tidak hanya itu, dia juga memenangkan Aktris Pendatang Baru Terbaik di Penghargaan Seni Film Chunsa ke-25. Aman untuk mengatakan dia benar-benar berhasil dan kami tidak sabar untuk melihat lebih banyak.

Pada tahun 2021, Sung Eun berperan untuk peran pendukung di serial thriller psikologis JTBC Beyond Evil. Dia memainkan nama pemilik toko daging Yoo Jae-yi di acara itu, dan bahkan mendapatkan nominasi Aktris Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-57 untuk penampilannya.

Baca Juga: 7 Fakta The Sound of Magic, Drama Baru Ji Chang Wook dan Hwang in Yeop!

3. Jadi Peran Utama dalam Film Independen

Sebelum bergabung dengan Beyond Evil, Sung Eun mendapatkan peran utama pertamanya dalam film independen berjudul Ten Months. Proyek tersebut, yang diputar di Festival Film Internasional Jeonju 2020, adalah film fitur debut sutradara Nam Koong Sun.

Sung Eun memerankan Mi Rae dalam film tersebut, seorang pengembang video game berusia 29 tahun yang dipaksa untuk menghadapi kehamilan yang tidak terduga dalam masyarakat yang kurang ideal.

Pada tahun 2022, Sung Eun mendapatkan penghargaan Aktris Film Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards untuk perannya dalam film tersebut.

4. Satu Agensi dengan Aktor-Aktor Ternama

Sung Eun saat ini berada di bawah asuhan Ace Factory. Dia berbagi agensi hiburan dengan sesama aktor Lee Joo Young dari Itaewon Class, Lee Si Young dari Sweet Home, Tae In Ho dari Descendants of the Sun, dan Lee Kyu Hyung dari Hi Bye, Mama.

Nah, itu dia Moms biodata, profil, dan film yang diperankan Choi Sung Eun. Aktris pendatang baru ini tentunya menjadi perhatian Moms, ya sejak perannya di The Sound of Magic!

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Choi_Sung-eun#:~:text=Choi%20Sung%2Deun%20was%20born,Arts'%20Acting%20Department%20in%202015.
  • https://asianwiki.com/Choi_Sung-Eun_(1996)
  • https://www.soompi.com/article/1523625wpp/ji-chang-wook-and-choi-sung-eun-describe-how-their-childhoods-influenced-them-to-star-in-the-sound-of-magic-the-dramas-message-and-more
  • https://www.preview.ph/culture/choi-sung-eun-bio-a00268-20210428