Bayi

3 Juni 2020

3 Mainan untuk Merangsang Motorik Halus Bayi 0-12 Bulan, Catat!

Mainan dapat menunjang gerakan yang lebih rumit di kemudian hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika bayi memegangi mainan kerincing lalu menjatuhkannya, terlihat sangat sederhana. Namun ternyata, apa yang tampak seperti kegiatan sederhana dan biasa di mata orang dewasa, merupakan hal kompleks untuk bayi.

Keterampilan memegang cukup kompleks dan membutuhkan banyak latihan sehingga dapat merangsang kemampuan motorik halusnya.

Dikutip dari Parents gerakan yang melibatkan kelompok otot kecil seperti tangan dan pergelangan tangan adalah bagian besar dari perkembangan bayi.

"Melalui tangannya, bayi Anda menunjukkan hubungan antara pikiran dan tindakan," kata Rhoda Erhardt, ahli terapi okupasi anak di St. Paul yang berspesialisasi dalam fungsi tangan.

Ia mengatakan, keterampilan motorik halus yang kuat akan membantu Si Kecil lebih baik menjelajahi dunia di sekitar mereka.

Dan karena anak-anak belajar dengan baik melalui permainan, mainan bisa menjadi cara yang bagus untuk mendorong jenis keterampilan ini sambil bersenang-senang.

Baca Juga: Milestone Motorik Halus Balita 2-5 Tahun

Perkembangan Motorik Halus Bayi

Jenis-Jenis Mainan untuk Merangsang Motorik Halus Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Setiap bayi akan berkembang dengan kecepatannya sendiri, jadi cobalah untuk tidak terlalu terjebak dengan apa yang seharusnya bayi lakukan. Sebaliknya fokuslah mengeksplorasi kemampuannya di manapun mereka berada.

Menurut American Academy of Pediatrics, bayi punya tahapan menyangkut keterampilan motorik halus tahun pertama mereka. Berikut daftarnya.

0- 3 bulan:

  • Buka dan tutup tangan
  • Genggam dan kocok mainan
  • Menggapai-gapai objek yang menggantung dengan tangan

4- 7 bulan:

  • Mencapai benda dengan satu tangan
  • Mentransfer objek dari tangan ke tangan

8-12 bulan:

  • Menggunakan penjepit menjepit
  • Menempatkan benda ke dalam wadah dan membawanya keluar lagi
  • Membiarkan objek pergi darinya tanpa menangis
  • Mencolek dengan jari telunjuk
  • Mencoba meniru coretan

Baca Juga: Milestone Motorik Halus Balita 2-5 Tahun

Mainan untuk Merangsang Motorik Halus Bayi

Jenis-Jenis Mainan untuk Merangsang Motorik Halus Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Tahun pertama kehidupan bayi Anda adalah waktu yang penuh dengan eksplorasi, penemuan, dan pembelajaran. Otak bayi terus berubah dan tumbuh dalam banyak cara yang rumit.

Waktu bermain Anda bersama dianjurkan berlangsung sederhana, langsung, dan terpenting, menyenangkan. Karena itu, penting bagi Moms untuk memilih mainan yang tepat.

Apa saja mainan untuk merangsang motorik halus bayi? Berikut daftarnya.

1. Kerincingan

Mainan untuk motorik halus bayi yang pertama adalah kerincingan. Merengkuh dan menggenggam adalah beberapa keterampilan motorik halus pertama yang akan dipelajari bayi Anda. Mereka mengatur tahapannya sendiri untuk melakukan gerakan yang lebih rumit di kemudian hari.

Jadi penting untuk mendorong Si Kecil untuk melatih keterampilan ini dengan menawarkan mainan yang menyenangkan untuk dipegang atau digoyangkan.

Manik-manik di dalam mainan yang berbunyi nyaring ketika digerakkan, dapat menambah keceriaan. Pastikan mainan dilapisi dengan cat berbahan dasar air yang tidak beracun sehingga tidak perlu khawatir jika bayi tidak sengaja menjilat atau mengisapnya.

2. Cincin Susun

Mainan untuk motorik halus bayi yang selanjutnya adalah cincin susun. Mainan ini termasuk yang tak lekang oleh waktu. Bayi bisa diajak sejak dini untuk memasukkan cincin-cincin besar pada patok. Warnanya biasanya beragam. Ada yang terbuat dari plastik, kayu, dan kain.

Di samping meningkatkan keterampilan motorik halus, mainan ini juga membantu dengan keterampilan penting lainnya seperti koordinasi tangan-mata, pemecahan masalah, dan pengembangan visual.

3. Balok Bongkar Pasang

Mainan untuk motorik halus bayi yang selanjutnya adalah balok bongkar pasang. Meski disebut mainan balok, namun dalam satu set mainan kayu ini biasanya ada juga yang berbentuk kubus, tabung, prisma, dan lainnya. Mainan ini juga sering dibuat untuk membuat replika bangunan oleh anak-anak.

Balok klasik ini sebenarnya mainan pertama yang sempurna untuk mendorong banyak konsep perkembangan motorik halus.

Baca Juga: Yuk, Coba 5 Aktivitas dengan Jepit Baju untuk Mengasah Motorik Halus Balita

Nah, itulah beberapa mainan untuk merangsang motorik halus bayi 0-12 bulan. Sudah punya?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait