Bayi

11 April 2020

Rekomendasi Mainan Bayi 3-6 Bulan

Berikan mainan bayi 3-6 bulan sesuai usianya untuk memaksimalkan perkembangan bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Perkembangan gerak, bicara hingga koordinasi mata bayi bisa diasah dengan memilih mainan yang tepat sesuai usia bayi. “Mainan sensorik yang memiliki tekstur, suara, dan berwarna cerah yang kontras merupakan pilihan yang baik untuk perkembangan bayi.

Saat usia empat bulan, bayi sudah dapat mengatur sendiri pergerakan tangannya ke tengah dan menggunakan mata untuk mengkoordinasikan pergerakan tangan,” ungkap praktisi perawat pediatrik, Cynthia Hockman, ARNP, MS, CPNP, seperti dikutip dari UnityPoint Health.

Rekomendasi Mainan Bayi 3 - 6 Bulan

Berikut ini beberapa rekomendasi mainan bayi 3-6 bulan yang dapat Moms berikan pada bayi.

1. Set Kunci Warna-Warni

1 Set Kunci Warna-Warni.jpg

Foto: Ulicol Chen – Pixabay.com

Mainan bayi 3-6 bulan berbentuk set kunci warna-warni ini bagus sebagai stimulasi visual.

“Sangat mudah digenggam oleh anak yang baru mengembangkan kemampuan menggenggam, koordinasi, dan keterampilan manipulasi untuk berinteraksi dengan dunia yang baru,” ungkap terapis okupasi, Briana, seperti dikutip dari playfullyapp.com.

Jika gigi bayi sudah mulai tumbuh, set kunci warna-warni ini juga dapat bekerja sebagai teether untuk bayi.

Baca Juga: 4 Permainan Ini Bisa Melatih Otot Bayi

2. Cermin Anti Pecah

2 Cermin Anti Pecah.jpg

Foto: PublicDomainPictures – Pixabay.com

Sebuah cermin anti pecah juga merupakan salah satu rekomendasi mainan bayi 3-6 bulan yang baik untuk merangsang perkembangan sosial dan bahasa.

Moms bisa mengikatkan cermin tersebut di bagian dalam boks bayi, sehingga bayi dapat melihat wajahnya. Kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan oleh anak mulai usia tiga bulan.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mainan Bayi Ramah Lingkungan

3. Rattle

3 Rattle.jpg

Foto: progressive-homeschool.blogspot.com

Mainan bayi 3-6 bulan ini dapat mengembangkan stimulasi cengkraman dan sentuhan bayi.

“Saat melihat bayi bermain rattle, perhatikan bagaiman bayi melatih pegangan tangan dan kekuatan lengan saat menggerakkan rattle tersebut.

Bayi juga akan terlihat senang saat mengetahui bahwa ketika mainan diguncang, maka akan ada suara yang tercipta,” ungkap psikolog penelitian yang fokus pada pengembangan anak dan sekaligus juru bicara Genius of Play, Amanda Gummer, seperti dikutip dari thebump.com.

Baca Juga: Perlukah Membeli Mainan Sesuai Jenis Kelamin Bayi?

4. Buku

4 Buku.jpg

Foto: 2081671 – Pixabay.com

Buku merupakan pilihan tepat bagi segala umur, baik bayi, anak, hingga dewasa. Namun khusus mainan bayi 3-6 bulan, pilihlah buku dengan tema wajah bayi, hewan, atau buku dengan warna-warna yang kontras.

Selain meningkatkan perkembangan sosial dan kognitif bayi, perkembangan bahasa bayi juga dapat semakin terasah saat Moms membacakan benda-benda yang ada di dalam buku.

Khusus untuk buku dengan gambar wajah bayi, fungsinya hampir sama seperti cermin. Dimana bayi dapat belajar mengenai ekspresi wajah dan fokus.

Baca Juga: Latih Respon Bayi dengan 6 Permainan Ini!

5. Mainan Susun Tingkat

5 Mainan Susun Tingkat.jpg

Foto: adam-mila.com

Selain membantu bayi mengasah koordinasi tangan dan mata, mainan bayi 3-6 bulan ini juga dapat mengajarkan bayi mengenai konsep permanen objek.

Konsep ini mengajarkan bahwa sebuah barang tetap ada, meski sudah tidak terlihat. Moms dapat menyembunyikan mainan yang lebih kecil di bawah mainan lebih besar, lalu lihat reaksi bayi.

Kemudian, angkat mainan lebih besar untuk memperlihatkan bahwa objek kecil masih ada di tempatnya.

Kini saatnya Moms memilah kembali mainan bayi 3-6 bulan untuk disesuaikan dengan umur bayi, agar perkembangan sensorik serta motoriknya lebih terasah.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait