Fashion & Beauty

19 Juli 2021

3 Jenis Rambut Ikal Plus Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Moms, ingin tahu cara merawat rambut ikal agar lebih mudah diatur? Ini ulasannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Rambut ikal yang indah dan mudah diatur tentunya menjadi idaman setiap wanita. Hanya saja, ada beberapa masalah yang kerap dihadapi pemilik rambut ikal, seperti rambut yang sulit diatur, rambut yang kering, atau kulit kepala yang justru lebih mudah berminyak.

Kerontokan rambut juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rambut ikal, sehingga harus menemukan perawatan yang tepat.

Nah, sebenarnya rambut ikal memiliki jenis-jenisnya yang berbeda, lho! Apa saja? Lalu, bagaimana cara merawat rambut ikal dengan tepat? Simak pembahasan berikut ini, ya, Moms.

Baca Juga: 5 Jenis Rambut Bercabang dan Penyebabnya

Jenis-Jenis Rambut Ikal

Ada beberapa jenis rambut ikal yang perlu Moms ketahui, di antaranya:

1. Wavy Hair

Wavy Hair.jpg

Foto: freepik.com

Model rambut ikal ini biasanya juga disebut rambut bergelombang atau wavy hair. Jika dilihat sekilas, jenis rambut ini merupakan percampuran antara rambut lurus dan keriting.

Nah, bagian pangkal hingga sebagian rambut akan lurus, dan sisanya akan berbentuk keriting.

Jenis rambut ikal seperti ini dapat memiliki ciri yang beragam, seperti rambut bergelombang hanya beberapa bagian saja, rambut yang terlihat tebal pada beberapa bagian, atau rambut bergelombang yang cenderung jatuh.

Tantangan merawat jenis rambut ikal satu ini adalah mudah mengembang.

2. Curly Hair

Curly Hair.jpg

Foto: freepik.com

Seperti namanya, rambut ini memang memiliki tingkat keikalan melebihi 50 persen dibandingkan rambut lurus, sehingga disebut curly hair.

Ada beberapa ciri-ciri dari Moms yang memiliki curly hair, seperti keikalan dimulai dari pangkal rambut, atau bentuk lengkungan yang biasanya cenderung besar.

Lekukan yang ada pada curly hair sudah dimulai dari pangkal rambut hingga bagian ujung. Jika Moms memiliki jenis rambut ini, sebaiknya berhati-hati dalam merawatnya.

Sebab, jenis rambut ini sulit untuk ditata dan lebih mudah kusut apabila tidak menggunakan sisir yang tepat.

3. Coily Hair

Coily Hair.jpg

Foto: freepik.com

Jenis rambut ikal berikutnya, yaitu coily hair atau yang biasa disebut rambut kribo. Perbedaan coily hair dari jenis rambut ikal lainnya yaitu memiliki tingkat keikalan rambut yang sangat rapat dan bervolume.

Tekstur rambut ikal dapat menyerupai bentuk huruf S yang lebat.

Hal yang menjadi tantangan bagi pemilik coily hair akan sangat dirasakan apabila ingin memanjangkan rambut.

Sebab, apabila rambutnya dibiarkan memanjang, jenis rambut ini biasanya justru tumbuh melebar dan mengembang alih-alih memanjang ke bawah. Selain itu, jenis rambut ini juga mudah sekali kering dan kasar.

Itulah jenis-jenis rambut ikal yang dapat Moms ketahui. Berikutnya, bagaimana langkah paling tepat untuk merawat rambut ikal? Simak pembahasan berikutnya, ya!

Baca Juga: 3 Cara Mudah Merawat Rambut Keriting agar Tampak Cantik dan Sehat

Cara Merawat Rambut Ikal agar Mudah Diatur

Terlepas dari jenis-jenisnya, umumnya rambut ikal memiliki permasalahan yang sama, yaitu sulit diatur, mudah mengembang, tekstur rambut yang kasar, dan rambut cenderung kering.

Melakukan perawatan rambut yang tepat sangat penting agar rambut ikal tetap halus, lembut, dan mudah diatur.

Berikut ini beberapa cara merawat rambut ikal yang bisa Moms lakukan, yaitu:

1. Memilih Sampo yang Tepat

Memilih Sampo yang Tepat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pemilihan sampo yang tepat sangat penting sebagai cara merawat rambut ikal agar lebih halus dan mudah diatur.

Dilansir dari Indian Journal of Dermatology, sampo berguna untuk membersihkan kulit dari kotoran dan polusi lingkungan lainnya, sebum, keringat, dan residu lainnya.

Nah, jenis sampo apa yang paling tepat untuk pemilik rambut ikal? Sebaiknya, Moms memilih sampo yang mengandung minyak-minyak alami, seperti minyak zaitun, minyak argan, glycerin, sorbitol, atau shea butter.

Tujuannya, agar rambut ikal yang mudah mengembang menjadi lebih halus, lembut, tanpa terasa lepek.

Namun, hindari menggunakan sampo yang mengandung minyak mineral dan petrolatum, yang akan merusak kelembapan rambut.

Selain itu, hindari juga menggunakan sampo yang mengandung sulfat karena dapat membuat kulit kepala menjadi kering, kasar, dan rentan patah.

2. Teknik Keramas yang Tepat

Teknik Keramas yang Tepat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa teknik keramas itu berpengaruh pada kesehatan rambut?

Pertama, hal yang perlu diingat bagi para pemilik rambut ikal, yaitu hindari keramas setiap hari karena mempersulit untuk mempertahankan kelembapan rambut.

Jika Moms keramas setiap hari, sampo akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Nah, hasilnya rambut dan kulit kepala bisa menjadi lebih kering.

Kedua, saat keramas, sebaiknya hindari gerakan memutar karena akan membuat rambut ikal menjadi lebih mudah kusut dan sulit untuk diatur.

Hindari keramas dengan gerakan memutar karena bisa membuat rambut semakin kusut. Lakukan teknik keramas dengan gerakan maju dan mundur.

Keramas dengan perlahan dan tidak perlu terburu-buru. Selain itu, hindari mengumpulkan rambut keriting pada satu titik,” ujar Jason Hallman, penata rambut asal New York dan anggota dari Curl Advisory Board.

Baca Juga: 5 Kesalahan saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

3. Pentingnya Memakai Kondisioner

Pentingnya Memakai Kondisioner

Foto: Orami Photo Stock

Saat sesi keramas, sebaiknya Moms jangan lupa untuk memakai kondisioner, ya. Kondisioner menjadi salah satu perawatan rambut yang penting bagi pemilik rambut ikal.

Rambut ikal membutuhkan kondisioner untuk menjaga kelembapan rambut dan mencegah rambut jadi mengembang.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam kondisioner juga bermanfaat untuk mengunci nutrisi rambut dan menciptakan gelombang berkilau yang menunjukkan rambut dalam keadaan sehat.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah hindari memakai kondisioner pada batang rambut, ya, Moms. Cukup aplikasikan kondisioner pada bagian tengah sampai ujung rambut.

Baca Juga: Hindari 7 Kesalahan dalam Memakai Hair Conditioner

4. Memakai Masker Rambut

Memakai Masker Rambut

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu masalah yang sering dirasakan pemilik rambut ikal, yaitu tekstur rambut yang kasar dan kering. Untuk itu, selalu jadwalkan memakai masker rambut secara rutin setiap minggunya, ya, Moms.

Perawatan rambut ini wajib dilakukan, terlebih lagi apabila Moms memiliki rambut yang diwarnai atau sering terkena alat-alat styling rambut, seperti catokan dan hair dryer.

Moms tidak perlu melakukan perawatan masker rambut di salon, karena saat ini sudah banyak produk masker rambut yang dijual di pasaran.

Alternatif lainnya, Moms dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar untuk dijadikan masker rambut.

Di antaranya, seperti lidah buaya, alpukat, minyak zaitun, atau masker rambut dari minyak kelapa.

Baca Juga: DIY Masker Khusus Rambut Kering

5. Pertimbangkan Memakai Hair Oil

Pertimbangkan Memakai Hair Oil.jpg

Foto: freepik.com

Pernahkah Moms mencoba memakai hair oil? Nah, cara merawat rambut ikal agar lebih mudah diatur bisa dengan menggunakan hair oil.

Perawatan ini sangat bermanfaat agar rambut ikal tidak mudah kering dan mengembang.

“Sama halnya dengan kulit, kita membutuhkan minyak untuk menata rambut agar lebih sehat dan kuat. Hair oil akan melumasi kutikula luar dan memperkuat inti dalam rambut dengan memberikan kelembapan ekstra yang menyehatkan,” ungkap Jasmine Merinsky, penata rambut asal Toronto.

Coba gunakan hair oil secara rutin, kira-kira 30 menit sebelum keramas. Selain dapat menjadikan rambut lebih halus, hair oil juga mampu mendukung pertumbuhan rambut.

Ketika Moms memijat rambut, maka secara tidak langsung akan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Itulah penjelasan tentang jenis-jenis rambut ikal, serta cara merawatnya agar lebih sehat dan mudah diatur. Jadi, tidak perlu bingung lagi, ya? Selamat mencoba, Moms!

  • https://www.allure.com/gallery/curl-hair-type-guide
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4458934/
  • https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a31956130/hair-types/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait