3-12 bulan

21 Desember 2020

7 Rekomendasi Biskuit Bayi untuk Si Kecil, Ia Pasti Suka!

Ketahui pro dan kontra pemberian biskuit bayi beserta 7 rekomendasinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Biskuit adalah camilan yang popular, baik untuk orang tua ataupun anak kecil. Biskuit mungkin tampak seperti camilan yang baik untuknya karena lembut dan mudah larut dalam air. Tapi apakah biskuit untuk bayi benar-benar bagus untuk Si Kecil?

Biskuit biasanya memiliki rasa yang enak dengan rasa, warna, dan tekstur yang berbeda. Namun, biskuit biasanya sebaiknya tidak diberikan untuk bayi. Ada beberapa penyebabnya, salah satunya adalah adanya masalah kesehatan yang mungkin timbul saat memberikan biskuit biasa untuk bayi.

Baca Juga: Manis dan Lezatnya Puding Biskuit untuk Berbuka Puasa

Alasan Menghindari Memberi Biskuit Biasa untuk Bayi

Meskipun enak, biskuit biasa tidak memberikan nutrisi apapun kepada bayi. Ada beberapa kemungkinan masalah kesehatan yang mungkin timbul jika bayi makan biskuit biasa yang dibeli di toko, yakni;

  • Mengandung Tepung Terigu Halus. Ini tidak memberikan nutrisi dan butuh waktu lama untuk dicerna, dan mengakibatkan sistem pencernaan bekerja terlalu keras bahkan pada orang dewasa.
  • Mengandung Lemak Trans. Ini adalah jenis lemak tertentu yang digunakan dalam makanan olahan untuk menjaga bentuk, rasa, dan konsistensinya. Namun, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti masalah penglihatan, gangguan saraf, alergi, diabetes, dan obesitas.
  • Tidak Mengandung Nutrisi Apa pun. Biskuit pada dasarnya mengandung tepung terigu olahan, lemak tidak sehat, natrium, kalium, dan sejumlah zat sintetis berbahaya. Biskuit mungkin bisa memuaskan rasa lapar, tetapi tidak memberikan nutrisi apa pun kepada bayi.
  • Memiliki Zat Aditif. Karena biskuit mengandung zat yang dapat membusuk, maka dibutuhkan bahan pengawet seperti BHA dan BHT. Bahan kimia ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker. Biskuit juga membutuhkan zat ragi selama proses memanggang seperti soda kue, yang dapat menyebabkan masalah perut seperti refluks asam pada bayi dan balita
  • Bisa Menyebabkan Sembelit. Biskuit hampir tidak memiliki serat makanan di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan sembelit parah pada bayi dan menyebabkan komplikasi serius seperti fisura anus, muntah, darah tinja, dan sebagainya.
  • Terlalu Banyak Gula. Memberi makanan yang kaya gula dapat menyebabkan kecanduan ringan seperti sugar rush. Selain itu, gula yang sering digunakan bukan gula murni yang lebih manis dari glukosa.
  • Dapat Memicu Reaksi Alergi. Biskuit mengandung zat alergen seperti gluten dan lesitin kedelai di dalamnya. Ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi. Reaksinya mungkin sederhana seperti ruam kulit atau berbahaya seperti kesulitan bernapas karena radang paru-paru.

Baca Juga: Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering

Biskuit Apa yang Baik untuk Bayi?

Sebisa mungkin, Moms harus menghindari memberikan biskuit biasa yang dibeli di toko untuk bayi karena semua alasan yang disebutkan di atas. Namun, jika akan memberikan bayi karena alasan seperti mengenalkan fingerfood atau tekstur baru, Moms bisa menggunakan beberapa opsi di bawah ini:

  • Biskuit Buatan Sendiri. Moms bisa membuat biskuit di rumah menggunakan bahan-bahan yang sehat, misalnya seperti oat, millet, almond, kismis, dan sebagainya.
  • Biskuit Gandum Utuh. Biskuit gandum utuh biasanya tidak mengandung tepung terigu olahan di dalamnya. Moms dapat membelinya dari toko grosir atau membuatnya di rumah.
  • Jika bayi sudah mulai MPASI, ada banyak makanan enak yang bisa diberikan kepadanya. Jika sulit untuk memutuskan, Moms selalu dapat memilih makanan organik segar seperti buah dan sayuran segar.

Selain itu, ada Moms yang berpendapat bahwa mengemut bisakuit dapat membuat bayi sedikit tenang saat tumbuh gigi. Mayoritas biskuit tumbuh gigi dipasarkan untuk bayi berusia enam bulan, hal ini karena pada saat ini Si Kecil mungkin sudah mulai mencoba makanan lunak.

Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa biskuit bayi untuk tumbuh gigi tidak aman untuk bayi, National Health Service (NHS) mengatakan untuk hindari rusk, karena hampir semua merk mengandung sedikit gula yang konsumsinya harus dibatasi untuk Si Kecil.

Sebab, laporan terbaru oleh Consumer Education and Research Centre (CERC) menyatakan bahwa gula dalam biskuit bermerek krim yang diproduksi di India biasanya di atas 25-30 gr yang ditentukan per 100 gr, dan kandungan lemaknya 20 gr per 100 gr.

Kelebihan gula bahkan sebelum 1 tahun terlalu berisiko untuk bayi. American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan, kerusakan gigi adalah penyakit yang paling umum selama masa kanak-kanak.

Baca Juga: Selain Syahrini, Artis-Artis Ini Juga Buka Toko Kue Oleh-Oleh Kekinian

Untuk Moms yang ingin memberikan biskuit untuk bayi tapi masih ragu akan kandungannya dan tidak memiliki cukup waktu untuk membuatnya, jangan khawatir.

Ada beberapa pilihan merk biskuit bayi yang aman untuk dikonsumi, termasuk yang tanpa memasukkan gula dan garam di dalamnya. Apa saja?

1. Rekomendasi Biskuit Bayi: Bebenice

Merk biskuit bayi sehat ini cocok digunakan sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI). Selain makanan utama, Si Kecil juga akan membutuhkan camilan sehat dan bernutrisi. Beberapa makanan baru terkadang sulit dicerna oleh Si Kecil akibat organ pencernaannya yang belum sempurna.

Hal itulah yang berisiko membuat bayi sembelit atau diare saat menerima makanan baru untuk pertama kalinya. Biskuit bayi Bebenice menjadi pilihan karena kandungannya yang sehat, bentuknya yang mudah dicerna serta terbuat dari bahan alami yang berkualitas.

Meski teksturnya renyah, biskuit bayi ini mudah lumer di mulut sehingga mudah ditelan.

2. Rekomendasi Biskuit Bayi: Farley

7 Biskuit Bayi -2.jpg

Mungkin belum banyak orang yang mendengar merk biskuit bayi satu ini. Tergolong baru di pasar lokal, namun biskuit bayi Farley diklaim memiliki terobosan inovasi dalam produk asupan gizi bayi. Salah satunya karena biskuit bayi ini mudah disajikan, sebagai makanan camilan bahkan sebagai puree.

Biskuit Bayi Farley tersedia dalam berbagai varian rasa, diantaranya apel, jeruk, dan original. Untuk membuat puree, Moms bisa meletakkan biskuit bayi ini dalam wadah, kemudian campurkan dengan air hangat atau susu. Setelahnya, biskuit akan lumer dan berubah menjadi puree.

3. Rekomendasi Biskuit Bayi: Gerber

Merk biskuit bayi berkualitas selanjutnya adalah biskuit bayi Gerber. Menggunakan gandum utuh yang berserat tinggi, biskuit bayi ini termasuk ke dalam produk Non-GMO yang aman diberikan untuk bayi. Biskuit ini berbentuk bintang dengan ukuran yang bisa digenggam erat oleh bayi usia 8 bulan ke atas.

Meski ukurannya mini, Moms tak perlu takut bayi tersedak. Begitu masuk di mulut, biskuit ini langsung lumer. Jika Moms termasuk orang tua yang mengutamakan kealamian, produk ini bisa menjadi pilihan karena termasuk produk Non-GMO yang artinya tidak dibuat dengan bahan-bahan rekayasa genetika.

4. Rekomendasi Biskuit Bayi: Milna

7 Biskuit Bayi -4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi merk biskuit bayi selanjutnya yakni biskuit bayi Milna. Merk yang sudah lama jadi andalan para ibu dalam memberikan asupan gizi yang ideal bagi bayi ini mengandung banyak gizi sehat seperti vitamin C dan E, antioksidan, hingga kalsium.

Selain itu, bikuit bayi ini juga akan membantu Si Kecil untuk belajar mengunyah dan menstimulasi pertumbuhan giginya. Biskuit ini juga memiliki aroma wangi seperti kue yang baru keluar dari oven tentunya akan menggoda Si Kecil untuk memakannya.

Baca Juga: Amankah Menggunakan Cetakan Kue Berbahan Silikon?

5. Rekomendasi Biskuit Bayi: Promina Rusk Susu 130gr

Promina Rusk Susu 130gr

Merek biskuit Promina tetap menjadi salah satu merk yang diminati karena kandungannya yang sehat dan teksturnya yang lembut. Camilan yang bisa dinikmati oleh bayi ini dilengkapi dengan kandungan gizi yang tinggi namun dengan gula yang rendah.

Promina Marie Susu diproduksi untuk bayi berusia 6 bulan ke atas sehingga disesuaikan dengan kemampuan pencernaannya. Dilengkapi dengan fortifikasi dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi, produk ini mengandung gizi yang cukup tinggi. Ditambah lagi, terdapat tambahan minyak ikan di dalamnya.

6. Rekomendasi Biskuit Bayi: Sun Marie Besar 150gr New

11% Rp14.000
Rp12.400
Sun Marie Besar 150gr New

Biskuit bayi satu ini merupakan merk biskuit bayi tanpa gula garam yang sudah cukup terkenal di kalangan para ibu. Kandungan nutrisi di dalam biskuit bayi Sun sangat bermanfaat untuk membuat Si Kecil berkembang dan tumbuh dengan baik.

Produk yang sudah ada sejak tahun 1980-an ini dijadikan menu pendamping ASI bagi buah hati yang menginjak usia 6 bulan. Biskuit bayi berbentuk bundar pipih ini bisa disajikan dalam bentuk bubur atau dalam bentuk biskuit utuh. Rasa susu yang kuat membuat bayi menyukai biskuit ini.

7. Rekomendasi Biskuit Bayi: Yummy Bites Rice Crackers Carrot 6+ 50gr

20% Rp35.000
Rp27.900
Yummy Bites Rice Crackers Carrot 6+ 50gr

Merk biskuit bayi yang bisa Moms pilih selanjutnya adalah biskuit bayi Yummy Bites. Produsen makanan khusus bayi yang satu ini memproduksi biskuit yang kaya akan nutrisi untuk mencukupi kebutuhan harian Si Kecil dan memiliki banyak varian.

Biskuit bayi Yummy Bites terbuat dari beras Jepang dan bahan berkualitas lainnya. Selain bebas pengawet dan perasa, biskuit ini juga bebas gluten, bebas telur, serta bebas kacang. Aman dikonsumsi untuk bayi yang mudah alergi terhadap makanan tertentu.

Sebelum memilih biskuit bayi untuk Si Kecil, sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginannya ya Moms. Karena masalah snack atau MPASI banyak yang cocok-cocokan, dan tergantung dengan preverensi bayi Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait