Rupa-rupa

5 Januari 2022

Proses Terjadinya Gerhana Matahari, Yuk Kenalkan pada Si Kecil!

Ajak Si Kecil untuk mengetahui proses terjadinya gerhana matahari dengan menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Biasanya, anak akan tertarik dengan kejadian yang dianggap luar biasa yang berada di sekitarnya. Maka tidak salah jika Moms juga menjelaskan mengenai proses terjadinya gerhana matahari.

Berbeda dengan gerhana bulan yang terjadi malam hari yang bisa mempengaruhi waktu tidur jika melihatnya, melihat gerhana matahari akan lebih menarik karena terjadi di siang hari.

Namun sebelum mengajak Si Kecil untuk melihat gerhana matahari, Moms harus mengetahui beberapa hal tentang gerhana matahari agar pengalaman anak saat melihatnya menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Baca Juga: Sering Ditanyakan Anak, Ini Proses Terjadinya Siang dan Malam

Mengenal Gerhana Matahari dan Jenisnya

Proses Terjadinya Gerhana Matahari -1.jpg

Foto: Space.com

Kadang, ketika bulan mengitari bumi, bulan akan bergerak di antara matahari dan bumi. Ketika ini terjadi, bulan akan menghalangi cahaya matahari untuk mencapai Bumi.

Hal ini menyebabkan terjadinya gerhana matahari. Selama gerhana matahari, bulan akan memunculkan bayangannya ke bumi, seperti dilansir dari The National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Di Indonesia, terjadinya gerhana masih lekat dengan mitos tertentu. Meski begitu, Hasil penelitian Journal of Turkish Science of Education menunjukkan bahwa kepercayaan siswa terhadap cerita mistis menurun seiring dengan bertambahnya usia dan semakin tinggi tingkat pendidikannya.

Moms bisa menambahkan informasi ilmiah tentang gerhana matahari dengan memberi tahunya tentang proses terjadinya gerhana matahari yang jauh dari kesan mistis.

Setelah mengetahui prosesnya, ternyata ada tiga jenis utama gerhana dari matahari, yakni:

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total akan terlihat dari wilayah kecil di Bumi. Orang-orang akan melihat gerhana total saat berada di tengah bayangan bulan ketika menyentuh Bumi.

Langit akan menjadi sangat gelap seperti malam hari. Proses terjadinya gerhana matahari total adalah saat matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus.

Baca Juga: Edukasi Anak, Kenali Begini Proses Terjadinya Bunyi

2. Gerhana Matahari Sebagian

Proses terjadinya gerhana matahari sebagian saat matahari, bulan, dan bumi tidak sejajar. Saat itu, matahari akan tampak memiliki bayangan gelap di sebagian kecil permukaannya.

3. Gerhana Matahari Annular/Cincin

Sering disebut juga dengan gerhana matahari cincin, proses terjadinya gerhana matahari annular ini saat bulan berada pada posisi terjauh dari bumi.

Karena bulan lebih jauh, maka bulan akan tampak lebih kecil. Dan itu tidak menghalangi seluruh pandangan matahari.

Posisi bulan yang berada di depan matahari sehingga tampak seperti piringan gelap di atas piringan berwarna matahari yang lebih besar. Ini akan terlihat seperti cincin di sekitar bulan.

Selama gerhana matahari, bulan akan menghalangi sinar matahari ke bumi. Bulan juga memberikan bayangan ke bumi. Selama gerhana matahari, bulan memantulkan dua bayangan di bumi.

Gerhana matahari terjadi setiap 18 bulan di suatu tempat di bumi. Tidak seperti gerhana bulan, gerhana matahari hanya berlangsung beberapa menit.

Satu hal yang penting selama melihat proses terjadinya matahari adalah Moms jangan pernah membiarkan Si Kecil melihat langsung ke arah matahari.

Sebab dengan melakukannya dapat merusak mata secara permanen. Moms harus harus menggunakan peralatan keselamatan yang tepat untuk melihat semua jenis gerhana matahari.

Baca Juga: Proses Terjadinya Hujan Asam yang Sangat Merusak Lingkungan

Mengenalkan Proses Terjadinya Gerhana Matahari pada Anak

Proses Terjadinya Gerhana Matahari -2.jpg

Foto: Nytimes.com

Karena gerhana matahari tidak dapat dilihat di semua tempat di bumi, Moms yang dapat melihat langsung proses terjadinya gerhana matahari tentaunya sangat beruntung.

Moms bisa mengambil kesempatan untuk mengajari anak-anak tentang proses terjadinya gerhana matahari yang akan menjadi sesuatu yang luar biasa bagi Si Kecil.

“Ada cara sederhana untuk menjelaskan fenomena tersebut kepada anak-anak Anda, dan Anda dapat menikmati cara yang lebih sederhana untuk mengalami gerhana sebagian,” kata Amy Mainzer, astrofisikawan di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California

Dilintasi jalur gerhana matahari atau tidak, ternyata Moms bisa mengajarkan Si Kecil tentang peristiwa itu dengan cara lain yang juga menarik. Seperti apa?

1. Simulasikan Gerhana Matahari

Ambil senter, bola styrofoam, dan beberapa tali. Setelah itu, gantung bola di depan dinding dan sorotkan senter, sehingga Si Kecil dapat melihat bayangan bola di dinding.

Moms bahkan dapat menggantung peta negara di dinding untuk menunjukkan kepada anak-anak proses terjadinya gerhana matahari dengan baik dan menyenangkan.

Caranya, pastikan ruangan dalam keadaan gelap. Minta satu orang mengangkat bola voli untuk mewakili Bumi. Ada juga yang menyalakan senter untuk melambangkan matahari, dan yang lain memegang bola softbol untuk melambangkan bulan.

"Ini sangat menyenangkan, tetapi ini adalah cara yang baik untuk memvisualisasikan apa yang terjadi dan memahami cara kerjanya, terutama untuk anak kecil," kata Amy.

Baca Juga: Yuk, Ajak Si Kecil Belajar tentang Bagaimana Proses Terjadinya Salju!

2. Gunakan Fakta Ilmiah

Ada lebih banyak fakta mengenai gerhana matahari dari hanya sekedar matahari akan gelap. Gerhana akan datang dengan penurunan suhu dan perubahan kecepatan dan arah angin.

Gunakan demonstrasi gerhana matahari untuk menjelaskan mengapa perubahan ini terjadi. Misalnya, alasan penurunan suhu adalah karena cahaya matahari terhalang dari bumi.

3. Baca Buku Tentang Gerhana Matahari

Kunjungi perpustakaan untuk menemukan buku anak-anak tentang gerhana matahari. di sana Moms bisa memilih buku yang menjelaskan proses terjadinya matahari yang bisa disesuaikan dengan umur Si Kecil.

Buku-buku hebat tentang gerhana matahari seperti "The Big Eclipse" oleh Nancy Coffelt dan "When the Sun Goes Dark" oleh Andrew Fraknoi dan Dennis Schatz bisa menjadi pilihan.

Apapun cara yang Moms pilih untuk mengajarkan anak-anak mengenai proses terjadinya matahari, pastikan cara yang dipilih akan membuat suasana yang menyenangkan.

Sebab, anak-anak lebih cenderung menunjukkan minat pada sains ketika dimulai di rumah dengan cara yang lebih membuatnya excited.

  • http://www.tused.org/index.php/tused/article/view/172
  • https://www.nasa.gov/audience/forstudents/5-8/features/nasa-knows/what-is-an-eclipse-58
  • https://sunshinehouse.com/blog/5-ways-to-teach-your-kids-about-a-solar-eclipse/
  • https://www.livescience.com/60167-how-to-explain-total-solar-eclipse-to-kids.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait