19 Juli 2024

15 Rekomendasi Mainan Bayi 3-6 Bulan untuk Melatih Sensorik

Berikan mainan sesuai usia Si Kecil untuk memaksimalkan perkembangannya

Memberikan mainan yang sesuai dengan usia bayi sangat penting untuk mendukung perkembangan sensorik mereka.

Perkembangan sensorik merujuk pada kemampuan bayi untuk menerima, memproses, dan merespons rangsangan dari lingkungannya melalui pancaindra: penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan perasa.

Dalam masa perkembangan ini, bayi belajar mengenali dan memahami dunia di sekitarnya melalui pengalaman sensorik yang kaya dan beragam.

Oleh karena itu, memberikan mainan yang tepat dapat membantu menstimulasi indra-indra tersebut dan mendukung perkembangan motorik serta kognitif bayi.

Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan bayi 3-6 bulan yang dapat membantu melatih sensorik Si Kecil.

Baca Juga: 15+ Rekomendasi Camilan Bayi 6 Bulan Terbaik, Enak dan Bergizi!

Rekomendasi Mainan Bayi 3-6 Bulan

Menurut American Optometric Association, pada saat baru lahir, kemampuan bayi melihat masih hitam-putih dan juga hanya mampu melihat objek dari jarak kurang dari 20 cm.

Perlahan kemampuan bayi melihat akan berkembang seperti mulai bisa melihat warna memasuki usia 2–3 bulan.

Sementara, memasuki usia 3–6 bulan bayi mulai bisa melihat agak jelas namun dengan jarak pandang yang masih sangat-sangat terbatas juga.

Selain jarak pandang yang terbatas, bayi baru lahir juga memiliki kemampuan motorik halus dan kasar yang sangat-sangat terbatas.

Apa saja kira-kira barang yang bisa Moms persiapkan sebagai rekomendasi mainan bayi 3–6 bulan, ya?

Ini ulasan selengkapnya, ya!

Baby gym adalah mainan yang sangat baik untuk menstimulasi berbagai indra bayi seperti penglihatan, pendengaran, dan peraba.

Mainan yang menjuntai dari lengkungan baby gym mendorong bayi untuk menjangkau dan menggenggamnya, sehingga motoriknya terasah dengan baik.

Baby gym juga membantu koordinasi tangan dan mata yang membantu bayi fokus pada objek. Selain itu, berbagai tekstur pada alas gym bisa menstimulasi indera peraba bayi.

Bouncer bayi berfungsi seperti ayunan untuk membuai bayi. Ini sangat berguna saat Moms atau pengasuh harus melakukan kegiatan lain.

Bouncer biasanya dilengkapi dengan mainan yang dapat membantu perkembangan motorik dan koordinasi bayi.

Bayi juga akan refleks menendang-nendang kaki mereka saat berada di bouncer, yang membantu memperkuat otot-otot kaki.

Rekomendasi mainan bayi 3-6 bulan selanjutnya adalah buku bantal. Buku bantal bayi dibuat dari material kain yang aman untuk bayi.

Desain kartun dan warna cerah membantu perkembangan kognisi bayi tentang warna dan bentuk, serta melatih koordinasi tangan-mata mereka.

Terdapat pula kain yang di dalamnya dilapisi plastik sehingga akan berbunyi saat disentuh, menstimulasi kemampuan sensorik bayi.

Teether adalah mainan yang dapat membantu bayi melatih kemampuan rahang dan pertumbuhan giginya.

Mainan ini biasanya berwarna-warni sehingga menarik perhatian bayi untuk memainkannya.

Fungsi utamanya adalah untuk mengurangi ketidaknyamanan pada gusi bayi yang sedang tumbuh gigi.

Mainan bola dengan berbagai tekstur, warna, dan bentuk yang berbeda dapat membantu merangsang indera peraba, penglihatan, dan pendengaran bayi.

Moms bisa mengajarkan bayi untuk meraih bola, menggenggamnya, atau merangkak untuk mencapainya. Ini semua dapat membantu dalam perkembangan motorik mereka.

Rattle atau kecrekan dapat menstimulasi indera pendengaran bayi. Moms bisa memainkan rattle dari satu arah dan memperhatikan apakah bayi menoleh ke sumber suara.

Ini juga membantu bayi belajar melacak secara visual dan mengoordinasikan mata mereka.

Cermin adalah mainan yang bagus untuk menstimulasi indera penglihatan bayi sekaligus mengenalkan wajah mereka.

Meskipun bayi belum sepenuhnya mengerti refleksi mereka sendiri, melihat bayangan diri mereka dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Piano mainan dapat melatih keterampilan koordinasi suara dan tangan. Mainan ini membantu meningkatkan sensorik dan perkembangan kognitif bayi, serta pemahaman mereka tentang suara dan bahasa.

Si Kecil dapat menjadi lebih waspada terhadap suara sehingga ini dapat menjadi salah satu rekomendasi mainan bayi 3-6 bulan yang menarik untuknya.

Buku atau gambar dengan kontras tinggi seperti hitam, putih, dan merah dapat menstimulasi...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.