Rupa-rupa

RUPA-RUPA
3 April 2020

Pemerintah Membangun RS Khusus COVID-19 di Pulau Galang

Ternyata sudah bisa beroperasi Senin mendatang
placeholder

Foto: hariankota.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia cukup cepat. Mengutip laman Covid19milik Pemerintah Indonesia, jumlah korban positiv virus corona mencapai 1.790, sembuh 112, meninggal 170 orang, per Kamis (2/04/2020).

Berbagai upaya dilakukan pemerintah dengan menganjurkan masyrakatnya rajin mencuci tangan, melakukan social distancing dengan Work From Home (WFH), hingga membangun rumah sakit darurat untuk menanggani pasien COVID-19.

Upaya lain yang dilakukan pemerintah adalah dengan membangun rumah sakit khusus COVID-19.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

RS Khusus COVID-19 di Batam

Kita simak beberapa fakta mengenai rumah sakit tersebut yuk, Moms.

1. Bekas Kamp Pengungisan Warga Vietnam

rumah sakit Pulau Galang

Foto: liputan6.com

Pemerintah merenovasi rumah sakit di bekas kamp pengungsian warga negara Vietnam di Pulau Galang, Batam. Rumah sakit itu dikhususkan untuk penanganan COVID-19 dan penyakit menular lainnya.

Rumah sakit di Pulau Galang tersebut dibangun di atas lahan seluas 20 ha di Pulau Galang, 56 km dari Kota Batam.

Mengutip dari Detik, proyek fasilitas karantina untuk pengendalian virus corona atau covid-19 ini awalnya ditargetkan akan selesai pada akhir Maret. Namun karena kendala faktor pengiriman barang, termasuk material konstruksi, akibat cuaca buruk, maka target penyelesaian pun diundur.

Baca Juga: Cerita 3 Pasien yang Sembuh Corona

Akan tetapi menurut Jokowi yang disampaikan melalui situs Kementerian Seketariat Negara RI, rumah sakit di pulau Galang ini sudah bisa mulai dioperasikan pada Senin (6//04/2020) mendatang.

2. Memiliki Beberapa Zona

rumah sakit Pulau Galang

Foto: cermati.com

RS Darurat di Pulau Galang tersebut memiliki tiga zona, dengan fungsinya masing-masing.

Zona A merupakan fasilitas penunjang bagi para dokter dan paramedis yang menangani pasien COVID-19 di pulau tersebut. Sementara Zona B diperuntukkan bagi fasilitas medis dan tempat isolasi serta observasi bagi pasien yang dirawat.

Terakhir ada Zona C yang saat ini difungsikan sebagai area cadangan untuk pengembangan fasilitas-fasilitas lainnya di area rumah sakit yang sekaligus akan dijadikan pusat riset tersebut.

3. Daya Tampung yang Besar

rumah sakit Pulau Galang

Foto: Antara Foto

RS Darurat di Pulau Galang ini direncanakan untuk memiliki daya tampung sebanyak 1.000 tempat tidur, yang saat ini diperuntukkan untuk merawat dan mengisolasi pasien COVID-19.

Baca Juga: 10 Mitos dan Fakta Tentang Virus Corona yang Harus Moms Ketahui

Sebanyak 340 tempat tidur akan diselesaikan di tahap pertama. Sedangkan 640 lainnya akan diselesaikan dalam tahap kedua.

Tempat tidur tahap pertama ini diprioritaskan terlebih dahulu sebanyak 240 tempat tidur untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan 100 tempat tidur untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kita doakan semuanya berjalan lancar ya, Moms.

Artikel Terkait